was successfully added to your cart.

KEUANGAN PENSIUN

Inspirasi Investasi dan Manajemen Keuangan Keluarga dan Usaha di Masa Pensiun

Jangan Lakukan 3 Hal Ini Bila Anda Ingin Bahagia Ketika Pensiun!

pelatihan kewirausahaan masa pensiun, training untuk pegawai persiapan masa pensiun, persiapan pensiun karyawan swasta, pelatihan pra purnabakti, pelatihan mpp, pelatihan sebelum pensiun, konsultan pensiun, diklat pra pensiun, pelatihan persiapan pensiun, pelatihan masa persiapan pensiun, pelatihan untuk persiapan pensiun, proposal pelatihan masa persiapan pensiun, pelatihan persiapan pensiun jakarta, program pelatihan persiapan pensiun,

Masa pensiun sudah seharusnya menjadi waktu yang sangat menyenangkan, karena Anda dapat menghabiskan waktu untuk bersenang-senang atau bersantai menikmati hasil kerja selama ini bersama istri, anak, dan cucu dirumah. Tetapi pada faktanya mengapa masa pensiun menjadi hal yang menakutkan bagi para pekerja di Indonesia saat ini, mengapa demikian?

 

 

Hal itu terjadi dikarenakan tidak sedikit pekerja di Indonesia yang tidak mempersiapkan masa pensiunnya secara matang, sehingga para pekerja tersebut tidak siap ketika masa pensiunnya tiba. Padahal mempersiapkan masa pensiun secara matang, baik itu persiapan mental dan persiapan keuangan memiliki dampak yang sangat positif pada kehidupan karyawan tersebut. Tapi jangan khawatir, walaupun Anda waktu itu tidak mempersiapkan masa pensiun secara matang, Anda tetap bisa bahagia saat masa pensiun tiba. Bila Anda ingin mengetahui caranya, silakan baca artikel ini sampai selesai.

 

 

  • Hindari atau Kurangi Sikap Konsumtif

Setelah pensiun, Anda akan memiliki gaya hidup yang berbeda dengan saat masih bekerja, oleh karena itu mulailah adaptasikan diri Anda dengan cara menghindari atau mengurangi sikap konsumtif Anda selama masa bekerja.

 

  • Hindari Mengambil Cicilan Terlalu Lama

Sebelum Anda memutuskan untuk mengambil sebuah cicilan, pertimbangkanlah masa cicilannya dan usahakanlah jangan mengambil cicilan terlalu lama. Hal tersebut bertujuan agar nantinya Anda tidak dipusingkan dengan urusan untuk membayar cicilan tersebut.

 

  • Hindari Investasi Tidak Jelas

Berinvestasi ketika pensiun memang dapat memberikan Anda penghasilan tambahan, tetapi Anda juga harus memeriksa, teliti, mempertimbangkan kembali investasi yang akan Anda jalankan tersebut, apakah investasi tersebut akan membuat Anda bahagia atau malah sebaliknya membuat Anda sengsara dibuatnya.

 

Demikianlah tiga hal yang harus Anda hindari agar hidup bahagia ketika masa pensiun. Jika Anda berhasil menghindari ketiga hal tersebut, niscaya hidup Anda akan bahagia walaupun sudah pensiun.

 

Jadi, persiapkanlah diri Anda untuk mendapatkan masa pensiun yang bahagia bersama istri, anak, dan cucu dirumah dengan mengikuti training masa persiapan pensiun bersama ESQ MPP.

 

Untuk mengikuti Tips Berguna lainnya dari ESQMPP, klik halaman inspirasi

 

Untuk Mendaftar di Training Publik klik disini.

 

Untuk Mendaftarkan Perusahaan Anda di Training Pensiun ESQ, klik disini.

