Skip to main content

Tips Aktivitas Pensiun (7)

konsultan pelatihan pensiun, konsultan pensiun, konsultan masa persiapan pensiun, masa persiapan pensiun, pelatihan pensiun, pelatihan persiapan pensiun, training pensiun, training persiapan pensiun, training masa persiapan pensiun, kunjungan usaha, solusi pensiun, pra pensiun, persiapan pensiun, pensiun kaya, pensiun dini, tips orang sukses

Ada beragam kegiatan Produktif Memasuki Masa Pensiun, yang bisa membuat anda bersemangat dan mencintai hidup. Salah satunya adalah melalui kegiatan di bawah ini, yang mudah dilakukan, dekat, dan tidak membutuhkan banyak biaya, tapi bisa membuat anda lebih bersemangat dan membuat minat anda tumbuh. Kegiatan apakah itu?

Tips Aktivitas Pensiun (7) :  Berkebun

 

Pada saat pensiun, anda memiliki banyak waktu. Tidak lagi dikejar oleh keharusan untuk bangun pagi setiap hari mengejar bis atau kereta paling pagi. Tidak ada lagi macet di pagi hari. Tidak ada lagi berdesakan di bis atau kereta. Dalam waktu yang lega ini, anda memiliki banyak kesempatan untuk melakukan berbagai hal yang sebelumnya belum menjadi perhatian.

 

Ditambah lagi, banyak orang yang menjadi pengusaha baru dan berhasil, justru di masa pensiun. Kita bisa mengambil contoh pensiunan IBM Indonesia, yang kemudian mendirikan kebun organik. Semula hanya dilakukan di rumahnya, tapi kemudian berkembang dan terus maju hingga akhirnya memiliki dua ladang besar di daerah Bogor dan Bandung.

 

Berkebun, bila dilakukan dengan teratur, bisa sama dengan berolahraga. Karena saat berkebun kita banyak bergerak. Berkebun juga membuat kita dekat dengan alam. Kita jadi terus menerus menghirup oksigen yang dihasilkan oleh pepohonan hijau, selama kita berkebun. Ini membuat badan kita menjadi segar, dan aktivitas saat berkebun juga membuat kita menjadi sehat.

 

Saat berkebun, kita harus mengangkat-angkat pot, memindahkan tanaman, menggali tanah, memotong rumput, menyiangi dedaunan kering, membersihkan kebun dari sampah-sampah, dan lain sebagainya. Aktivitas ini memang melelahkan, tapi mendatangkan banyak kepuasan dan kebahagiaan, selain itu juga membuat kita lebih sehat. Disinyalir bahkan dapat menghindarkan kita dari serangan jantung, stroke dan tekanan darah tinggi.

 

Karena efek menyenangkan yang ditimbulkan, aktivitas berkebun membuat para pensiunan ataupun mereka yang berada di masa persiapan pensiun menjadi turun tingkat stressnya. Karena, masalahnya tidak dirasakan, dan bahkan berkebun menjadi solusi untuk tetap aktif dan menghasilkan.

 

 

Agar menghasilkan, kita bisa memilih tanaman tertentu yang ingin kita besarkan dan perbanyak. Diantaranya adalah tanaman untuk resep masakan korea, eropa atau jepang, yang bernilai ekonomi tinggi. Tanaman-tanaman ini memiliki harga jual hingga ratusan ribu per pot-nya. Bahkan ada juga sejumlah tanaman yang nilainya hingga jutaan rupiah per pot. Mengapa bisa berharga sangat tinggi? Ini karena permintaan yang tinggi dari berbagai restoran asing yang membutuhkan berbagai tumbuhan ini sebagai bahan dalam masakan mereka. Namun perlu diakui, pembelian bibitnya dan pemeliharaanya memang tidak mudah.

 

Untuk yang pemula, kita bisa memulai berkebun dengan belajar dari tanaman yang mudah berkembang, seperti tanaman tomat. Tomat mudah dikembangkan dan menghasilkan buah dalam waktu yang cepat, hanya beberapa bulan saja sudah bisa diperoleh buahnya.

 

Tanaman lain yang berdaya ekonomi tinggi adalah tanaman bunga. Tanaman bunga ini memberikan kepuasan saat menanamnya dan saat bunga-bunga ini telah mekar dengan indah. Rasanya kerja keras kita merawat tanaman dengan penuh kasih sayang selama sekian bulan menjadi terbayar dan kita mendapatkan perasaan yang menyenangkan dan bahagia.

 

Berkebun, bisa menjadi aktivitas yang menghasilkan, bila anda menginginkannya. Ingin tahu caranya? Anda bisa menghubungi kami di email esqmpp@gmail.com atau telepon ke 021 -2940 -6969 ext 174.

Salam Pensiun Bermakna

 

Berikut ini Tips Aktivitas Pensiun sebelumnya :

Tips Aktivitas Pensiun 1

Tips Aktivitas Pensiun 2

Tips Aktivitas Pensiun 3

Tips Aktivitas Pensiun 4

Tips Aktivitas Pensiun 5

Tips Aktivitas Pensiun 6

Leave a Reply

Open chat
1
Halo,
Ada yang bisa kami bantu?