was successfully added to your cart.

AKTIVITAS PENSIUN

Inspirasi Aneka Ragam Aktivitas Produktif untuk Masa Pensiun Anda

Resep Masa Pensiun Sehat dan Awet Muda yang Jarang Disadari Banyak Orang

masa persiapan pensiun, training pensiun, konsultan pensiun, pensiun sehat, pensiun bermakna, aktivitas pensiun, keuangan pensiun, ary ginanjar agustian, training esq, esqmpp

Salah satu bentuk investasi yang bisa dilakukan untuk mempersiapkan waktu purnabakti adalah melakukan pola hidup yang seimbang. Tujuannya tentu saja agar Anda bisa mendapatkan masa pensiun sehat di masa depan nanti.

 

Kondisi tubuh yang fit bisa bantu Anda untuk hidup lebih produktif, bahagia, dan sejahtera. Anda jadi leluasa untuk menjalankan hobi atau bisnis di masa pensiun nanti. Sahabat ESQ pun jadi lebih bisa banyak meluangkan waktu berkualitas bersama keluarga tercinta.

 

Bicara tentang masa pensiun sehat, banyak yang berpikir kalau melakukan olahraga teratur, rajin mengonsumsi makanan dengan nutrisi seimbang, dan cukup istirahat sudah bisa membuat Anda bahagia di waktu purnabakti.

 

Namun, tahukah Anda masih ada hal yang seringkali disepelekan oleh orang yang ingin dapatkan masa pensiun sehat. Jarang yang menyadari pentingnya faktor satu ini. Apakah itu?

 

Pentingnya Peran Kelompok Sosial

 

Jawabannya adalah keaktifan untuk bersosialisasi dengan lingkungan sekitar. Faktor satu ini ternyata berperan penting lho untuk kesehatan kita di masa pensiun nanti.

 

Kenapa ya kira-kira?

 

Ternyata aktif bersosialisasi dapat bantu seorang pensiunan jadi lebih sehat secara fisik dan mental. Mereka akan sering terlibat dalam kegiatan kelompok sehingga kondisi kesepian atau linglung karena minim aktivitas akan jauh dari diri mereka.

 

Menurut studi yang dilakukan oleh University of Queensland, Australia, orang tua yang tak punya kelompok untuk bersosialisasi justru memiliki kualitas hidup yang lebih buruk.

 

“Kelompok sosial memberi Anda sebuah rasa identitas diri. Mereka bisa memberikan rasa memiliki, makna, dan tujuan hidup,” ujar pimpinan dari penelitian tersebut seperti yang dikutip dari Reuters.

 

Hal ini tentu sangat berpengaruh terhadap kesehatan mereka. Hubungan sosialisasi yang lemah dapat meningkatkan risiko inflamasi atau radang di usia lanjut. Inilah yang seringkali jadi penyebab munculnya Hipertensi atau Diabetes mellitus muncul ketika masa pensiun tiba.

 

Yuk, mulai tingkatkan hubungan kita dengan kelompok sosial dari sekarang.

 

Persiapkan diri untuk dapatkan masa pensiun yang lebih sehat, sejahtera, bahagia, dan bermakna dengan ikuti training masa persiapan pensiun bersama ESQ MPP.

 

Untuk mengikuti Tips Berguna lainnya dari ESQMPP, klik halaman inspirasi

 

Untuk Mendaftar di Training Publik klik disini.

Untuk Mendaftarkan Perusahaan Anda di Training Pensiun ESQ, klik disini.

Informasi : 085353530775 (Tio, manager ESQMPP)
Email : esqmpp@gmail.com

Ingin Tahu Apa Masalah Keuangan Terbesar Pensiunan?

pelatihan kewirausahaan masa pensiun, training untuk pegawai persiapan masa pensiun, persiapan pensiun karyawan swasta, pelatihan pra purnabakti, pelatihan mpp, pelatihan sebelum pensiun, konsultan pensiun, diklat pra pensiun, pelatihan persiapan pensiun, pelatihan masa persiapan pensiun, pelatihan untuk persiapan pensiun, proposal pelatihan masa persiapan pensiun, pelatihan persiapan pensiun jakarta, program pelatihan persiapan pensiun,

Hindari masalah keuangan pensiunan. Bagaimana langkah keuangan mudah agar sejahtera finansial usai pensiun? Siapkan hal ini sebagai bagian dari persiapan masa pensiun anda. Mudah, tidak berat dan tetap membuat anda nyaman setelah pensiun nantinya lho. Ingin tahu? Yuk baca artikel berikut ini bersama-sama dengan pasangan.

