Skip to main content

Langkah Efisien dalam Persiapan Pensiun Dini

By June 7, 2021Article
PHK Massal Mengintai, Sudah Siapkah Anda

Sebagian orang mengatakan jika pensiun dini bukan hal yang mungkin dilakukan apalagi melakukan persiapan pensiun dini masih di luar jangkaun sebagian orang. Namun jika anda memiliki keinginan untuk pensiun dini di usia 40 – 45 maka sebenarnya ada beberapa persiapan ekstra yang harus anda lakukan dengan matang. Berikut adalah langkah efisien yang bisa dilakukan dalam persiapan pensiun dini.

Tentukan waktu yang diinginkan

Pensiun lebih awal memang tidak harus dilakukan namun jika anda ingin tak ada masalah. Ada banyak orang yang mengartikan jika pensiun dini adalah anda tidak harus bekerja dan hidup dengan kemandirian finansial sendiri. Padahal Pensiun dini adalah meninggalkan pekerjaan di perusahaan untuk satu hal yang lebih kreatif sehingga anda mendapatkan kemapanan finansial sendiri dalam waktunya sendiri. Nah langkah pertama untuk persiapan pensiun dini adalah dengan mencari tahu apa yang anda inginkan dan anda harapkan. Anda bisa menentukan waktunya sendiri sehingga akan lebih ideal dan lebih mudah untuk anda rencanakan kedepannya.

Lakukan Inventarisasi Keuangan

Satu hal yang penting dalam persiapan pensiun dini adalah dengan mempersiapkan inventarisasi keuangan. Dua hal yang penting dalam merencanakan masa depan, pertama anda harus menghitung kekayaan bersih dan yang dua anda harus menghitung pengeluaran anda. Ini adalah cara terbaik untuk mengatur keuangan anda dalam melakukan menginventarisasi keuangan. Sehingga anda bisa merencanakan masa depan dengan baik.

Jangan Mengikuti Gaya Hidup Mewah

Sangat sulit untuk memiliki jumlah uang yang sesuai keinginan jika anda membuat pengeluaran dalam jumlah yang besar melebihi penghasilan anda. Jika anda berencana persiapan pensiun dini maka sangat penting untuk hidup dibawah kemampuan. Cara ini bisa dilakukan untuk menabung dan berinvestasi dengan lebih agresif. Fokuslah untuk mengurangi pengeluaran yang tidak terlalu penting untuk bisa membantu dalam mengupayakan menambah tabungan anda. Intinya hiduplah sederhana agar bisa mendapatkan persiapan pensiun dini yang matang.

Tingkatkan penghasilan

Selain fokus mengurangi pengeluaran anda, anda bisa meningkatkan tabungan masa depan dengan meningkatkan penghasilan anda. Walaupun mengurangi pengeluaran sudah memberikan banyak manfaat tapi ini adalah solusi jangka pendek. Sedangkan jika anda meningkatkan penghasilan ini adalah solusi jangka panjang untuk anda. Caranya bisa dengan kerja sampingan yang memberikan pemasukan lebih untuk anda.

Lakukan rencana investasi 

persiapan pensiun dini selanjutnya yang bisa dilakukan adalah dengan menyusun tabungan dan rencanakan investasi sehingga anda bisa menghasilkan pendapatan selama masa pensiun dengan konsisten. Melakukan rencana investasi tidak boleh dilakukan secara spontan. Semua harus anda lakukan pemikiran dengan matang karena ini akan menjadi pemasukan anda di sisa usia. Jangan sampai anda melakukan kesalahan. Penting untuk melakukan survei dengan cermat dan jangan ragu untuk mencari pihak ketiga yang profesional untuk membantu anda jika anda ragu dengan pengetahuan yang anda miliki. Dan yang harus anda ingat adalah investasi untuk dana pensiun yang terbaik harus anda pilih karena sudah menjadi rencana investasi untuk pensiun penuh makna.

Lakukan Investasi Uang Lebih Awal

Jika anda berencana untuk melakukan persiapan pensiun dini di usia 40 tahunan maka ada baiknya untuk anda mulai melakukan investasi di usia 20an. Dengan cara ini maka anda memiliki lebih banyak waktu untuk memanfaatkan bunganya. Keuntungan jika anda melakukan investasi lebih awal adalah anda tidak akan menghabiskan banyak modal untuk prosesnya. Saat ini ada banyak layanan potongan otomatis dari penghasilan ke dalam investasi atau tabungan di setiap periodenya.

Leave a Reply

Open chat
1
Halo,
Ada yang bisa kami bantu?