 

Informasi : 085353530775 (Tio, manager ESQMPP)

Kirim pertanyaan Anda ke Email : esqmpp@gmail.com

Ingin Tahu Apa Masalah Keuangan Terbesar Pensiunan?

pelatihan kewirausahaan masa pensiun, training untuk pegawai persiapan masa pensiun, persiapan pensiun karyawan swasta, pelatihan pra purnabakti, pelatihan mpp, pelatihan sebelum pensiun, konsultan pensiun, diklat pra pensiun, pelatihan persiapan pensiun, pelatihan masa persiapan pensiun, pelatihan untuk persiapan pensiun, proposal pelatihan masa persiapan pensiun, pelatihan persiapan pensiun jakarta, program pelatihan persiapan pensiun,

Hindari masalah keuangan pensiunan. Bagaimana langkah keuangan mudah agar sejahtera finansial usai pensiun? Siapkan hal ini sebagai bagian dari persiapan masa pensiun anda. Mudah, tidak berat dan tetap membuat anda nyaman setelah pensiun nantinya lho. Ingin tahu? Yuk baca artikel berikut ini bersama-sama dengan pasangan.

 

Hindari masalah keuangan pensiun. Bagaimana langkah mudah untuk sejahtera finansial usai pensiun? Siapkan diri dengan ikut Training Masa Persiapan Pensiun.

 

Setiap orang Pasti Pensiun. Itu adalah keniscayaan yang tidak bisa dihindari. Karena itulah makin banyak perusahaan mempersiapan pegawainya melalui Pelatihan Masa Persiapan Pensiun.

 

Kenapa banyak yang kesulitan keuangan setelah Pensiun? Anda tentu tidak ingin bila harus sampai menjual rumah, tanah dan kendaraan anda di saat pensiun nanti bukan? Caranya adalah dengan melakukan sejumlah strategi untuk mengurangi pengeluaran bulanan anda.

Ada sejumlah pengeluaran yang dilakukan sehari-hari oleh keluarga, untuk menjamin bahwa keluarga tersebut terpenuhi kebutuhannya. Ada sejumlah keluarga yang terbiasa hidup hemat. Namun ada pula keluarga lain, yang tidak terbiasa hidup hemat. Padahal, banyak cara dan jalan untuk menghemat pengeluaran harian.

Seorang wanita asal New York, Amerika Serikat, bernama JP Livingston yang telah sukses melewati masa pensiunnya, membagikan tips kunci sukses finansial memasuki masa pensiun:

 

1. Ketahui Pengeluaran Terbesar Anda dan Kurangi

Pengeluaran terbesar seseorang atau keluarga biasa jatuh pada sewa atau cicilan rumah, transportasi, dan makanan. Anda pun perlu melakukan analisa pada apa yang selama ini mengambil banyak penghasilan. Jika bisa kurangi pengeluaran itu sehingga Anda bisa hemat dan menabung. Di masa persiapan pensiun, langkah keuangan mudah ini bisa dilakukan agar tetap sejahtera finansial di masa pensiun.

 

2. Beli Furnitur Bekas

Di masa persiapan pensiun, melakukan langkah keuangan mudah dan hemat bukan berarti tidak boleh membeli. Tengok saja para calon pensiunan di luar negeri. Mereka tidak mau ketinggalan zaman, dan masih sering membeli barang namun mencari yang harganya murah. Untuk anda yang ingin membeli mebel, baik itu karena rusak atau untuk ganti gaya, maka pilihlah furnitur bekas tapi masih berkualitas. Selain membeli bekas, anda bisa menjual juga barang-barang Anda yang sudah tidak terpakai untuk menambah tabungan.

 

3. Pikirkan Setiap Pengeluaran Berdasarkan Jam Kerja

Di langkah keuangan mudah yang ketiga ini, kita akan meminta anda mengambil waktu sebentar sebelum melakukan pengeluaran keuangan. Setiap Anda ingin keluarkan uang di masa persiapan pensiun, coba pikirkan berapa banyak keringat dan pikiran yang tercurah untuk menghasilkan uang itu. Misalnya setiap jam Anda terhitung menghasilkan Rp 50 ribu, saat ingin makan di restoran yang totalnya bisa Rp 200 ribu, berarti Anda telah membuang empat jam bekerja dengan sia-sia. Dengan begitu, diharapkan Anda akan umelakukan tips hemat ini dengan lebih ringan dan menjadi sebuah kebiasaan.

 

Sejumlah langkah keuangan diatas, bisa memangkas pengeluaran anda di masa persiapan pensiun dalam jumlah cukup besar. Lakukan penghematan ini, dan jadikan sebagai kebiasaan. Dengan cara ini, dalam waktu satu tahun, anda bisa menghemat hingga juta rupiah, dan tetap sejahtera finansial di masa pensiun nantinya.