 

Hindari masalah keuangan pensiun. Bagaimana langkah mudah untuk sejahtera finansial usai pensiun? Siapkan diri dengan ikut Training Masa Persiapan Pensiun.

 

Setiap orang Pasti Pensiun. Itu adalah keniscayaan yang tidak bisa dihindari. Karena itulah makin banyak perusahaan mempersiapan pegawainya melalui Pelatihan Masa Persiapan Pensiun.

 

Kenapa banyak yang kesulitan keuangan setelah Pensiun? Anda tentu tidak ingin bila harus sampai menjual rumah, tanah dan kendaraan anda di saat pensiun nanti bukan? Caranya adalah dengan melakukan sejumlah strategi untuk mengurangi pengeluaran bulanan anda.

Ada sejumlah pengeluaran yang dilakukan sehari-hari oleh keluarga, untuk menjamin bahwa keluarga tersebut terpenuhi kebutuhannya. Ada sejumlah keluarga yang terbiasa hidup hemat. Namun ada pula keluarga lain, yang tidak terbiasa hidup hemat. Padahal, banyak cara dan jalan untuk menghemat pengeluaran harian.

Seorang wanita asal New York, Amerika Serikat, bernama JP Livingston yang telah sukses melewati masa pensiunnya, membagikan tips kunci sukses finansial memasuki masa pensiun:

 

1. Ketahui Pengeluaran Terbesar Anda dan Kurangi

Pengeluaran terbesar seseorang atau keluarga biasa jatuh pada sewa atau cicilan rumah, transportasi, dan makanan. Anda pun perlu melakukan analisa pada apa yang selama ini mengambil banyak penghasilan. Jika bisa kurangi pengeluaran itu sehingga Anda bisa hemat dan menabung. Di masa persiapan pensiun, langkah keuangan mudah ini bisa dilakukan agar tetap sejahtera finansial di masa pensiun.

 

2. Beli Furnitur Bekas

Di masa persiapan pensiun, melakukan langkah keuangan mudah dan hemat bukan berarti tidak boleh membeli. Tengok saja para calon pensiunan di luar negeri. Mereka tidak mau ketinggalan zaman, dan masih sering membeli barang namun mencari yang harganya murah. Untuk anda yang ingin membeli mebel, baik itu karena rusak atau untuk ganti gaya, maka pilihlah furnitur bekas tapi masih berkualitas. Selain membeli bekas, anda bisa menjual juga barang-barang Anda yang sudah tidak terpakai untuk menambah tabungan.

 

3. Pikirkan Setiap Pengeluaran Berdasarkan Jam Kerja

Di langkah keuangan mudah yang ketiga ini, kita akan meminta anda mengambil waktu sebentar sebelum melakukan pengeluaran keuangan. Setiap Anda ingin keluarkan uang di masa persiapan pensiun, coba pikirkan berapa banyak keringat dan pikiran yang tercurah untuk menghasilkan uang itu. Misalnya setiap jam Anda terhitung menghasilkan Rp 50 ribu, saat ingin makan di restoran yang totalnya bisa Rp 200 ribu, berarti Anda telah membuang empat jam bekerja dengan sia-sia. Dengan begitu, diharapkan Anda akan umelakukan tips hemat ini dengan lebih ringan dan menjadi sebuah kebiasaan.

 

Sejumlah langkah keuangan diatas, bisa memangkas pengeluaran anda di masa persiapan pensiun dalam jumlah cukup besar. Lakukan penghematan ini, dan jadikan sebagai kebiasaan. Dengan cara ini, dalam waktu satu tahun, anda bisa menghemat hingga juta rupiah, dan tetap sejahtera finansial di masa pensiun nantinya.

