Persiapkan Mental Pensiun dengan Mengetahui Fase Kehidupan ini

By March 5, 2020July 6th, 2020Pensiun Bahagia dan Bermakna

Sebagian besar karyawan merasa sudah dekat dengan masa pensiun, namun sebagian lainnya merasa bahwa masa itu masih terlalu jauh. Terlepas dari dua hal yang dirasakan mereka, apakah mereka sudah mempersiapkan mental pensiun tersebut?

Jawabannya mungkin saja belum. Karena jika sudah, rasa cemas berlebih mungkin saja takkan menghampiri.

Sebelum lebih lanjut masuk pada persiapan secara praktiknya, bagaimana kalau kita tahu dulu, apa yang jadi dasar agar kita selalu bisa mempersiapkan mental pensiun?

Informasi dari Atchley (2014), ada beberapa fase kehidupan para pensiunan, dari sebelum masa itu datang hingga sesudahnya. Sudah tahukah Anda akan hal ini?

Jika belum, mari berkenalan lebih jauh sebelum mempersiapkan mental pensiun.

PRE RETIREMENT PHASE

Menjelang masa pensiun, ada beberapa karyawan yang merasa sudah dekat dengan masa itu dan ada pula yang sebaliknya.

HONEYMOON PHASE

Pada fase ini, para pensiunan seperti merasakan euforia usai mendapat SK dan pesangon. Merasa terbebas dari rutinitas.

DISENCHANMENT PHASE

Para pensiunan mulai merasa kosong, depresi, kesepian, kehilangan jabatan, status dan teman kerja. Masa ini adalah masa yang paling kritis.

REORIENTATION PHASE

Fase di mana para pensiunan sudah mulai realistis dengan fakta yang ada dan mulai menata kembali nilai-nilai dan tujuan hidup.

STABILITY PHASE

Usai melewati fase di atas dengan sukses, maka pensiunan akan hidup tentram dan berpegang teguh pada prinsip.

Itu dia fase kehidupan yang biasa dijalani oleh sebagian para pensiunan. Sebagian? Ya, karena sebagian lainnya belum mampu melewati empat fase sebelumnya sehingga fase terakhir masih jauh dari harapan. Itu sebabnya, mental pensiun harus segera disiapkan.

Salah satu cara agar Anda bisa dikatakan siap adalah dengan cara mengikuti training pra pensiun. Di sinilah Masa Persiapan Pensiun (MPP) dari ESQ  siap memfasilitasi proses persiapan Anda. Dengan dibantu oleh mentor-mentor profesional, Anda akan lebih siap untuk menghadapi masa pensiun.

Tak hanya siap secara mental, Anda juga akan diajak untuk mempersiapkan diri secara finansial dan spiritual. Bagaimana? Tertarik dengan hal ini? (Dinda)

Open chat
1
Halo,
Ada yang bisa kami bantu?