Skip to main content

Tips Persiapan Pensiun Karyawan Swasta

By December 6, 2021Article

Seberapa baik Anda mempersiapkan pensiun sejak saat ini akan memengaruhi kehidupan Anda di masa tua nanti. Apalagi, Anda tentu ingin tetap hidup tenang, nyaman, dan bahagia sambil menikmati masa pensiun, kan?

Oleh karena itu, jelas bahwa Anda perlu lakukan persiapan pensiun karyawan swasta sedini mungkin. Bahkan, persiapan masa pensiun sudah diperlukan bahkan meskipun Anda baru menginjak usia 20an atau 30an, lho!

Mengapa? Karena makin dini Anda mulai siapkan masa pensiun, makin baik. Dan berikut ini adalah 5 tips utama persiapan pensiun karyawan swasta yang perlu Anda ketahui dan terapkan. Apa saja?

Pahami Pentingnya Persiapan Pensiun

Sebelum tahu bahwa persiapan pensiun karyawan swasta penting, Anda perlu sadar dan paham dulu mengapa Anda perlu melakukannya. Dengan begitu, Anda bisa rencanakan pensiun dengan kesadaran sendiri, dan bukan karena ikut-ikutan orang lain.

Secara garis besar, persiapan pensiun Anda butuhkan sebagai jaminan hidup tenang dan nyaman di masa tua. Pasalnya, meskipun Anda nanti sudah tak lagi aktif bekerja, keuangan Anda tetap aman. Jadi, Anda tetap bisa memenuhi kebutuhan sehari-hari dan keluarga, plus mempertahankan gaya hidup Anda selama ini.

Pahami Risiko Keuangan

Ketahui pula bahwa hidup tak akan pernah lepas dari risiko, termasuk risiko yang mengancam kesehatan hingga nyawa. Dan untuk meminimalisir risiko-risiko tersebut, sayangnya menabung saja tidaklah cukup.

Oleh karena itu, Anda juga perlu lakukan diversifikasi. Salah satunya adalah dengan mendapatkan produk asuransi, seperti asuransi jiwa, aset, atau kesehatan untuk melindungi aset-aset berharga Anda, termasuk diri sendiri.

Belajar Keterampilan Baru

Tak pernah ada kata terlambat untuk belajar hal-hal maupun keterampilan baru. Malah jauh lebih baik jika Anda belajar sedari sekarang mumpung masih muda. Apalagi jika keterampilan tersebut akan Anda jadikan sebagai bekal di masa pensiun nanti.

Keterampilan baru yang Anda pelajari bisa Anda manfaatkan sebagai peluang usaha setelah masuk usia pensiun nanti. Atau bisa juga Anda pelajari sebagai aktivitas untuk mengisi waktu di masa tua demi menjaga kesehatan mental Anda.

Mulai Usaha Sampingan

Saat ini, Anda barangkali bisa menjalani aktivitas dengan tenang karena ada penghasilan tetap dengan status Anda sebagai karyawan. Meski begitu, bukan berarti “kemapanan” tersebut jadi alasan untuk tidak memulai bisnis sendiri.

Malah mumpung ketika Anda masih muda dan mapan, Anda sebaiknya segera mulai rencanakan untuk memulai bisnis sampingan. Selain jadi sumber penghasilan tambahan untuk dana persiapan pensiun, bisnis ini bisa Anda jadikan kegiatan utama setelah pensiun nanti. 

Terlebih lagi, menjalankan usaha di masa pensiun akan mendorong Anda untuk tetap aktif secara fisik maupun pikiran. Jadi, risiko stres yang timbul karena perasaan ‘tidak berguna’ atau ‘tidak bisa melakukan apa-apa’ bisa ditekan, dan Anda juga bisa terus berinteraksi dengan orang lain.

Ubah Mindset Anda

Karena masih muda, Anda barangkali jadi berpikiran kalau inilah kesempatan terbaik untuk melakukan banyak hal. Meskipun pemikiran tersebut tak ada salahnya, pastikan bahwa Anda tidak kebablasan.

Misalnya menggunakan gaji untuk foya-foya dan mengabaikan pentingnya perencanaan keuangan. Walaupun tak ada salahnya jika Anda menggunakan uang untuk keinginan pribadi, Anda tetap harus merencanakan masa depan sejak dini.

Jajan boleh, tapi jangan keterusan sampai Anda lupa diri. Selalu rencanakan keuangan Anda dengan bijak dan perhatikan kebutuhan Anda di masa depan nanti dengan menabung, berinvestasi, dan memiliki asuransi.

Leave a Reply

Open chat
1
Halo,
Ada yang bisa kami bantu?