Skip to main content

Langkah Memulai Rencana Pensiun Dini

konsultan pelatihan pensiun, konsultan pensiun, konsultan masa persiapan pensiun, masa persiapan pensiun, pelatihan pensiun, pelatihan persiapan pensiun, training pensiun, training persiapan pensiun, training masa persiapan pensiun, kunjungan usaha, solusi pensiun, pra pensiun, persiapan pensiun, pensiun kaya, pensiun dini, tips orang sukses

Terkadang karena sibuknya seseorang, merencanakan pensiun sering terabaikan. Padahal hal ini tidak bisa diabaikan karena membutuhkan persiapan dengan jangka waktu yang cukup panjang dan jumlah biaya yang tidak sedikit. Karena dana tersebut harus bisa mencukupi kebutuhan Anda saat nanti sudah tidak bekerja. Namun sebelum mengumpulkan dana untuk pensiun nanti, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan.

 

1. Berapa Usia Anda Saat Ini?

Berapa usia Anda saat ini menentukan jumlah yang harus Anda sisihkan untuk dana pensiun nanti. Semakin muda Anda, semakin kecil juga uang yang perlu Anda sisihkan. Contohnya, Ani yang saat ini berusia 30 tahun ingin pensiun saat usianya 60 tahun nanti. Saat ini pengeluarannya Rp 5 juta perbulan, Rp 60 juta pertahun. Jika ia mulai menyisihkan uangnya sekarang, Ia perlu menyisihkan Rp 1,7 juta perbulannya. Namun, bila Ia mulai menabung saat usia 40 tahun, Ia perlu meyisihkan Rp 2,8 juta perbulannya.

 

2. Di Usia Berapa Anda Berencana Untuk Pensiun?

Anda perlu menentukan di usia berapa Anda ingin pensiun. Khususnya bagi pegawai negri atau swasta biasa sudah ditentukan oleh perusahaan, yaitu antara 40 tahun sampai 55 tahun. Jika Anda masih diizinkan untuk kerja lebih lama, tentu hal itu baik untuk Anda, tetapi apabila Anda ingin pensiun dini, Anda harus bekerja dua kali lipat lebih keras saat muda.

 

3. Besarnya Dana Pensiun Anda Tergantung dari Gaya Hidup yang Anda Inginkan di Masa depan

Perlu Anda pikirkan sebagai acuan ke depannya nanti, apakah gaya hidup yang Anda jalankan sama seperti saat ini atau menjadi lebih sederhana. Anda tidak boleh meremehkan jumlah uang yang harus Anda keluarkan setelah pensiun, karena meskipun Anda tidak mempunyai cicilan-cicilan lagi pada saat itu, Anda pasti ingin pergi berlibur atau membeli kado untuk cucu.

 

4. Dimanakah Anda akan Menaruh Investasi

Langkah selanjutnya setelah Anda mengetahui jumlah dana pensiun yang Anda butuhkan, jangka waktu untuk mengembangkannya dan berapa uang yang harus disisihkan tiap bulan adalah menentukan dimana uang tersebut diletakkan. Karena zaman sekarang, menaruh uang di bawah bantal atau di rekening bank biasa tidak bisa mengalahkan inflasi.

 

Bagaimana? Apakah anda sudah cukup siap untuk Pensiun Dini? Bila anda membutuhkan saran dan bantuan, hubungi kami di esqmpp@gmail.com atau telepon ke 021 – 2940 6969 ext. 174

 

Salam Pensiun Bermakna!

Leave a Reply

Open chat
1
Halo,
Ada yang bisa kami bantu?