 

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai cara-cara untuk Mengelola Keuangan Keluarga sebelum Pensiun dan agar tidak mengalami masalah keuangan pensiun, Program Masa Persiapan Pensiun dari ESQ MPP memberikan Modul Financial Quotient (Kecerdasan Finansial). Anda bisa melihat video disini untuk membantu anda agar Tetap Sejahtera di Masa Pensiun. Anda bisa membaca lebih lanjut disini , atau untuk anda yang ingin berbincang langsung atau ingin mendaftar secara perusahaan, anda bisa menghubungi: 0853-5353-0775 (Manager ESQ MPP : Sulestiono)

Apa itu Generasi Sandwich dan Apa Persiapan Pensiun Terbaik?

pelatihan kewirausahaan masa pensiun, training untuk pegawai persiapan masa pensiun, persiapan pensiun karyawan swasta, pelatihan pra purnabakti, pelatihan mpp, pelatihan sebelum pensiun, konsultan pensiun, diklat pra pensiun, pelatihan persiapan pensiun, pelatihan masa persiapan pensiun, pelatihan untuk persiapan pensiun, proposal pelatihan masa persiapan pensiun, pelatihan persiapan pensiun jakarta, program pelatihan persiapan pensiun,

Apa Persiapan Pensiun Terbaik yang harus dilakukan agar kita kelak tidak merepotkan generasi sandwich dibawah kita? Mengapa penting memikirkan ini? karena generasi inilah yang mengemban tanggung jawab terbesar. Mereka mengasuh dua generasi sekaligus. Yuk Bersiap untuk masa depan.

 

Apa itu Generasi Sandwich dan Apa Persiapan Pensiun Terbaik?

 

 

Sahabat ESQ pasti sudah sering dong mendengar istilah “generasi zaman now” atau “generasi zaman old”. Namun, bagaimana dengan generasi sandwich?

 

Istilah ini memang agak asing terdengar di telinga kita. Padahal, fenomenanya cukup besar lho di lingkungan keluarga Indonesia bahkan di dunia. Oleh karena itu, banyak orang yang tak menyadari kalau mereka termasuk dalam golongan generasi sandwich.

 

Generasi Sandwich merupakan istilah yang ditujukan untuk orang yang berada di usia produktif kira-kira 25-35 tahun. Mereka “terjepit” di antara dua potong roti karena bertanggung jawab untuk memenuhi kebutuhan anak dan orang tua yang sudah tak berpenghasilan lagi.

 

Tak akan jadi masalah kalau mereka yang masuk generasi sandwich memiliki penghasilan yang besar. Hal ini tentu akan jadi kebanggan untuk mereka karena bisa memuliakan keluarga.

 

Namun, berbeda situasi jika yang menghadapinya adalah keluarga muda dengan penghasilan terbatas. Mereka tentu akan merasa terbebani.

 

Sahabat ESQ, tahukah Anda kalau generasi sandwich merupakan wujud kegagalan orang tua Indonesia di masa persiapan pensiun mereka?

 

Hal ini membuat para orang tua jadi tampak tak berdaya karena terlalu bergantung pada uang pesangon atau anaknya.

 

 

 

Inilah alasan kenapa Anda harus ikut training masa persiapan pensiun bersama ESQ MPP.

Anda akan mendapatkan pembekalan agar dapat menjalani masa purnabakti dengan mandiri, bahagia, sejahtera, dan tentu saja bermakna.

 

 

 

Untuk mendaftarkan diri pada pelatihan persiapan pensiun terbaik di Indonesia, klik disini untuk daftar pribadi, atau klik disini untuk daftar dari perusahaan.

 

Atau kirimkan kami email di : esqmpp@gmail.com atau kontak kami langsung via wa atau telepon di nomor ini : 0853-5353-0775 (Tio, Manager ESQMPP).

