was successfully added to your cart.

3 LANGKAH KEUANGAN AGAR SEJAHTERA FINANSIAL USAI PENSIUN

ary ginanjar, cara cepat kaya, cara sukses, esq 165, konsultan pensiun, masa persiapan pensiun, pelatihan masa persiapan pensiun, pelatihan pensiun, pelatihan persiapan pensiun, pengusaha sukses, pensiun dini, persiapan pensiun, tips orang sukses, training esq, training masa persiapan pensiun, training motivasi, training pensiun, training persiapan pensiun

Hindari masalah keuangan pensiun. Bagaimana langkah mudah untuk sejahtera finansial usai pensiun? Siapkan diri dengan ikut Training Masa Persiapan Pensiun.

 

Setiap orang Pasti Pensiun. Itu adalah keniscayaan yang tidak bisa dihindari. Untuk itu banyak perusahaan mempersiapan pegawainya melalui Pelatihan Masa Persiapan Pensiun.

 

Kenapa banyak yang kesulitan keuangan setelah Pensiun? Anda tentu tidak ingin bila harus sampai menjual rumah, tanah dan kendaraan anda di saat pensiun nanti bukan? Caranya adalah dengan melakukan sejumlah strategi untuk mengurangi pengeluaran bulanan anda.

Ada sejumlah pengeluaran yang dilakukan sehari-hari oleh keluarga, untuk menjamin bahwa keluarga tersebut terpenuhi kebutuhannya. Ada sejumlah keluarga yang terbiasa hidup hemat. Namun ada pula keluarga lain, yang tidak terbiasa hidup hemat. Padahal, banyak cara dan jalan untuk menghemat pengeluaran harian.

Seorang wanita asal New York, Amerika Serikat, bernama JP Livingston yang telah sukses melewati masa pensiunnya, membagikan tips kunci sukses finansial memasuki masa pensiun:

1. Ketahui Pengeluaran Terbesar Anda dan Kurangi

Pengeluaran terbesar seseorang atau keluarga biasa jatuh pada sewa atau cicilan rumah, transportasi, dan makanan. Anda pun perlu melakukan analisa pada apa yang selama ini mengambil banyak penghasilan. Jika bisa kurangi pengeluaran itu sehingga Anda bisa hemat dan menabung.

2. Beli Furnitur Bekas

Berhemat bukan berarti tidak boleh membeli. Tengok saja JP yang masih sering membeli barang namun mencari yang harganya murah. Ketika dia ingin membeli mebel, dipilihlah yang bekas tapi masih berkualitas. Selain membeli bekas, jual juga barang-barang Anda yang sudah tidak terpakai untuk menambah tabungan.

3. Pikirkan Setiap Pengeluaran Berdasarkan Jam Kerja

Setiap Anda ingin keluarkan uang, coba pikirkan berapa banyak keringat dan pikiran yang tercurah untuk menghasilkan uang itu. Misalnya setiap jam Anda terhitung menghasilkan Rp 50 ribu, saat ingin makan di restoran yang totalnya bisa Rp 200 ribu, berarti Anda telah membuang empat jam bekerja dengan sia-sia. Degan begitu, diharapkan Anda akan hemat.

Sejumlah langkah diatas, bisa memangkas pengeluaran anda dalam jumlah cukup besar. Lakukan penghematan ini, dan jadikan sebagai kebiasaan. Dengan cara ini, dalam waktu satu tahun, anda bisa menghemat hingga juta rupiah.

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai cara-cara untuk Mengelola Keuangan Keluarga sebelum Pensiun, Program Masa Persiapan Pensiun dari ESQ MPP memberikan Modul Financial Quotient (Kecerdasan Finansial), untuk membantu anda agar Tetap Sejahtera di Masa Pensiun. Anda bisa membaca lebih lanjut disini , atau menghubungi: 0853-5353-0775 (Manager ESQ MPP : Sulestiono)

Dapatkan Tips Pensiun Dini dan Kaya!

Daftar sekarang dan temukan Cara Halal dan Mudah untuk Pensiun Dini dan Kaya!

kami tidak akan pernah menyalahgunakan atau menjual alamat email Anda. Anda bisa berthenti berlangganan info dari kami kapan saja.