Skip to main content

Pentingnya Kegiatan Mengisi Masa Pensiun

By March 29, 2017August 20th, 2020Pensiun Bahagia, Pensiun Produktif

           Masa pensiun masih banyak diidentikkan dengan waktu yang lebih banyak, dan tidak ada lagi pekerjaan. Namun, sebaiknya, walaupun sudah tidak bekerja, kita seharusnya masih tetap mengisi waktu dengan berbagai aktivitas yang bermanfaat. Apa saja pilihan kegiatan mengisi masa pensiun menurut penelitian?

Apa saja yang bisa dilakukan? Untuk membantu anda yang dalam Masa Persiapan Pensiun, Kami dari ESQ MPP yang telah menjadi Konsultan Pensiun Terpercaya di Indonesia, mengumpulkan dan membandingkan sejumlah hasil survey, dan menuliskannya untuk anda di bawah ini :

 

 

            Mungkin sebagian dari anda mengajukan protes, dan mengatakan “bukankah pensiun adalah waktunya beristirahat?”. Memang setelah pensiun anda tidak lagi terikat dalam pekerjaan sebelumnya, dan anda pun memiliki banyak waktu untuk beristirahat. Akan tetapi, ada resikonya yang harus dihadapi, apabila anda berhenti total dari segala kegiatan, di masa pensiun anda.

 

 

            “Apabila dari masa bekerja ke masa pensiun terjadi penghentian kesibukan dan aktivitas secara menyeluruh, maka kerja otak kita pun akan jadi melambat lebih cepat. Perlambatan kemampuan otak ini bisa secara umum mempengaruhi keseluruhan cara kerja otak kita. selain kita akan lebih susah mengingat hal-hal yang umum, kemampuan berhitung, kemampuan menganalisa, kemampuan menerjemahkan maksud orang lain, bahkan kemampuan untuk memahami apa yang kita baca atau memahami apa yang kita tonton di TV pun bisa jadi menurun”.

 

 

            Pernahkah anda melihat seorang tua yang semula rajin, ceria, fit, dan selalu bersemangat, namun tiba-tiba beliau menjadi pendiam, pemurung dan sakit-sakitan di masa tuanya? Nah, inilah resikonya bila anda tidak menyibukkan diri dengan hobi-hobi atau aktivitas anda. anda bisa jadi seperti itu pula. Maukah anda?

            Jawabannya tentu anda tidak mau, bukan? Dan anda bisa menghindari hal tersebut. Caranya adalah dengan melakukan hal-hal yang menjadi hobi anda. Misalnya; membuat prakarya, berkebun, menata rumah, dan lain-lain. Melakukan hobi tentunya akan membuat anda senang. Dengan hati yang senang, banyak aktivitas yang bisa anda lakukan.

Akan lebih menyenangkan lagi, bila anda melakukan hobi dan aktivitas atau melakukan kegiatan mengisi masa pensiun bersama sahabat dan kawan-kawan anda. misalnya, berolahraga bersama, atau berkumpul mengerjakan hobi bersama-sama. Misalnya melukis, bernyanyi, merajut, memasak atau menjahit, bersama-sama.

Berikut ini kami sampaikan hasil survei yang dilakukan oleh HSBC mengenai Aktivitas Pensiun teratas sebagai kegiatan mengisi masa pensiun, seperti dikutip oleh Emily Brandon, di tanggal 1 Maret 2013.

  1. Menghabiskan waktu bersama kawan dan keluarga (69%)

  2. Berlibur (49%)

  3. Merenovasi Rumah (36%)

  4. Tetap Bekerja (34%) atau memulai suatu bisnis baru (12%)

  5. Bekerja sosial

  6. Belajar kembali (31%)

  7. Berolahraga (31%)

  8. Memberi hadiah pada diri sendiri (17%)

  9. Mempelajari budaya baru (12%), mempelajari bahasa asing (11%)

  10. Menulis buku (12%)

 

Berbagai tipe kegiatan mengisi masa pensiun diatas, amat memungkinkan juga untuk dilakukan di Indonesia, bukan? Semuanya terlihat menarik. Dan, yang terpenting, beragam aktivitas ini, akan menghindarkan anda dari kebosanan. Lebih jauh lagi, akan mendatangkan kebahagiaan dan menjauhkan anda dari depresi dan penurunan kemampuan otak dalam jangka panjang.

 

 

Sebagai Konsultan Pensiun Terbesar di Indonesia, kami menyelenggarakan Training ESQ Masa Persiapan Pensiun secara Teratur. Training ESQ MPP Publik akan diadakan pada tanggal : Maret 2018. Berlokasi di Jakarta Selatan.

 

Materi yang diberikan adalah :

Training ini adalah untuk anda yang ingin tahu tentang apa saja kegiatan mengisi masa pensiun yang tepat, karena sadar akan pentingnya mewariskan karakter mandiri untuk generasi penerus. Terutama kegiatan ini untuk anda yang :

  • Tidak mau hidup bergantung pada anak, membutuhkan suntikan semangat untuk tetap mandiri di masa tua

  • Takut gagal dan kehilangan dana pensiun, membutuhkan ilmu dan bimbingan untuk bisa berusaha dengan modal kecil dan rendah resiko

  • Takut inflasi membuat uang tidak berarti, dan butuh strategi investasi keuangan yang jitu dan anti rugi

  • Ingin tetap kaya untuk puluhan tahun yang akan datang, hingga ke anak cucu

  • Ingin bisa berinvestasi dengan bijak dan tidak mau sedikit pun rugi seperti Warren Buffet

  • Merasa tidak berdaya dan mudah sakit dan Ingin lepas dari Belenggu Mental tersebut yang membuat anda merasa lemah

  • Meyakini bahwa seperti Pendiri IBM, KFC dan Nestle, Masa Pensiun bisa jadi Masa Sukses dan Bahagia penuh Makna

Untuk keterangan lengkap mengenai Bagaimana anda bisa mengikuti Training untuk Masa Persiapan Pensiun dari Konsultan Pensiun Terbaik di Indonesia. Pendaftaran Training Publik pribadi mohon klik disini, pendaftaran perusahaan untuk Inhouse, silahkan klik disini.

  • Hubungi kami via email : esqmpp@gmail.com

  • Hubungi via atau wa/telp/line ke HP  0853 5353 0775 (Tio, Manajer ESQMPP)

  • atau telepon ke kantor kami di Menara 165 lantai 24, ke : 021 2940 6969 ext. 174

Leave a Reply

Open chat
1
Halo,
Ada yang bisa kami bantu?