 

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai cara-cara untuk Mengelola Keuangan Keluarga sebelum Pensiun dan agar tidak mengalami masalah keuangan pensiun, Program Masa Persiapan Pensiun dari ESQ MPP memberikan Modul Financial Quotient (Kecerdasan Finansial). Anda bisa melihat video disini untuk membantu anda agar Tetap Sejahtera di Masa Pensiun. Anda bisa membaca lebih lanjut disini , atau untuk anda yang ingin berbincang langsung atau ingin mendaftar secara perusahaan, anda bisa menghubungi: 0853-5353-0775 (Manager ESQ MPP : Sulestiono)

Apa itu Generasi Sandwich dan Apa Persiapan Pensiun Terbaik?

pelatihan kewirausahaan masa pensiun, training untuk pegawai persiapan masa pensiun, persiapan pensiun karyawan swasta, pelatihan pra purnabakti, pelatihan mpp, pelatihan sebelum pensiun, konsultan pensiun, diklat pra pensiun, pelatihan persiapan pensiun, pelatihan masa persiapan pensiun, pelatihan untuk persiapan pensiun, proposal pelatihan masa persiapan pensiun, pelatihan persiapan pensiun jakarta, program pelatihan persiapan pensiun,

Apa Persiapan Pensiun Terbaik yang harus dilakukan agar kita kelak tidak merepotkan generasi sandwich dibawah kita? Mengapa penting memikirkan ini? karena generasi inilah yang mengemban tanggung jawab terbesar. Mereka mengasuh dua generasi sekaligus. Yuk Bersiap untuk masa depan.

 

Apa itu Generasi Sandwich dan Apa Persiapan Pensiun Terbaik?

 

 

Sahabat ESQ pasti sudah sering dong mendengar istilah “generasi zaman now” atau “generasi zaman old”. Namun, bagaimana dengan generasi sandwich?

 

Istilah ini memang agak asing terdengar di telinga kita. Padahal, fenomenanya cukup besar lho di lingkungan keluarga Indonesia bahkan di dunia. Oleh karena itu, banyak orang yang tak menyadari kalau mereka termasuk dalam golongan generasi sandwich.

 

Generasi Sandwich merupakan istilah yang ditujukan untuk orang yang berada di usia produktif kira-kira 25-35 tahun. Mereka “terjepit” di antara dua potong roti karena bertanggung jawab untuk memenuhi kebutuhan anak dan orang tua yang sudah tak berpenghasilan lagi.

 

Tak akan jadi masalah kalau mereka yang masuk generasi sandwich memiliki penghasilan yang besar. Hal ini tentu akan jadi kebanggan untuk mereka karena bisa memuliakan keluarga.

 

Namun, berbeda situasi jika yang menghadapinya adalah keluarga muda dengan penghasilan terbatas. Mereka tentu akan merasa terbebani.

 

Sahabat ESQ, tahukah Anda kalau generasi sandwich merupakan wujud kegagalan orang tua Indonesia di masa persiapan pensiun mereka?

 

Hal ini membuat para orang tua jadi tampak tak berdaya karena terlalu bergantung pada uang pesangon atau anaknya.

 

 

 

Inilah alasan kenapa Anda harus ikut training masa persiapan pensiun bersama ESQ MPP.

Anda akan mendapatkan pembekalan agar dapat menjalani masa purnabakti dengan mandiri, bahagia, sejahtera, dan tentu saja bermakna.

 

 

 

Untuk mendaftarkan diri pada pelatihan persiapan pensiun terbaik di Indonesia, klik disini untuk daftar pribadi, atau klik disini untuk daftar dari perusahaan.

 

Atau kirimkan kami email di : esqmpp@gmail.com atau kontak kami langsung via wa atau telepon di nomor ini : 0853-5353-0775 (Tio, Manager ESQMPP).

Mengapa Harus Mempersiapkan Masa Pensiun dengan Matang?

ary ginanjar, cara cepat kaya, cara sukses, esq 165, konsultan pensiun, masa persiapan pensiun, pelatihan masa persiapan pensiun, pelatihan pensiun, pelatihan persiapan pensiun, pengusaha sukses, pensiun dini, persiapan pensiun, tips orang sukses, training esq, training masa persiapan pensiun, training motivasi, training pensiun, training persiapan pensiun

Banyak yang belum tahu! Ini alasannya mengapa seseorang harus mempersiapkan Masa Pensiun dengan matang.

