Skip to main content

Pendiri Raksasa IT ini seorang Pensiunan. Tahukah Anda Siapa?

By November 26, 2016August 20th, 2020Kisah Inspiratif
konsultan pelatihan pensiun, konsultan pensiun, konsultan masa persiapan pensiun, masa persiapan pensiun, pelatihan pensiun, pelatihan persiapan pensiun, training pensiun, training persiapan pensiun, training masa persiapan pensiun, kunjungan usaha, solusi pensiun, pra pensiun

Tanpa kerja keras dari orang ini, Bill Gates tidak akan bisa mengembangkan PC Microsoft dan membuat PC ada di setiap rumah di dunia, seperti cita-citanya.

Tanpa jasa orang ini, Steve Jobs tidak akan bisa menciptakan Apple Lisa untuk pertama kalinya dan tidak akan ada iMac, iPad dan iPhone seperti sekarang. 

Tanpa adanya orang ini, Andi Rubin tidak akan bisa mengembangkan sistem operasi Android yang sekarang ada di lebih dari separuh smartphone yang ada di dunia. 

Tanpa adanya orang ini, wajah teknologi informasi yang ada dunia, tidak akan seperti sekarang. 

 

Charles Ranlett Flint lahir pada tahun 1850. Flint mendirikan IBM (International Business Machines) pada usianya yang ke 61 tahun. Nama IBM sendiri baru dirubah pada tahun 1924.  Nama lamanya adalah Computing – Tabulating – Recording Company,  yang berdiri pada tahun 1911.

 

Sebagai seorang Pebisnis dan ahli Pendanaan, Flint menyatukan 3 perusahaan untuk membentuk IBM (International Business Machines).  3 perusahaan yang melakukan merger itu adalah :

1) The International Time Recording Company of Endicott, New York;

2) The Computing Scale Company of America, of Dayton, Ohio; dan

3) The Tabulating Machine Company of Washington DC.

Proses merger itu sendiri berjalan sejak tahun 1907 hingga tanggal 6 Juni, tahun 1911.

 

Bagaimana sejarah hidupnya?

 

Pada saat usianya masih 21 tahun, Flint telah menjadi partner dari sebuah perusahaan perkapalan yang bernama New York ships supplies firm. Tahun berikutnya di tahun 1872, Flint menjadi partner dari W.R. Grace & Co, sebuah perusahaan perkapalan umum. Dalam waktu yang tidak lama, Flint telah menangani pesanan bernilai jutaan dolar untuk penjualan mesin penanam tebu dari Peru dan Negara Amerika Latin lainnya.

 

Pada tahun 1876 hingga 1879,  Flint menjadi konsulat dari Negara Chile yang berkantor di kota New York. Pada saat yang sama, ia juga menjadi konsulat jenderal dari PBB untuk Nikaragua dan Kosta Rika.

 

Di tahun 1892, Flint menyatukan banyak perusahaan dalam sebuah merger yang disebut sebagai US Rubber. Bisnisnya tersebar dari berbagai benua. Saat perang antara Spanyol dan Amerika terjadi di tahun 1988, Flint menjadi utusan rahasia dari Amerika Serikat untuk membeli kapal-kapal dari berbagai Negara untuk dirakit menjadi Kapal Perang.

 

Ia juga bekerja sama dengan Wilbur dan Orville Right, pencipta pesawat terbang, untuk menjual pesawat rancangan mereka, dan berbagai hak paten miliki Wright bersaudara lainnya, ke pemerintah Amerika Serikat dan Pemerintah Inggris.

 

Dari berbagai merger yang dilakukannya semasa muda, Flint mempelajari bahwa dengan mengkombinasikan berbagai perusahaan dari keahlian yang berbeda, akan mendatangkan banyak keuntungan. Misalnya bila salah satu produk mengalami tahun penjualan yang buruk, keuntungan dari produk lainnya masih bisa diandalkan untuk mempertahankan perusahaan agar tetap berjalan. Prinsip inilah yang digunakannya untuk membentuk CTR (nama lama dari IBM), pada tahun 1911.

Semakin tua, kemampuannya semakin cemerlang. Kejeniusannya dalam bidang strategi bisnis, keuangan dan pembiayaan, membuat IBM terus berkembang dan membesar, hingga akhirnya menjadi raksasa komputer di dunia. Padahal, ia berusia diatas 50 tahun saat pertama kali mulai  mendirikan IBM.

 

Lalu bagaimana dengan anda yang akan memulai Pensiun?

Jadi, untuk anda yang sudah berusia diatas 30, atau diatas 40, atau diatas 50, jangan merasa surut dalam merintis cita-cita. Karena banyak orang hebat di dunia baru memulai bisnis yang membuat mereka menjadi legenda, di saat usianya mencapai lebih dari 50 tahun.

Charles Ranlett Flint adalah salah satu diantara sekian banyak tokoh di dunia, yang menggapai masa keemasannya diatas usia 50 tahun. Disaat orang-orang lain baru memulai pensiunnya. Bagaimana dengan anda? Sudahkah sekarang anda yakin bahwa kesuksesan tidak dibatasi oleh Usia?

Sukses bisa dimulai kapan saja, dan untuk anda yang akan Pensiun, Sambut Masa Emas anda, dan Raih Impian dengan pengalaman dan jaringan yang anda miliki.

 

Salam Sukses 165!

 

Leave a Reply

Open chat
1
Halo,
Ada yang bisa kami bantu?