Mengapa Harus Mempersiapkan Masa Pensiun dengan Matang?

ary ginanjar, cara cepat kaya, cara sukses, esq 165, konsultan pensiun, masa persiapan pensiun, pelatihan masa persiapan pensiun, pelatihan pensiun, pelatihan persiapan pensiun, pengusaha sukses, pensiun dini, persiapan pensiun, tips orang sukses, training esq, training masa persiapan pensiun, training motivasi, training pensiun, training persiapan pensiun

Banyak yang belum tahu! Ini alasannya mengapa seseorang harus mempersiapkan Masa Pensiun dengan matang.

Masa Pensiun. Dua kata yang cukup mencemaskan bagi sebagian besar orang yang akan memasuki masa purnabakti. Bagaimana tidak, Masa Pensiun sering dianggap sebagai fase tersulit dibanding fase lain dalam karir. Untuk itu, diperlukan persiapan yang baik untuk menghadapi kondisi baru kehidupan setelah pensiun.

Kecemasan saat menghadapi masa pensiun bukanlah hal aneh. Secara garis besar ada 4 faktor yang mempengaruhi kecemasan menghadapi masa pensiun, yaitu :

1. Menurunnya pendapatan atau penghasilan
2. Hilangnya status, jabatan, pangkat, dan wewenang
3. Berkurangnya interaksi sosial dengan rekan kerja
4. Datangnya masa tua, menurunnya kemampuan fisik.

Ya.. Pensiun merupakan salah satu diantara persoalan hidup yang paling krusial yang harus dipecahkan seseorang. Karena keputusan pensiun akan mempengaruhi situasi keuangan, kondisi emosional, cara menghabiskan waktu, dan cara mereka berhubungan dengan teman dan keluarga. Kondisi seperti itulah yang menyebabkan timbulnya kecemasan dalam diri individu yang menghadapi masa pensiun. Kecemasan dalam menghadapi masa pensiun ini, berbeda-beda tingkatannya pada banyak orang.

Untuk itu ESQ memberikan jawaban atas masalah kecemasan pensiun ini. Sebuah program pelatihan pensiun yang diramu secara seimbang antara faktor psikologis, financial, emosi, kesehatan dan spiritual, yang dikemas dalam Training Masa Persiapan Pensiun. Training yang mempersiapkan masa pensiun Anda agar bahagia dan bermakna.

—————————-
Info Training ESQ MPP Public:
—————————-
Tanggal: 16-18 Januari 2018
Lokasi : Hotel Little Amaroossa
Jl. Cipete Raya Blok B No.5, RT.17/RW.3, Cilandak, Kota Jakarta Selatan
.
Info lebih lanjut:
1. Klik: www.esqmpp.com/public-registration-form
2. SMS/WA/Telpon: 082299153339 (Ririn)
3. Katakan “SAYA” di kolom komentar

p/s: terbatas untuk 100 peserta.

#masapersiapanpensiun
#mpppublik

3 LANGKAH KEUANGAN AGAR SEJAHTERA FINANSIAL USAI PENSIUN

ary ginanjar, cara cepat kaya, cara sukses, esq 165, konsultan pensiun, masa persiapan pensiun, pelatihan masa persiapan pensiun, pelatihan pensiun, pelatihan persiapan pensiun, pengusaha sukses, pensiun dini, persiapan pensiun, tips orang sukses, training esq, training masa persiapan pensiun, training motivasi, training pensiun, training persiapan pensiun

Hindari masalah keuangan pensiun. Bagaimana langkah keuangan mudah agar sejahtera finansial usai pensiun? Siapkan hal ini sebagai bagian dari persiapan masa pensiun anda. Mudah, tidak berat dan tetap membuat anda nyaman setelah pensiun nantinya lho. Ingin tahu? Yuk baca artikel berikut ini bersama-sama dengan pasangan.

 

Hindari masalah keuangan pensiun. Bagaimana langkah mudah untuk sejahtera finansial usai pensiun? Siapkan diri dengan ikut Training Masa Persiapan Pensiun.

 

Setiap orang Pasti Pensiun. Itu adalah keniscayaan yang tidak bisa dihindari. Karena itulah makin banyak perusahaan mempersiapan pegawainya melalui Pelatihan Masa Persiapan Pensiun.