Masa Pensiun. Dua kata yang cukup mencemaskan bagi sebagian besar orang yang akan memasuki masa purnabakti. Bagaimana tidak, Masa Pensiun sering dianggap sebagai fase tersulit dibanding fase lain dalam karir. Untuk itu, diperlukan persiapan yang baik untuk menghadapi kondisi baru kehidupan setelah pensiun.

Kecemasan saat menghadapi masa pensiun bukanlah hal aneh. Secara garis besar ada 4 faktor yang mempengaruhi kecemasan menghadapi masa pensiun, yaitu :

1. Menurunnya pendapatan atau penghasilan
2. Hilangnya status, jabatan, pangkat, dan wewenang
3. Berkurangnya interaksi sosial dengan rekan kerja
4. Datangnya masa tua, menurunnya kemampuan fisik.

Ya.. Pensiun merupakan salah satu diantara persoalan hidup yang paling krusial yang harus dipecahkan seseorang. Karena keputusan pensiun akan mempengaruhi situasi keuangan, kondisi emosional, cara menghabiskan waktu, dan cara mereka berhubungan dengan teman dan keluarga. Kondisi seperti itulah yang menyebabkan timbulnya kecemasan dalam diri individu yang menghadapi masa pensiun. Kecemasan dalam menghadapi masa pensiun ini, berbeda-beda tingkatannya pada banyak orang.

Untuk itu ESQ memberikan jawaban atas masalah kecemasan pensiun ini. Sebuah program pelatihan pensiun yang diramu secara seimbang antara faktor psikologis, financial, emosi, kesehatan dan spiritual, yang dikemas dalam Training Masa Persiapan Pensiun. Training yang mempersiapkan masa pensiun Anda agar bahagia dan bermakna.

—————————-
Info Training ESQ MPP Public:
—————————-
Tanggal: 16-18 Januari 2018
Lokasi : Hotel Little Amaroossa
Jl. Cipete Raya Blok B No.5, RT.17/RW.3, Cilandak, Kota Jakarta Selatan
.
Info lebih lanjut:
1. Klik: www.esqmpp.com/public-registration-form
2. SMS/WA/Telpon: 082299153339 (Ririn)
3. Katakan “SAYA” di kolom komentar

p/s: terbatas untuk 100 peserta.

#masapersiapanpensiun
#mpppublik

Training ESQ MPP Eksekutif PT Jasa Raharja November 2017

Pada tanggal 13-17 November 2017 telah terlaksana training ESQ MPP untuk para pegawai yang akan memasuki masa pensiun dari Jasa Raharja. Training berlangsung selama 5 hari di Bandung tepatnya di Hotel Intercontinental Dago Pakar.
.
Dalam training ini objectivenya peserta diberikan pembekalan secara mental spiritual, pembekalan keuangan, wirausaha dan juga berkunjung ke tempat-tempat usaha untuk langsung praktek mengembangkan usaha.
.
Simak video selengkapnya di sini :

MALAS BERAKTIVITAS USAI PENSIUN? KETAHUI RESIKO YANG MENGANCAM ANDA BERIKUT INI

ary ginanjar, cara cepat kaya, cara sukses, esq 165, konsultan pensiun, masa persiapan pensiun, pelatihan masa persiapan pensiun, pelatihan pensiun, pelatihan persiapan pensiun, pengusaha sukses, pensiun dini, persiapan pensiun, tips orang sukses, training esq, training masa persiapan pensiun, training motivasi, training pensiun, training persiapan pensiun

Banyak sebagian orang yang protes dan mengatakan, “Untuk apa banyak aktivitas di masa pensiun, bukankah pensiun adalah waktunya berisitirat? Waktunya untuk menghabiskan waktu bersama keluarga?

Jika ada yang bertanya seperti itu, mungkin mereka belum mengetahui bahwa ada resiko yang harus dihadapi apabila berhenti total dari segala kegiatan, di masa pensiun anda.

Pernahkah anda melihat seorang tua yang semula rajin, ceria, fit, dan selalu bersemangat, namun tiba-tiba beliau menjadi pendiam, pemurung dan sakit-sakitan di masa tuanya? Nah, inilah resikonya bila anda tidak menyibukkan diri dengan hobi-hobi atau aktivitas anda. anda bisa jadi seperti itu pula. Mengapa terjadi yang demikian?

