Skip to main content

Kiat Sukses Tokoh Terkaya di Dunia (15) : Pendiri ORACLE

By March 2, 2017August 20th, 2020Kisah Inspiratif

Mengapa suatu Perusahaan bisa menonjol lebih diatas yang lain dan menjadi Tak Terkalahkan? Ternyata, rahasia Larry Ellison di bawah ini, bisa kita tiru juga lho. Dengan menjalankan Rahasia ini, dia bisa mengungguli banyak kompetitor lainnya, dan menjadi perusahaan IT terbesar kedua di Dunia, setelah Microsoft. Apakah Rahasia Sukses yang dimiliki oleh Larry Ellison tersebut? Ternyata Rahasianya adalah :

 

 

Milikilah Keahlian (Skill) Khusus hingga Level Tinggi

 

 

Dalam dunia teknologi, anda pasti pernah mendengar nama Oracle, sebuah perusahaan database terbesar di dunia. Namun siapa sangka, dibalik kisah dari berdirinya Oracle sebagai sebuah perusahaan terselip kisah inspiratif yang penuh dengan perjuangan dari pendirinya yaitu Larry Ellison yang saat ini menjadi salah satu orang terkaya di dunia dengan total kekayaan sebesar 510 Trilyun pada tahun 2014.

 

 

Nama lengkapnya adalah Lawrence Joseph Ellison lahir di Amerika pada tanggal 17 agustus 1944, ketika anak anak seusianya di Amerika hidup dengan menyenangkan berbeda dengan  Larry Ellison sejak kecil kehidupannya bisa dikatakan jauh dari kata menyenangkan sebab diusianya yang baru berusia 9 bulan, ia sudah divonis radang paru-paru oleh dokter, oleh sebab inilah ia kemudian diadopsi oleh paman dan bibinya atas permintaan dari ibunya yang berdomisili di Chicago. Bersama paman dan bibinya, Larry Ellison kecil merasakan hidup yang tentram.

 

 

Larry Ellison kemudian bersekolah di Eugene Field Elementary School setara dengan sekolah dasar. Setelah lulus, ia kemudian masuk ke Sullivan High School namun pindah ke South Shore. Di sekolah, Larry Ellison dikenal sebagai pribadi yang cerdas. Nilainya cukup bagus dalam bidang ilmu alam dan matematika. Tetapi semua perilakunya berubah takkala ia mengetahui bahwa orang yang mengasuhnya selama ini bukanlah orang tua kandungnya.

 

Meskipun perilakunya berubah, namun prestasi disekolahnya masih cukup bagus. Setelah lulus dari sekolahnya, ia kemudian masuk ke jurusan Fisika di Illinois University. Tetapi kuliahnya tak sampai selesai disana sebab ibu angkatnya yang membiayainya kuliah meninggal dunia, akhirnya ia berhenti kemudian mencoba bekerja serabutan bersama ayah angkatnya.

 

Tak lama kemudian ia kembali berkuliah di Chicago University, namun hanya bertahan selama enam bulan ia kemudian berhenti disebabkan karena masalah biaya. Karena motivasinya yang kuat untuk bertahan hidup, ia kemudian mencoba untuk kursus komputer. Dengan modal itu ia kemudian mencoba melamar pekerjaan di berbagai perusahaan. Namun hampir semua perusahaan yang dilamarnya menolaknya karena hanya bermodal ijazah kursus. Tetapi dari situ perjuangannya tak sia sia, perusahaan investasi bernama Fireman’s Fund menerimanya sebagai teknisi komputer. Dari sini pengalamannya bertambah seiring ia sering memperbaiki perangkat keras dari komputer yang rusak serta memperbaiki masalah dalam hal perangkat lunak.

 

Ia kemudian memutuskan untuk berhenti dan pindah kerja di Bank Wells Fargo, disini ia juga berkerja sebagai seorang teknisi dan juga cekatan dalam hal pekerjaannya, tetapi permasalahannya, ia tidak mendapatkan penghargaan dari kerja kerasnya, dan kemudian memutuskan untuk pindah ke Ampex dimana ia bekerja sebagai seorang programmer.

 

Dari Ampex  inilah yang kemudian menginspirasi Larry Ellison mendirikan Oracle yang kelak menjadi perusahaan database terbesar di dunia. Di Ampex ini,  Larry Ellison membaca sebuah tulisan mengenai teori database yang ditulis oleh Edgar F. Codd. Dari sinilah memunculkan ide Larry Ellison dalam membangun bisnis yang berkonsep “Structured Query Language” atau yang lebih dikenal dengan nama SQL dimana proyek ini ia namakan dengan nama Oracle.

 

 

Dari sini kemudian usahanya berlanjut dengan mendirikan sebuah perusahaan pengembangan perangkat lunak bersama temannya Ed Qates dan juga Robert Miner yang tak lain merupakan bos Larry di Ampex. Hanya dengan bermodal $2000 pada waktu itu, perusahaan rintisan Larry Ellison berhasil mendapatkan klien besar yaitu CIA yang tak lain merupakan Dinas Intelejen Amerika Serikat kemudian mereka juga menangani Perusahaan penerbangan Wright Patterson Air Force Base dan serta perusahaan komputer IBM.

Dibawah pimpinan Larry Ellison, Oracle kemudian menjelma menjadi perusahaan raksasa yang menangani masalah database. Meskipun sempat terkena masalah finansial, namun perusahaan Oracle masih tetap bertahan hingga kini. Produk produk dari Oracle milik Larry Ellison yaitu Application Server (Web DB, OAS), Development Tool (Oracle Developer, Oracle Designer), dan Application Suite (Oracle Apps) yang menjadi terkenal dan Oracle pun menguasi pasar Database  dunia. Dari kegigihan Larry Ellison pula yang menjadikan Oracle menjadi perusahaan IT terbesar kedua di dunia setelah Microsoft.

 

 

Bagaimana, Menarik bukan? Dengan menjalankan Tips Sukses diatas, Anda pun bisa terus sukses, dan menjadi yang terdepan dibanding semua kompetitor. Bagaimana dengan Anda? Ingin merintis Masa Persiapan Pensiun dengan Wirausaha ala Larry Ellison? Kami sebagai konsultan pensiun terpercaya, memiliki banyak cara untuk bisa anda tiru.

 

Hubungi kami untuk mendapatkan informasi terbaru mengenai dunia wirausaha di Indonesia.

Email kami ke esqmpp@gmail.com,

atau telepon ke 021-2940-6969 ext. 174

atau ke HP/WA ke 0856 9311 9026 (gina).

Leave a Reply

Open chat
1
Halo,
Ada yang bisa kami bantu?