3 Kesalahan yang Sering Terjadi dalam Rencana Keuangan Pensiun

By February 20, 2020July 6th, 2020Keuangan Pensiun
3 Kesalahan yang Sering Terjadi dalam Rencana Keuangan Pensiun

3 Kesalahan yang Sering Terjadi dalam Rencana Keuangan Pensiun

Berbicara soal keuangan, agaknya akan jadi menakutkan ketika memasuki usia pensiun. Tak hanya membicarakannya, beberapa orang bahkan seringkali tak ingin memikirkannya. Inilah yang menyebabkan orang akhirnya banyak melakukan kesalahan ketika membuat rencana keuangan pensiun. Kurangnya kesadaran dalam mempersiapkan diri membuat rencana tersebut banyak mengandung error.

Dikutip Sixty and Me, ada empat kesalahan yang sering terjadi ketika orang membuat rencana keuangan
pensiun. Apa saja hal tersebut?

Emosional ketika membuat perencanaan
Emosional di sini bukan selalu berarti dalam keadaan marah. Artinya, mereka tidak dalam keadaan rasional ketika membuat perencaaan. Ini membuat mereka gagal memisahkan mana yang merupakan kebutuhan dan keinginan.
Tentu saja Anda harus membuat prioritas kebutuhan. Jangan membuat keputusan untuk meprioritaskan hal yang bukan merupakan kebutuhan Anda.

Salah dalam Perencanaan
Anda harus merencanakan keuangan untuk pensiun dengan sebaik mungkin. Sebelumnya, Anda bisa mempelajari rencana keuangan ini dengan mencari financial advisor atau mengikuti berbagai pelatihan khusus untuk para pensiunan.

Duduk dengan seorang advisor mungkin menakutkan untuk Anda. Tapi merencanakan keuangan setahun dan dua tahun sebelum memasuki masa pensiun tentu saja hal yang sangat penting.

Terlalu cemas
Banyak orang yang terlalu cemas sehingga tidak bisa fokus pada perencaaan keuangan saat pensiun nanti. Mereka sudah dibayang-bayangi oleh kegagalan orang yang sudah pensiun lebih dulu. Ini membuat mereka semakin ketakutan dalam melakukan perencanaan atau bahkan memikirkannya.

Padahal, kegagalan tersebut takkan terjadi bila kita bisa melakukan perencanaan dengan pikiran jernih dan matang. Itu sebabnya, terlalu cemas adalah kesalahan selanjutnya dalam membuat rencana keuangan pensiun.

Lantas harus bagaimana?

Banyak orang yang datang pada advisor hanya untuk mengetahui bahwa kondisi keuangan mereka dalam keadaan baik. Padahal seharusnya, mereka bisa membuat perencaaan agar kelak bisa menyambung hidup selama masa pensiun.

Sebagian orang juga hanya berpikir bahwa mereka akan selamat di masa pensiun hanya dengan menabung. Setelah itu, mereka akan menyesuaikan diri mereka setelah pensiun nanti. Padahal, ada banyak cara untuk meningkatkan taraf hidup seorang pensiun.

Itu sebabnya, perlu diperhatikan bahwa mendatangi advisor adalah salah satu cara terbaik untuk mengehilangnya kecemasan dan membuat rencana keuangan pensiun.

Sumber: https://sixtyandme.com/4-money-mistakes-most-people-make-in-the-year-before-retirement-
and-how-to-avoid-them/

Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda

3 Kesalahan yang Sering Terjadi dalam Rencana Keuangan Pensiun

Leave a Reply

Open chat
1
Halo,
Ada yang bisa kami bantu?