Perlu Anda ketahui bahwa apabila dari masa bekerja ke masa pensiun terjadi penghentian kesibukan dan aktivitas secara menyeluruh, maka kerja otak kita pun akan jadi melambat lebih cepat.

Anda juga akan lebih susah mengingat hal-hal yang umum, kemampuan berhitung, kemampuan menganalisa, kemampuan menerjemahkan maksud orang lain, bahkan kemampuan untuk memahami apa yang kita baca atau memahami apa yang kita tonton di TV pun bisa jadi menurun.

Jadi isilah waktu pensiun Anda dengan berbagai kegiatan yang tentunya bermanfaat. Misalnya, melakukan hobi dan aktivitas bersama sahabat dan kawan-kawan. seperti berolahraga bersama, atau berkumpul mengerjakan hobi bersama-sama. Misalnya melukis, bernyanyi, merajut, memasak atau menjahit, bersama-sama.

Beragam aktivitas akan menghindarkan anda dari kebosanan. Lebih jauh lagi, akan mendatangkan kebahagiaan dan menjauhkan anda dari depresi dan penurunan kemampuan otak dalam jangka panjang.

Salam Pensiun  Bahagia dan Bermakna

3 LANGKAH KEUANGAN AGAR SEJAHTERA FINANSIAL USAI PENSIUN

ary ginanjar, cara cepat kaya, cara sukses, esq 165, konsultan pensiun, masa persiapan pensiun, pelatihan masa persiapan pensiun, pelatihan pensiun, pelatihan persiapan pensiun, pengusaha sukses, pensiun dini, persiapan pensiun, tips orang sukses, training esq, training masa persiapan pensiun, training motivasi, training pensiun, training persiapan pensiun

Hindari masalah keuangan pensiun. Bagaimana langkah keuangan mudah agar sejahtera finansial usai pensiun? Siapkan hal ini sebagai bagian dari persiapan masa pensiun anda. Mudah, tidak berat dan tetap membuat anda nyaman setelah pensiun nantinya lho. Ingin tahu? Yuk baca artikel berikut ini bersama-sama dengan pasangan.

 

Hindari masalah keuangan pensiun. Bagaimana langkah mudah untuk sejahtera finansial usai pensiun? Siapkan diri dengan ikut Training Masa Persiapan Pensiun.

 

Setiap orang Pasti Pensiun. Itu adalah keniscayaan yang tidak bisa dihindari. Karena itulah makin banyak perusahaan mempersiapan pegawainya melalui Pelatihan Masa Persiapan Pensiun.

 

Kenapa banyak yang kesulitan keuangan setelah Pensiun? Anda tentu tidak ingin bila harus sampai menjual rumah, tanah dan kendaraan anda di saat pensiun nanti bukan? Caranya adalah dengan melakukan sejumlah strategi untuk mengurangi pengeluaran bulanan anda.

Ada sejumlah pengeluaran yang dilakukan sehari-hari oleh keluarga, untuk menjamin bahwa keluarga tersebut terpenuhi kebutuhannya. Ada sejumlah keluarga yang terbiasa hidup hemat. Namun ada pula keluarga lain, yang tidak terbiasa hidup hemat. Padahal, banyak cara dan jalan untuk menghemat pengeluaran harian.

Seorang wanita asal New York, Amerika Serikat, bernama JP Livingston yang telah sukses melewati masa pensiunnya, membagikan tips kunci sukses finansial memasuki masa pensiun:

 

1. Ketahui Pengeluaran Terbesar Anda dan Kurangi

Pengeluaran terbesar seseorang atau keluarga biasa jatuh pada sewa atau cicilan rumah, transportasi, dan makanan. Anda pun perlu melakukan analisa pada apa yang selama ini mengambil banyak penghasilan. Jika bisa kurangi pengeluaran itu sehingga Anda bisa hemat dan menabung. Di masa persiapan pensiun, langkah keuangan mudah ini bisa dilakukan agar tetap sejahtera finansial di masa pensiun.