 

Kenapa banyak yang kesulitan keuangan setelah Pensiun? Anda tentu tidak ingin bila harus sampai menjual rumah, tanah dan kendaraan anda di saat pensiun nanti bukan? Caranya adalah dengan melakukan sejumlah strategi untuk mengurangi pengeluaran bulanan anda.

Ada sejumlah pengeluaran yang dilakukan sehari-hari oleh keluarga, untuk menjamin bahwa keluarga tersebut terpenuhi kebutuhannya. Ada sejumlah keluarga yang terbiasa hidup hemat. Namun ada pula keluarga lain, yang tidak terbiasa hidup hemat. Padahal, banyak cara dan jalan untuk menghemat pengeluaran harian.

Seorang wanita asal New York, Amerika Serikat, bernama JP Livingston yang telah sukses melewati masa pensiunnya, membagikan tips kunci sukses finansial memasuki masa pensiun:

 

1. Ketahui Pengeluaran Terbesar Anda dan Kurangi

Pengeluaran terbesar seseorang atau keluarga biasa jatuh pada sewa atau cicilan rumah, transportasi, dan makanan. Anda pun perlu melakukan analisa pada apa yang selama ini mengambil banyak penghasilan. Jika bisa kurangi pengeluaran itu sehingga Anda bisa hemat dan menabung. Di masa persiapan pensiun, langkah keuangan mudah ini bisa dilakukan agar tetap sejahtera finansial di masa pensiun.

 

2. Beli Furnitur Bekas

Di masa persiapan pensiun, melakukan langkah keuangan mudah dan hemat bukan berarti tidak boleh membeli. Tengok saja para calon pensiunan di luar negeri. Mereka tidak mau ketinggalan zaman, dan masih sering membeli barang namun mencari yang harganya murah. Untuk anda yang ingin membeli mebel, baik itu karena rusak atau untuk ganti gaya, maka pilihlah furnitur bekas tapi masih berkualitas. Selain membeli bekas, anda bisa menjual juga barang-barang Anda yang sudah tidak terpakai untuk menambah tabungan.

 

3. Pikirkan Setiap Pengeluaran Berdasarkan Jam Kerja

Di langkah keuangan mudah yang ketiga ini, kita akan meminta anda mengambil waktu sebentar sebelum melakukan pengeluaran keuangan. Setiap Anda ingin keluarkan uang di masa persiapan pensiun, coba pikirkan berapa banyak keringat dan pikiran yang tercurah untuk menghasilkan uang itu. Misalnya setiap jam Anda terhitung menghasilkan Rp 50 ribu, saat ingin makan di restoran yang totalnya bisa Rp 200 ribu, berarti Anda telah membuang empat jam bekerja dengan sia-sia. Dengan begitu, diharapkan Anda akan umelakukan tips hemat ini dengan lebih ringan dan menjadi sebuah kebiasaan.

 

Sejumlah langkah keuangan diatas, bisa memangkas pengeluaran anda di masa persiapan pensiun dalam jumlah cukup besar. Lakukan penghematan ini, dan jadikan sebagai kebiasaan. Dengan cara ini, dalam waktu satu tahun, anda bisa menghemat hingga juta rupiah, dan tetap sejahtera finansial di masa pensiun nantinya.

 

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai cara-cara untuk Mengelola Keuangan Keluarga sebelum Pensiun dan agar tidak mengalami masalah keuangan pensiun, Program Masa Persiapan Pensiun dari ESQ MPP memberikan Modul Financial Quotient (Kecerdasan Finansial). Anda bisa melihat video disini untuk membantu anda agar Tetap Sejahtera di Masa Pensiun. Anda bisa membaca lebih lanjut disini , atau untuk anda yang ingin berbincang langsung atau ingin mendaftar secara perusahaan, anda bisa menghubungi: 0853-5353-0775 (Manager ESQ MPP : Sulestiono)

Field Trip Kopi Luwak di Bandung dari PT Semen Padang Batch 2 Desember 2017

ary ginanjar, cara cepat kaya, cara sukses, esq 165, konsultan pensiun, masa persiapan pensiun, pelatihan masa persiapan pensiun, pelatihan pensiun, pelatihan persiapan pensiun, pengusaha sukses, pensiun dini, persiapan pensiun, tips orang sukses, training esq, training masa persiapan pensiun, training motivasi, training pensiun, training persiapan pensiun

Ingin bisnis kopi luwak untuk masa persiapan pensiun anda? ESQ MPP menyediakan sejumlah lokasi field trip untuk menyiapkan anda dalam wirausaha saat pensiun.

