was successfully added to your cart.

Jangan Lakukan 3 Hal Ini Bila Anda Ingin Bahagia Ketika Pensiun!

pelatihan kewirausahaan masa pensiun, training untuk pegawai persiapan masa pensiun, persiapan pensiun karyawan swasta, pelatihan pra purnabakti, pelatihan mpp, pelatihan sebelum pensiun, konsultan pensiun, diklat pra pensiun, pelatihan persiapan pensiun, pelatihan masa persiapan pensiun, pelatihan untuk persiapan pensiun, proposal pelatihan masa persiapan pensiun, pelatihan persiapan pensiun jakarta, program pelatihan persiapan pensiun,

Masa pensiun sudah seharusnya menjadi waktu yang sangat menyenangkan, karena Anda dapat menghabiskan waktu untuk bersenang-senang atau bersantai menikmati hasil kerja selama ini bersama istri, anak, dan cucu dirumah. Tetapi pada faktanya mengapa masa pensiun menjadi hal yang menakutkan bagi para pekerja di Indonesia saat ini, mengapa demikian?

 

 

Hal itu terjadi dikarenakan tidak sedikit pekerja di Indonesia yang tidak mempersiapkan masa pensiunnya secara matang, sehingga para pekerja tersebut tidak siap ketika masa pensiunnya tiba. Padahal mempersiapkan masa pensiun secara matang, baik itu persiapan mental dan persiapan keuangan memiliki dampak yang sangat positif pada kehidupan karyawan tersebut. Tapi jangan khawatir, walaupun Anda waktu itu tidak mempersiapkan masa pensiun secara matang, Anda tetap bisa bahagia saat masa pensiun tiba. Bila Anda ingin mengetahui caranya, silakan baca artikel ini sampai selesai.

 

 

  • Hindari atau Kurangi Sikap Konsumtif

Setelah pensiun, Anda akan memiliki gaya hidup yang berbeda dengan saat masih bekerja, oleh karena itu mulailah adaptasikan diri Anda dengan cara menghindari atau mengurangi sikap konsumtif Anda selama masa bekerja.

 

  • Hindari Mengambil Cicilan Terlalu Lama

Sebelum Anda memutuskan untuk mengambil sebuah cicilan, pertimbangkanlah masa cicilannya dan usahakanlah jangan mengambil cicilan terlalu lama. Hal tersebut bertujuan agar nantinya Anda tidak dipusingkan dengan urusan untuk membayar cicilan tersebut.

 

  • Hindari Investasi Tidak Jelas

Berinvestasi ketika pensiun memang dapat memberikan Anda penghasilan tambahan, tetapi Anda juga harus memeriksa, teliti, mempertimbangkan kembali investasi yang akan Anda jalankan tersebut, apakah investasi tersebut akan membuat Anda bahagia atau malah sebaliknya membuat Anda sengsara dibuatnya.

 

Demikianlah tiga hal yang harus Anda hindari agar hidup bahagia ketika masa pensiun. Jika Anda berhasil menghindari ketiga hal tersebut, niscaya hidup Anda akan bahagia walaupun sudah pensiun.

 

Jadi, persiapkanlah diri Anda untuk mendapatkan masa pensiun yang bahagia bersama istri, anak, dan cucu dirumah dengan mengikuti training masa persiapan pensiun bersama ESQ MPP.

 

Untuk mengikuti Tips Berguna lainnya dari ESQMPP, klik halaman inspirasi

 

Untuk Mendaftar di Training Publik klik disini.

 

Untuk Mendaftarkan Perusahaan Anda di Training Pensiun ESQ, klik disini.

 

Informasi : 085353530775 (Tio, manager ESQMPP)

Kirim pertanyaan Anda ke Email : esqmpp@gmail.com

Dapatkan E-book Gratis "PENSIUN SUKSES" dari Team ESQMPP

Daftar sekarang dan temukan Ide dan Inspirasi Cara Halal dan Mudah untuk Pensiun Damai dan Sukses!

I agree to have my personal information transfered to MailChimp ( more information )

kami tidak akan pernah menyalahgunakan alamat email Anda. Anda bisa berhenti berlangganan info dari kami kapan saja.