 

2. Beli Furnitur Bekas

Di masa persiapan pensiun, melakukan langkah keuangan mudah dan hemat bukan berarti tidak boleh membeli. Tengok saja para calon pensiunan di luar negeri. Mereka tidak mau ketinggalan zaman, dan masih sering membeli barang namun mencari yang harganya murah. Untuk anda yang ingin membeli mebel, baik itu karena rusak atau untuk ganti gaya, maka pilihlah furnitur bekas tapi masih berkualitas. Selain membeli bekas, anda bisa menjual juga barang-barang Anda yang sudah tidak terpakai untuk menambah tabungan.

 

3. Pikirkan Setiap Pengeluaran Berdasarkan Jam Kerja

Di langkah keuangan mudah yang ketiga ini, kita akan meminta anda mengambil waktu sebentar sebelum melakukan pengeluaran keuangan. Setiap Anda ingin keluarkan uang di masa persiapan pensiun, coba pikirkan berapa banyak keringat dan pikiran yang tercurah untuk menghasilkan uang itu. Misalnya setiap jam Anda terhitung menghasilkan Rp 50 ribu, saat ingin makan di restoran yang totalnya bisa Rp 200 ribu, berarti Anda telah membuang empat jam bekerja dengan sia-sia. Dengan begitu, diharapkan Anda akan umelakukan tips hemat ini dengan lebih ringan dan menjadi sebuah kebiasaan.

 

Sejumlah langkah keuangan diatas, bisa memangkas pengeluaran anda di masa persiapan pensiun dalam jumlah cukup besar. Lakukan penghematan ini, dan jadikan sebagai kebiasaan. Dengan cara ini, dalam waktu satu tahun, anda bisa menghemat hingga juta rupiah, dan tetap sejahtera finansial di masa pensiun nantinya.

 

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai cara-cara untuk Mengelola Keuangan Keluarga sebelum Pensiun dan agar tidak mengalami masalah keuangan pensiun, Program Masa Persiapan Pensiun dari ESQ MPP memberikan Modul Financial Quotient (Kecerdasan Finansial). Anda bisa melihat video disini untuk membantu anda agar Tetap Sejahtera di Masa Pensiun. Anda bisa membaca lebih lanjut disini , atau untuk anda yang ingin berbincang langsung atau ingin mendaftar secara perusahaan, anda bisa menghubungi: 0853-5353-0775 (Manager ESQ MPP : Sulestiono)

Field Trip Kopi Luwak di Bandung dari PT Semen Padang Batch 2 Desember 2017

ary ginanjar, cara cepat kaya, cara sukses, esq 165, konsultan pensiun, masa persiapan pensiun, pelatihan masa persiapan pensiun, pelatihan pensiun, pelatihan persiapan pensiun, pengusaha sukses, pensiun dini, persiapan pensiun, tips orang sukses, training esq, training masa persiapan pensiun, training motivasi, training pensiun, training persiapan pensiun

Ingin bisnis kopi luwak untuk masa persiapan pensiun anda? ESQ MPP menyediakan sejumlah lokasi field trip untuk menyiapkan anda dalam wirausaha saat pensiun.

 

Belajar bisnis langsung dari ahlinya, adalah keinginan setiap calon wirausahawan. Tujuannya adalah agar bisa menjadi wirausaha pensiunan yang berhasil. Pun sama halnya, itulah yang diinginkan oleh para calon pensiunan dari PT Semen Padang di bulan Desember tahun 2017, yang sudah memasuki Batch ke 2 dari ESQ MPP.

 

Dalam pelatihan Masa Persiapan Pensiun dari ESQ, setiap Peserta dibimbing untuk Belajar Berbisnis langsung dari para pemilik bisnis yang sudah terbukti berhasil menjalankan bisnisnya selama belasan tahun, dan memiliki reputasi yang baik di mata konsumennya. Untuk setiap klien, ESQ MPP selalu melakukan kostumisasi program, sesuai dengan peminatan peserta, latar belakang, dengan materi yang akan diberikan.

 

Kostumisasi Program yang dilakukan oleh ESQ MPP dilakukan dengan menyesuaikan konten materi dengan Trainer yang sesuai. Kostumisasi juga dilakukna dalam konten kegiatan wirausaha, diantara caranya adalah dengan mencarikan lokasi Field Trip yang dibutuhkan, di lokasi yang berada diseputar tempat Training dilaksanakan.

