Skip to main content

Menjaga Kesehatan Sebagai Investasi Berharga Masa Depan

By May 25, 2021Article

Masa persiapan pensiun, merupakan masa dimana seseorang bisa perlahan menikmati jerih payahnya. Masa dimana seseorang bisa mengaktualisasikan dirinya. Lebih dari soal menua saja, masa persiapan pensiun juga baiknya menjadi masa dimana anda merealisasikan segala rencana & target kehidupan anda. Beralih dari soal aset finansial ataupun materi, pemenuhan dalam aspek emosional & afeksi jiwa raga juga sangat penting untuk persiapan masa senja. Dalam persiapan pensiun, anda juga perlu bijak dalam memperhatikan kondisi tubuh agar tetap bugar & kuat. Anda tentunya ingin menikmati masa senja anda dengan keadaan yang sehat sejahtera, bukan? Berkumpul bersama keluarga besar dalam suatu trip liburan, bersenang-senang, menepis stigma-stigma menakutkan yang identik melekat dengan para kaum lanjut usia. Karena itu, pentinglah kita menjaga pola hidup yang sehat dari sekarang. Memiliki tubuh yang produktif di masa senja bukanlah hal yang mustahil. Anda memang tidak bisa menyangkal efek dari penambahan usia, dari kemampuan kognitif hingga fisiologis. Tapi jangan takut, anda bisa menghambat penurunannya, kok!

Kesehatan merupakan investasi yang terpenting dalam hidup. Hal tersebut juga akan membuat persiapan pensiun anda lebih bermakna. Seseorang dengan kondisi yang sehat & bugar, umumnya memiliki pemikiran yang positif & optimis dalam melihat kehidupan. Untuk mencapai optimalisasi dalam bidang ini, konsistensi tentunya juga sangat dibutuhkan. Anda perlu menempatkan rutin & kebiasaan baik yang dilakukan dalam jangka panjang. Hasilnya juga memerlukan waktu, ya. Tidak bisa muncul dalam semalam saja. Kesabaran & konsistensi, merupakan kunci yang paling penting menuju pola hidup yang lebih baik. Tidak harus mahal & ribet, berikut adalah beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk menuju hidup yang sehat dalam rangka persiapan masa persiapan pensiun :

  1. Pola Makan

Menjaga pola makan baik, bukan berarti anda harus mengkonsumsi sayur & buah 24/7 dan menjauhi semua jenis makanan instan. Sekalipun beberapa orang memilih untuk menjadi vegetarian/vegan, anda tidak harus merubah pola makan anda secara drastis. Mulailah dari mengkonsumsi 4 sehat 5 sempurna setiap harinya, dengan waktu makan yang lebih teratur. Kebiasaan ini juga sangat baik dilakukan untuk mencegah maag & asam lambung.

  1. Bersikap & Berpikir Positif

Tidak hanya sehat jasmani, mengelola kesehatan mental juga sangatlah penting. Anda hanya perlu mengendalikan pikiran & reaksi dari emosi anda. Jika dirasa anda tidak mampu, mintalah pertolongan kepada orang terdekat maupun professional.

  1. Olahraga & Berjemur

Dewasa ini, mayoritas orang lebih banyak menghabiskan waktu di dalam ruangan ber-AC dan terpaku dalam posisi minim bergerak. Hal ini perlu diseimbangkan dengan olahraga & berjemur. Setidaknya segala kandungan lemak dalam tubuh bisa berubah menjadi energi melalui gerakan-gerakan kecil. Berjemur juga membantu masuknya asupan vitamin D dalam tubuh anda yang membuat tulang jauh lebih kuat.

  1. Istirahat Yang Cukup

Anda perlu memahami kapasitas & kemampuan tubuh anda. Jangan terlalu memaksakan diri untuk bekerja berat. Mulailah dengan jam tidur yang lebih awal dan bangun lebih pagi. Dengan waktu istirahat yang cukup & teratur, tubuh anda akan terasa lebih bersemangat & bugar.

  1. Rutin Medical Check Up

Hal ini mungkin menjadi hal yang menakutkan bagi sebagian orang. Namun, mengetahui perkembangan tubuh bukanlah hal yang buruk. Rutin check-up juga dapat membantu anda mencegah berbagai penyakit yang berpotensi terjadi di masa senja.

Jadi, tunggu apalagi? Investasikan kesehatan dalam persiapan pensiun anda untuk hidup yang lebih sejahtera.

Leave a Reply

Open chat
1
Halo,
Ada yang bisa kami bantu?