 

Belajar bisnis langsung dari ahlinya, adalah keinginan setiap calon wirausahawan. Tujuannya adalah agar bisa menjadi wirausaha pensiunan yang berhasil. Pun sama halnya, itulah yang diinginkan oleh para calon pensiunan dari PT Semen Padang di bulan Desember tahun 2017, yang sudah memasuki Batch ke 2 dari ESQ MPP.

 

Dalam pelatihan Masa Persiapan Pensiun dari ESQ, setiap Peserta dibimbing untuk Belajar Berbisnis langsung dari para pemilik bisnis yang sudah terbukti berhasil menjalankan bisnisnya selama belasan tahun, dan memiliki reputasi yang baik di mata konsumennya. Untuk setiap klien, ESQ MPP selalu melakukan kostumisasi program, sesuai dengan peminatan peserta, latar belakang, dengan materi yang akan diberikan.

 

Kostumisasi Program yang dilakukan oleh ESQ MPP dilakukan dengan menyesuaikan konten materi dengan Trainer yang sesuai. Kostumisasi juga dilakukna dalam konten kegiatan wirausaha, diantara caranya adalah dengan mencarikan lokasi Field Trip yang dibutuhkan, di lokasi yang berada diseputar tempat Training dilaksanakan.

 

Pada Acara Training ESQ Masa Persiapan Pensiun PT Semen Padang kali ini, dilakukan di daerah Bandung. Pada kesempatan ini, peserta yang memiliki minat yang tinggi akan kopi, diajak untuk menyesap kopi luwak di satu lokasi perkebunan dan pengolahan kopi luwak yang merangkap restoran dan caffee. Lokasi yang menyenangkan untuk belajar sambil mencicipi kopi berkualitas internasional, dengan permintaan tinggi dari konsumen dunia.

 

Peserta terlihat antusias dan menyukai kegiatan field trip ke produsen kopi luwak ini. Ternyata proses bisnisnya tidak sesulit yang dibayangkan. Namun yang dibutuhkan adalah kesungguhan untuk memulai bisnis, dan keberanian untuk mewujudkan impian menjadi kenyataan.

 

Bagaimana dengan para calon pensiunan di Perusahaan Anda? Apakah juga ingin berbisnis Kopi? Atau ingin berbisnis perkebunan? Atau dapatkan informasi kegiatan aktivitas pensiun lainnya disini. Untuk membantu anda agar Tetap Sejahtera di Masa Pensiun, yuk menghubungi: 0853-5353-0775 (Manager ESQ MPP : Sulestiono)

 

 

 

PENSIUN BAHAGIA DENGAN MENJAGA ASSET YANG TAK TAMPAK. APAKAH ITU?

Banyak calon pensiunan menyangka bahwa aset berharga adalah sekedar masalah pesangonnya atau uang pensiunnya. Padahal ada sesuatu yang lebih dahsyat, lebih besar, bahkan nilainya luar biasa. Itulah intangible asset (aset tak tampak).

Aset inilah yang sering dilupakan oleh para pensiunan, hingga membuat pensiunnya jauh dari kata bahagia. Aset apakah itu? Bagaimana cara menjaganya? Simak tips pensiun bahagia dari Trainer ESQ MPP, Fahrul Jamal, berikut ini: 

JASA RAHARJA GELAR PENDIDIKAN & PELATIHAN PURNABAKTI BERSAMA ESQ MASA PERSIAPAN PENSIUN

ary ginanjar, cara cepat kaya, cara sukses, esq 165, konsultan pensiun, masa persiapan pensiun, pelatihan masa persiapan pensiun, pelatihan pensiun, pelatihan persiapan pensiun, pengusaha sukses, pensiun dini, persiapan pensiun, tips orang sukses, training esq, training masa persiapan pensiun, training motivasi, training pensiun, training persiapan pensiun

Perusahaan Asuransi Besar Indonesia, PT Jasa Raharja, mempercayakan Pelatihan Masa Persiapan Pensiun untuk para Calon Purnabaktinya kepada ESQ MPP.

Untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya menyiapkan masa pensiun dengan baik dan terencana, PT. Jasa Raharja (Persero) membekali 32 calon purnabakti dengan mengadakan Training Masa Persiapan Pensiun.

Pelatihan dan dan pendidikan ini juga sebagai bentuk realisasi terhadap misi Jasa Raharja. Yaitu, bakti kepada Perusahaan, dengan mewujudkan keseimbangan kepentingan agar produktivitas dapat tercapai secara optimal demi kesinambungan Perusahaan.

Pembekalan yang diselenggarakan pada 13-17 November 2017 ini dilaksanakan di Kota Bandung, Jawa Barat. Bukan hanya diberikan pemahaman dan pendidikan akan pentingnya menyiapkan masa pensiun dengan baik dan benar. Para calon purnabakti juga diajak untuk kunjungan kebeberapa peluang usaha.

Salah satunya inspirasi berkebun tanaman hidroponik sebagai aktivitas setelah pensiun atau memulai usaha perkebunan.

Peserta tidak hanya diberikan teori mengenai berkebun dan cara penjualannya, tapi juga merasakan langsung bagaimana praktek menanam bibit hidroponiknya.

Ada juga pembekalan tentang manajemen keuangan yang baik, kesehatan, serta sharing tips berwirausaha.

Setelah mengikuti kegiatan ini, para peserta mengaku mendapat banyak manfaat dan lebih optimis menatap masa pensiun yang sukses dan bahagia.

“Terimakasih ESQ MPP, pelatihan ini memberikan pengalaman yang luar biasa bagi kami. ESQ MPP juga membantu membuka jalan pikiran kita agar lebih siap dan sadar harus beradaptasi dengan cepat di masa Purnabakti,” Rahmani – Jasa Raharja Jawa Barat.

“Materi yang saya dapatkan sangat bermanfaat, terutama soal aktivitas kewirausahaan di masa pensiun. Sukses ESQ MPP..!!”, Teguh – Jasa Raharja Kediri.

Nantikan kegiatan ESQ Masa Persiapan Pensiun lainnya..

============
ESQ MPP
HARI TUA PENUH PRODUKTIF, BAHAGIA, DAN BERMAKNA
===========

Info: 0853-5353-0775 (Tio, Manager ESQ MPP)
Website : www.esqmpp.com
Fanpage Facebook : https://www.facebook.com/esqmpp/
Instagram : www.instagram.com/esq.mpp

Cara Membuka Usaha di Masa Pensiun

Salah satu ketakutan seseorang di masa pensiun adalah tidak memiliki penghasilan lagi. Anggapan itu tentu saja salah. Ada banyak cara untuk tetap memiliki penghasilan di masa Pensiun.

 

Beberapa orang mencoba untuk memanfaatkan uang pensiun yang mereka terima untuk membuka sebuah usaha agar tetap produktif. Walau memang tidak semua jenis usaha bisa ditekuni. Hal ini karena ada sejumlah hal yang bisa memberatkan bagi para pensiunan, terutama adalah kondisi fisik yang membatasi.

 

Jenis usaha yang cocok untuk anda geluti di masa pensiun adalah :

  • Usaha yang memiliki Risiko rendah

Di masa pensiun, jangan sampai dana pensiun habis dipertaruhkan untuk usaha. Karena itu, usaha yang dipilih haruslah yang beresiko rendah. Dengan cara ini, dana pensiun akan tetap aman dan hanya berkurang sedikit. Pilihlah usaha yang nantinya akan laku saja. Lakukan sedikit penelitian sebelum memilih. Ini akan menghemat banyak sekali uang anda.

  • Usaha dengan Modal rendah

Modal yang rendah memungkinkan pensiunan untuk mencoba usaha dengan hati yang ringan. Dana pensiun yang ada pun tidak akan sekaligus habis. Dalam bisnis bermodal rendah, keuntungan yang didapat mungkin kecil, tapi bila dijalankan, sedikit-sedikit lama-lama menjadi bukit. Bisnis modal rendah ini sebaiknya dilakukan bila anda pertama kali membuka usaha. Dengan cara ini, bila pun gagal (semoga tidak terjadi ya), kehilangan uang yang terjadi hanya sedikit saja. Dibanding bila berbisnis dengan modal besar, bila gagal, akan menimbulkan dampak yang besar dan mendalam pada diri anda.