 

Pada Acara Training ESQ Masa Persiapan Pensiun PT Semen Padang kali ini, dilakukan di daerah Bandung. Pada kesempatan ini, peserta yang memiliki minat yang tinggi akan kopi, diajak untuk menyesap kopi luwak di satu lokasi perkebunan dan pengolahan kopi luwak yang merangkap restoran dan caffee. Lokasi yang menyenangkan untuk belajar sambil mencicipi kopi berkualitas internasional, dengan permintaan tinggi dari konsumen dunia.

 

Peserta terlihat antusias dan menyukai kegiatan field trip ke produsen kopi luwak ini. Ternyata proses bisnisnya tidak sesulit yang dibayangkan. Namun yang dibutuhkan adalah kesungguhan untuk memulai bisnis, dan keberanian untuk mewujudkan impian menjadi kenyataan.

 

Bagaimana dengan para calon pensiunan di Perusahaan Anda? Apakah juga ingin berbisnis Kopi? Atau ingin berbisnis perkebunan? Atau dapatkan informasi kegiatan aktivitas pensiun lainnya disini. Untuk membantu anda agar Tetap Sejahtera di Masa Pensiun, yuk menghubungi: 0853-5353-0775 (Manager ESQ MPP : Sulestiono)

 

 

 

Manfaat Ibadah Bagi Kesehatan di Masa Pensiun

ary ginanjar, cara cepat kaya, cara sukses, esq 165, konsultan pensiun, masa persiapan pensiun, pelatihan masa persiapan pensiun, pelatihan pensiun, pelatihan persiapan pensiun, pengusaha sukses, pensiun dini, persiapan pensiun, tips orang sukses, training esq, training masa persiapan pensiun, training motivasi, training pensiun, training persiapan pensiun

Berbagai penelitian terbaru menyebutkan bahwa Ibadah, sebagai bentuk dari tingkat keimanan yang tinggi, memberikan dampak yang baik bagi kesehatan di masa tua, atau di masa pensiun. Beragam penelitian ini mengungkap manfaat ibadah bagi kesehatan di masa pensiun, atau di masa tua seseorang, baik ia pensiun maupun terus bekerja.

 

Hal ini sangat dibutuhkan bagi setiap orang yang akan menghadapi perubahan fase kehidupan. Sementara, salah satu fase kehidupan yang dianggap sulit diadaptasi adalah masa Pensiun. Untuk itu, setiap calon pensiunan wajib dibekali penguatan materi emosional dan spiritualnya. Agar ia memiliki kekuatan dan ketahanan mental yang tinggi. Sehingga bisa hidup lebih bahagia dan bermakna. Selain itu ada manfaat lainnya lho, apakah itu?

 

Tahukah sahabat ESQ bahwa menurut Seaward (2013), memliki kehidupan yang lebih spiritual, dan memiliki tingkat keimanan yang kuat, dapat memberikan dampak positif. pada kesehatan. Tidak hanya pada arah penyembuhan dari penyakit kronis atau penyakit beresiko kematian (terminal illness) yang dihadapi oleh pasien penyakit beresiko kematian tersebut, tapi juga bisa membantu pasien atau klien untuk mengambil sudut pandang yang lebih positif terhadap penyakit yang diderita seseorang.

 

Bagi usia lanjut dan sedang menjalani Masa Pensiun, pengetahuan mengenai metode hidup sehat sangatlah penting.

Namun sayangnya, masih banyak Pelatihan Pensiun yang hanya mengembangkan segi Wirausaha saja, atau malah memberikan pelatihan dengan metode yang mengedepankan Hedonisme.

 

Dalam program ESQ MPP ini, kami menyediakan modul yang komprehensif yang meliputi masalah kesehatan fisik, mental, dan finansial saja. Namun juga bekal spiritual dan bekal usaha atau kegiatan apakah yang bisa dijalankan di masa setelah pensiun nantinya.

 

Untuk keterangan lebih lengkap, Bapak Ibu dapat menyimak lebih lanjut disini.

Salam Pensiun Bahagia!!

Info: 0853-5353-0775 (Tio, Manager ESQ MPP)
Website : 
www.esqmpp.com
Fanpage Facebook : 
https://www.facebook.com/esqmpp/
Instagram : 
www.instagram.com/esq.mpp