Skip to main content

Tips Aktivitas Pensiun (6)

konsultan pelatihan pensiun, konsultan pensiun, konsultan masa persiapan pensiun, masa persiapan pensiun, pelatihan pensiun, pelatihan persiapan pensiun, training pensiun, training persiapan pensiun, training masa persiapan pensiun, kunjungan usaha, solusi pensiun, pra pensiun, persiapan pensiun, pensiun kaya, pensiun dini, tips orang sukses

Masa pensiun bisa jadi sangat membosankan. Rumah menjadi sepi karena anak-anak sudah tinggal di tempatnya sendiri. Walaupun bersama pasangan, bisa jadi anda merasakan kesepian.

 

Agar tidak kesepian, banyak hal yang bisa dilakukan. Apakah itu menambah kegiatan bersama teman, atau mengikuti suatu organisasi dan berperan aktif disana. Tapi, saat mereka semua sudah pulang, anda pun tetap tinggal sendiri. Bagaimana caranya agar tidak sepi?

 

Ada bermacam kegiatan yang bisa dilakukan, agar bisa tetap mengisi waktu dengan produktif di saat memasuki masa persiapan pensiun.  Salah satu diantaranya ada di bawah ini, yaitu :

 

  1. Memelihara Hewan Kesayangan

 

 

Memelihara hewan kesayangan bisa menjadi kegiatan menarik saat masa pensiun. Ada beberapa manfaat dari kegiatan ini. Salah satunya adalah menghindari perasaan stres dan jenuh. Mengamati tingkah lucu hewan bisa menjadi penawar atas perasaan kesepian, dan menghindari kebosanan.

 

Namun, ada sejumlah hal  yang harus anda perhatikan, sehubungan dengan memelihara hewan kesayangan ini :

 

  1. Tes Alergi terlebih dahulu

Namun, jangan jadi berlebihan dalam merawat hewan. Karena, ada juga sejumlah hewan yang tidak bisa terlalu dekat. Anda juga perlu memeriksa apakah anda memiliki alergi terhadap bulu atau air liur hewan tersebut. Karena resiko kesehatan di masa tua bisa berasal dari mana saja.

 

2. Perhatikan Kebersihan hewan dan kandangnya

Hal lain yang juga perlu anda perhatikan adalah kebersihan hewan tersebut. Jangan sampai hewan tersebut mengotori rumah anda. Pastikan rumah tetap bersih dan rapi walaupun ada hewan peliharaan tersebut.

 

3. Awasi bahayanya

Apakah anda membeli kuda atau kucing, keduanya memiliki kelebihan dan bahayanya tersendiri. Ada bahaya fisik yang bisa timbul, yang harus dijaga dengan hati-hati. Jangan pilih hewan beresiko seperti reptil berbisa.

 

4. Sediakan stok makan, minum, obat-obatan, dan pasir untuk kotorannya

Setiap hewan yang anda rawat, memiliki kebutuhan yang harus anda penuhi. Sama seperti sewaktu anda memiliki anak-anak saat kecil. Mereka harus diberi makan secara teratur, dan kotoran mereka harus dibersihkan. Mereka juga harus menerima perawatan yang tepat saat sakit.

 

5. Cek kesehatan hewan secara teratur

Memelihara hewan kesayangan bisa sangat menyenangkan. Namun bisa juga sangat merepotkan, terutama bila mereka sakit. Sejumlah penyakit yang menyerang hewan juga bisa menular pada manusia, dan kadang berbahaya. Sejumlah gigitan hewan bisa mengantarkan penyakit tertentu. Untuk itu, cek lah kesehatan mereka secara teratur.

 

 

Untuk mengikuti tips-tips berikutnya mengenai masa pensiun yang bahagia, sejahtera dan penuh makna, ikuti terus tulisan kami di www.esqmpp.com ini. Untuk mengikuti Pelatihan Persiapan Pensiun dari ESQ MPP, hubungi kami di 021 – 2940 -6969 ext 174, atau kirimi kami email di esqmpp@gmail.com

Salam Pensiun Bermakna

 

Berikut ini Tips Aktivitas Pensiun sebelumnya :

Tips Aktivitas Pensiun 1

Tips Aktivitas Pensiun 2

Tips Aktivitas Pensiun 3

Tips Aktivitas Pensiun 4

Tips Aktivitas Pensiun 5

 

Leave a Reply

Open chat
1
Halo,
Ada yang bisa kami bantu?