  • Usaha dengan sedikit Mobilitas

Lakukan usaha yang tidak merepotkan anda dan yang tidak mengharuskan anda hilir mudik kesana kemari. Misalnya bila anda ingin membuka toko di depan rumah, hubungi koperasi pedagang yang bisa teratur mengirimkan barang dagangan dengan harga murah. Dengan cara ini anda tidak perlu bulak-balik ke pasar setiap pekan, dan tidak perlu mengangkat barang dagangan yang berat. Jangan lupa, pilih lokasi usaha yang akan laku dan banyak pembeli, namun tidak jauh dari rumah anda. Dengan cara ini anda akan bisa mengendalikan usaha anda dari jarak dekat, dan usaha anda tidak kehilangan pengawasan.

  • Usaha yang sesuai dengan Hobi

Bila anda suka membaca, membuka toko buku di dekat rumah, akan membuat anda bangun dengan semangat setiap paginya. Bila anda suka memasak, membuka toko bahan kue akan membuat anda selalu berseri-seri, karena anda memiliki bahan untuk membuat kue apapun yang anda inginkan. Apapun usaha yang anda ingin lakukan, pilihlah bidang  yang anda cintai. Pilihlah usaha yang sesuai dengan hobi anda.

Dengan cara ini, anda tidak akan merasa terbebani. Bila pun toko anda nantinya sepi, anda akan tetap semangat dan tidak menjadi bersedih. Bahkan, anda bisa mencari cara yang menyenangkan agar toko anda ramai pengunjung.

Semoga 4 Tips Wirausaha diatas bisa membantu anda yang ingin membuka usaha. Apabila anda masih belum menemukan cara  yang tepat untuk memulai usaha yang mudah dilakukan, bisa hubungi kami untuk mengikuti Pelatihan ESQ MPP di email : esqmpp@gmail.com atau telepon ke kantor di 021-2940-6969 ext 174.

 

Salam Pensiun Bermakna

Hemat Uang dengan Bisnis Pulsa

Agar keluarga kita tetap sejahtera di masa Pensiun, kita bisa melakukan beberapa langkah di bawah ini untuk mencegah agar tidak bangkrut di Masa Persiapan Pensiun, yaitu :

 

Tips Hemat Keuangan 2 :  Menjadi Member Agen Pulsa

 

Berlangganan pulsa pasca-bayar yang tak terbatas membuat kita tidak terkendali dalam menggunakan smart phone. Tidak jarang, kita harus membayar hingga jutaan rupiah, hanya untuk pulsa saja. Bila itu dikalikan dengan seluruh anggota keluarga kita, akan sangat terasa beratnya.

 

Namun, membeli pulsa pra bayar berkali-kali juga bisa merepotkan. Kita pun bisa terancam putus komunikasi, bila tidak bisa mengisi pulsa di saat darurat. Hal ini bisa jadi meresahkan bagi kita bukan?

 

Untuk itu, kita bisa melakukan penghematan keluarga, dengan menjadi member suatu agen pulsa. Dengan cara ini, kita bisa tetap berkomunikasi dengan anggota keluarga kita. Kita bisa mengirimkan pulsa pada anggota keluarga kita, kapan saja kita inginkan. Kita pun bisa membeli harga pulsa dengan potongan sejumlah ribuan rupiah. Memang tidak besar, tapi lebih praktis, dan tidak boros.

 

Secara tidak sengaja, bisa juga ini menjadi awal untuk kita berusaha di bidang penjualan pulsa.Siapa tahu menjadi jalan rezeki berikutnya, bagaimana menurut anda?

 

Untuk mengetahui ilmu lengkap tentang Masa Persiapan Pensiun yang bisa mengantarkan anda pada masa pensiun yang Bahagia, Sejahtera dan Bermakna, hubungi kami via email ke : esqmpp@gmail.com atau melalui telepon ke 021 -2940 -6969 ext. 174.