Skip to main content

Tips menghadapi Masa Persiapan Pensiun MPP

By June 22, 2021Article
3 Kesalahan yang Sering Terjadi dalam Rencana Keuangan Pensiun

Masa Persiapan pensiun (MPP) adalah masa yang cukup membuat orang agak khawatir ketika menghadapinya. Namun sebenarnya ada banyak persiapan yang bisa anda lakukan agar bisa masuk ke masa pensiun ini menjadi masa yang lebih menyenangkan, tetap produktif dan juga memberikan anda aktivitas baru.

Untuk anda yang dalam masa persiapan pensiun (MPP) ada beberapa tips yang bisa anda lakukan. Sehingga anda bisa memahami bagaimana cara untuk menyikapi masa pensiun yang dihadapi secara langsung.

Sudah memiliki kegiatan yang berarti

Anda harus menentukan sendiri untuk memiliki aktivitas yang bermakna, sehingga anda bisa selalu bergerak dan melakukan kegiatan. Sangat penting untuk sebisa mungkin menghindari tindakan yang tidak terlalu bermanfaat dan membuang waktu. Karena secara tidak langsung ini akan membuat anda menjadi stress, stroke dan juga menimbulkan penyakit lainnya. Penting untuk anda memikirkan aktivitas yang bermakna dan sesuai dengan apa yang anda inginkan. Sehingga masa pensiun anda akan lebih berarti.

Jangan Minder Karena Tidak Bekerja

masa persiapan pensiun mpp terkadang membuat beberapa orang mamasuki dalam fase yang membuatnya menjadi tidak percaya diri lagi sehingga menyebabkan minder. Apalagi jika anda yang selama ini memiliki jabatan penting di dalam sebuah perusahaan. Penting untuk anda untuk tidak minder dengan kondisi anda tidak bekerja lagi. Secara sederhana yang harus anda pikirkan adalah tiap orang nantinya akan masuk di masa seperti anda saat ini. Hanya saja waktunya yang berbeda, jadi tak perlu untuk merasa minder karena sudah tidak bekerja lagi.

Hati – hati menggunakan uang pensiun

Ketika anda masuk ke masa persiapan pensiun mpp maka anda akan menerima uang pensiun secara teratur dari perusahaan atau instansi tempat anda bekerja. Beberapa dari anda mungkin akan lebih banyak menggunakannya untuk berbelanja dari uang yang didapatkan. Namun yang terpenting adalah anda harus tetap berhemat dalam berbelanja. Terkadang karena masih memiliki ada uang, ada keinginan dalam diri untuk membelanjakannya entah itu untuk makanan atau pakaian. Yang harus anda sadari adalah uang sangat cepat menguap. Sehingga jika anda tidak berhati – hati maka uang pensiun anda akan cepat habis dalam waktu beberapa bulan atau bahkan mungkin bisa lebih cepat. Jadi anda harus hati – hati ketika menggunakan uang pensiun.

Waspada dengan Godaan Investasi

Saat anda masuk ke masa persiapan pensiun mpp biasanya akan ada banyak orang yang mulai untuk menawarkan investasi pada anda. Walaupun ada yang benar – benar memberikan tawaran investasi, namun sebagian besar juga ada yang merupakan investasi “bodong”. Jika anda memang sangat tertarik untuk melakukan investasi. Maka usahakan untuk anda mulai mempelajarinya dan juga lakukan penelitian kecil terhadap investasi yang benar – benar anda minati. Setidaknya, lakukan investasi jika anda memang memiliki informasi yang tepat dari nilai investasi tersebut. Lakukan pencarian informasi dengan detail untuk menghindari kemungkinan penipuan. Selain itu, tak ada bagi anda melakukan konsultasi pada pihak ketiga yang profesional dalam bidang keuangan dan investasi sehingga anda akan mendapatkan konsultasi keuangan dalam melakukan investasi. Dengan demikian Anda akan merasakan pensiun penuh makna di usia tua.

Nah itulah beberapa hal yang bisa menjadi bahan pertimbangan anda dalam masa persiapan pensiun MPP. Persiapan ini penting dilakukan untuk menghilangkan rasa khawatir anda di masa pensiun dan membuat masa pensiun anda menjadi lebih bermakna.

Leave a Reply

Open chat
1
Halo,
Ada yang bisa kami bantu?