Skip to main content

5 Pilihan Investasi Persiapan Pensiun yang Menarik Anda Manfaatkan

By September 3, 2021Article

Solusi pemasukan pada hari tua bisa dilakukan dengan buka usaha sendiri. Jika pemasukan dari uang pensiun dan usaha sampingan masih dirasa tidak cukup, mengapa tidak coba melakukan investasi? Jika dimulai sejak Anda belum pensiun, tumpukan modal dan hasil investasinya pasti lebih terasa di hari tua.

Bagi Anda yang sedang menimbang pilihan investasi yang ingin diambil, mari bahas 5 pilihan investasi persiapan pensiun yang menarik berikut ini:

Investasi Tanah

Investasi soal tanah sering dipandang sebagai solusi yang baik. Menggunakan tabungan selama bekerja, Anda bisa beli tanah – tanah di pinggiran kota yang memiliki potensi kena perkembangan. Setiap tahunnya, lini pemukiman kota selalu berkembang.

Tanah yang sebelumnya berada di pinggiran bisa ditarget mahal hanya karena ada tambahan jalan baru ataupun perkembangan pusat perbelanjaan. Jadi bagi Anda yang ingin dapatkan dana besar, investasi tanah bisa jadi salah satu jalannya.

Investasi Kost

Jenis investasi ini bisa dipandang sebagai usaha sekaligus investasi persiapan pensiun. Anda bisa beli bangunan – bangunan rumah yang berdekatan satu sama lain. Kemudian melakukan bedah pada kedua bangunan tersebut agar bisa menjadi tempat kost besar.

Kost di kota besar bisa sangat menghasilkan. Contoh saja kost di area Yogyakarta dan Solo yang dekat dengan kampus. Pasti tiap tahunnya ada mahasiswa baru yang ingin kost di tempat Anda. Investasi ini akan selalu menghasilkan dan bisa terus naik mengikuti harga pasar.

Investasi Apartemen

Jika Anda ingin mendapatkan hasil investasi yang baik, silahkan coba tanam modal untuk membeli apartemen. Jika bisa investasi kepemilikan ini pada apartemen strategis, Anda bisa meraih keuntungan sebagai pemilik.

Orang – orang biasanya mencari apartemen yang strategis dan harganya tidak mahal. Jika Anda bisa sesuaikan fasilitas dan harga, orang – orang tersebut akan tertarik sewa apartemen yang Anda miliki. Untuk masa pensiun, hal ini bisa pendapatan pasif yang sangat membantu dalam kehidupan sehari – hari.

Investasi Saham

Bagi Anda yang tahu soal pergerakan pasar saham, ada baiknya menjadi day trader. Investasi saham mampu hasilkan keuntungan yang tinggi, tapi juga penuh resiko. Saat masih bekerja, Anda tidak akan bisa fokus mengamati info dan pergerakan saham secara langsung. Tapi saat pensiun, Anda bisa lebih aktif soal ini.

Investasi saham bisa dibagi jangka panjang dan jangka pendek. Untuk jangka panjang, Anda menikmati pergerakan nilai saham secara perlahan naik. Tapi jika saat pensiun dan punya waktu, Anda bisa aktif melakukan investasi saham jangka pendek. Sebagai day trader, Anda bisa ambil jual beli saham dengan analisa karena memiliki waktu lebih soal ini.

Investasi Reksadana

Bagi yang tidak ingin repot mengurus investasi sendiri, Anda bisa ikut reksadana. Membayar orang untuk jasa mengelola investasi Anda tentu tidak merepotkan. Selain itu, Anda bisa ikut investasi dana besar karena modal invest Anda akan digabungkan dengan banyak orang lain dan dikelola bersama.

Resiko ikut investasi reksadana juga lebih kecil. Alasannya karena memiliki tanggungan dan jelas sebagai badan finansial. Pihak yang mengelola investasi juga pasti lebih ahli dari Anda. Jadi, keuntungan yang dihasilkan lebih pasti daripada melakukan investasi saham atau forex secara mandiri.

Bagaimana menurut Anda soal pilihan investasi yang ada di atas? Apakah ada investasi yang menarik bagi Anda? Pastikan menimbang baik investasi persiapan pensiun sebelum melakukannya. Setiap investasi memiliki resiko sendiri. Tapi demi pemasukan di hari tua yang lebih baik, tidak ada salahnya mengambil kesempatan invest tersebut.

Leave a Reply

Open chat
1
Halo,
Ada yang bisa kami bantu?