Skip to main content

Kapan Bisa Mengajukan Pensiun Dini dan Apa Persiapannya

By August 22, 2022Article
Kapan Bisa Mengajukan Pensiun Dini dan Apa Persiapannya

Setelah mulai bekerja, Anda tentu ingin memiliki kehidupan kerja yang baik dengan karier yang berkembang. Namun yang tak kalah penting adalah persiapan pensiun dini, agar Anda juga bisa menikmati hari tua dengan nyaman. 

Kali ini, mari membahas tentang kapan Anda dapat mengajukan pensiun dini, serta apa saja persiapan yang perlu Anda lakukan. Selain persiapan finansial, masih banyak hal lain yang tak kalah penting diperhatikan.

Kapan Bisa Mengajukan Pensiun Dini

Anda tidak bisa sewaktu-waktu mengajukan pensiun dini. Ada batas usia minimal untuk pengajuannya masa persiapan pensiun dini. Simak ulasan berikut ini.

  1. Usia Minimal Pengajuan Pensiun Dini ASN (PNS)

Jika berprofesi sebagai ASN (Aparatur Sipil Negara) atau PNS, Anda dapat mengajukan permohonan pensiun dini karena 2 alasan. 

Pertama, bila alasannya karena kehendak sendiri, maka pensiun dini bisa Anda ajukan pada saat berusia 45 tahun. Syaratnya, Anda harus sudah mengabdi selama sekurang-kurangnya 20 tahun. 

Kedua, jika pensiun dini terjadi karena perampingan perusahaan, maka syarat usia minimalnya adalah 50 tahun, dan masa kerja minimal 10 tahun.

  1. Usia Minimal Pensiun Karyawan Swasta 

Berbeda dengan ASN, karyawan yang bekerja di perusahaan  swasta punya aturan yang lebih fleksibel terkait usia pensiun minimal. 

Sebagian perusahaan mengatur seseorang yang sudah bekerja 20 tahun dapat mengajukan pensiun tanpa batas minimal usia. Ada juga yang menerapkan batas usia minimal 45 tahun, selama yang bersangkutan telah bekerja minimal 15 tahun.

Intinya, Anda bisa menanyakan kebijakan terkait usia pensiun ini kepada manajemen atau HRD perusahaan Anda. 

Persiapan Pensiun Dini

Untuk persiapan pensiun dini, ada beberapa hal yang perlu Anda lakukan, di antaranya:

  1. Mencari tahu syarat pengajuan pensiun dini ke perusahaan atau atasan.
  2. Mengumpulkan dokumen yang dibutuhkan, lalu melakukan pengajuan.
  3. Menyiapkan rencana finansial seperti tabungan hari tua dan memiliki beberapa instrumen investasi yang baik.
  4. Mengikuti pelatihan persiapan pensiun sejak dini di lembaga yang kredibel.

Agar investasi Anda tak sia-sia, ikuti pelatihan persiapan pensiun dini di ESQ MPP. Anda bisa cari tahu langsung dengan datang ke kantornya di Menara 165 Lantai 18, Jalan TB Simatupang Kav 1, Cilandak Timur, Jakarta Selatan, atau cek informasi lengkapnya di sini.

Leave a Reply

Open chat
1
Halo,
Ada yang bisa kami bantu?