Skip to main content

3 Persiapan Menjelang Masa Pensiun Yang Jarang Orang Lakukan!

By August 16, 2021Article

Untuk Anda yang akan memasuki masa pensiun, ada baiknya jika mempersiapkan beberapa hal terlebih dahulu. Tentu saja hal tersebut dilakukan agar kehidupan Anda setelah pensiun nanti, jadi semakin nyaman, bahkan tidak terbebani oleh beberapa hal, seperti keuangan dan hal lainnya. Adapun persiapan menjelang masa pensiun itu sendiri tidak terlalu rumit, yang harus Anda lakukan adalah :

  • Jangan boros

Adapun persiapan masa pensiun yang harus dilakukan pertama kali adalah tidak bersikap boros. Maksudnya disini adalah mulai menyisihkan sedikit uang untuk investasi atau bahkan menabung. Bukan dihamburkan guna kepentingan yang tidak perlu. Seperti membeli barang-barang yang sebenarnya tidak terlalu penting, seperti tas mahal, koleksi parfum mahal, dan yang lainnya.

Membeli barang-barang yang dianggap perlu tentu tidak masalah, tapi hal-hal yang dirasa tidak terlalu dibutuhkan, sebaiknya tunda saja. Beberapa pakar keuangan menyebutkan bahwa besaran ideal untuk menyisihkan uang penghasilan untuk kegiatan menabung atau yang lainnya adalah sekitar 10 hingga 15% dari total pendapatan yang ada.  Ini yang sebaiknya Anda perhatikan dengan baik.  

  • Perhatikan gaya hidup

Hal berikutnya yang perlu diperhatikan adalah gaya hidup. Pastikan gaya hidup yang akan Anda lakukan saat ini adalah gaya hidup sehat. Seperti mengkonsumsi makanan bergizi dan menyehatkan. Berolahraga secara rutin, Anda dapat berolahraga sendiri, bersama keluarga atau bersama rekan yang memang sudah pensiun. Selain dapat dijadikan sebagai ajang untuk olahraga juga sebagai ajang untuk berkomunikasi.

Mencoba untuk selalu berpikir positif,damn menjalankan berbagai macam aktivitas positif, yang membantu Anda agar tetap berpikir positif. Karena ada kalanya ketika seseorang memasuki masa pensiun, maka berbagai macam bayangan atau pemikiran negatif cenderung mudah masuk. Ini yang harus Anda waspadai dengan baik.

Karena sekali pemikiran negatif tersebut masuk, maka hal tersebut akan mempengaruhi kesehatan Anda. Apalagi kesehatan Anda adalah salah satu aset berharga, yang harus dijaga dengan baik. Agar tidak membebani keuangan Anda nantinya.

  • Mulai fokus pada investasi atau bisnis

Hal lain yang perlu Anda persiapkan adalah, mulai fokus akan bisnis atau investasi. Apalagi saat ini ada cukup banyak jenis bisnis dan juga investasi, yang cocok dilakukan untuk Anda yang akan memasuki masa pensiun.

Untuk ide bisnis sendiri, pilih yang mudah untuk dilakukan, namun tidak terlalu menyita waktu, seperti bisnis air isi ulang, bisnis rumah kontrakan atau bisnis rumah kost, serta aneka jenis bisnis lainnya.

Sedangkan untuk ide investasi, pastinya juga banyak, mulai dari investasi saham, Reksadana, hingga bisnis Cryptocurrency. Tapi yang harus Anda pertimbangkan ketika akan memilih melakukan investasi atau juga bisnis, sebaiknya perhatikan dan pelajari aneka investasi atau bisnis yang akan dijalankan. Jangan sembarangan mengambil jenis bisnis atau investasi yang akan dijalankan. Pilih yang aman, namun mampu memberikan penghasilan atau keuntungan yang teratur.

Bahkan tidak ada salahnya jika Anda langsung berkonsultasi dengan pihak jasa konsultan keuangan, dalam memilih jenis investasi atau bisnis yang tepat, sesuai kemampuan Anda, dan sesuai dengan budget yang Anda miliki saat ini.

Tentunya tidak sulit untuk melakukan beberapa persiapan masa pensiun. Tapi hal ini sebaiknya dilakukan sejak awal, minimal 5 tahun sebelum Anda masuk ke dalam masa pensiun. Sehingga berbagai persiapan, terutama masalah keuangan dapat ditangani dengan baik, sejak awal. Sehingga Anda bisa jadi lebih siap, baik fisik maupun jasmani, ketika memasuki masa pensiun itu sendiri. 

Leave a Reply

Open chat
1
Halo,
Ada yang bisa kami bantu?