Skip to main content

3 Manfaat Penting Pelatihan Persiapan Pensiun

By July 17, 2021Article
Tips Persiapan sebelum Pensiun Sibukkan Diri Anda dengan Hal ini

Saat memasuki masa pensiun, berbagai upaya dilakukan agar kesejahteraan terjamin salah satunya mengikuti pelatihan dalam mempersiapkan masa pensiun nanti. Kira-kira manfaat yang akan didapatkan apa saja ya?Yuk, kita simak manfaatnya!

Manfaat Pelatihan Menjelang Masa Pensiun

Pelatihan persiapan masa pensiun menjadi salah satu opsi yang dilakukan bagi para karyawan yang sudah mendekati masa pensiunnya. Tapi apakah boleh yang usianya masih muda mengikuti pelatihan? Tentu boleh, dong! Menariknya, memulai sejak dini justru strategi yang sangat cerdas untuk menyambut masa pensiun Anda di kemudian hari. Upaya ini, sebenarnya muncul untuk memberikan kesadaran bagi masyarakat dalam  mempersiapkan diri, agar masa pensiun tidak dilihat lagi sebagai tahap kehidupan yang negatif, tetapi menjadikan peluang dalam hal apa saja sebagai sesuatu yang positif.

Faktor utama dari munculnya kecemasan dan ketakutan saat diperhadapkan dengan kata pensiun, adalah masalah keuangan,kebutuhan pokok, serta hubungan. Padahal hal ini muncul, dikarenakan tidak adanya perencanaan yang matang. Nah, dengan adanya pelatihan ini selain Anda diberi bekal untuk mempersiapkan diri,pastinya terdapat beberapa manfaat yang sangat penting untuk menyambut masa pensiun tersebut.

  1. Mempelajari skill baru

Salah satu yang menjadi kecemasan dalam memasuki masa pensiun adalah merasa sudah tidak pantas lagi untuk mempelajari hal baru. Nyatanya, memasuki masa pensiun justru adalah waktu yang sangat tepat untuk hal tersebut. Dengan mengikuti pelatihan persiapan masa pensiun, Anda dapat mencari tahu kegiatan atau skill apa yang ingin Anda pelajari atau kembangkan. Pelajari hal baru sebanyak mungkin,sehingga pikiran Anda dapat melihat hal tersebut, tidak hanya sekedar hobi dalam mengisi waktu luang, tetapi dapat dijadikan sebagai peluang bisnis yang bisa memberikan penghasilan bagi Anda. Jadi, jangan takut untuk memulai ya!

  1. Memiliki persiapan dalam aspek kesehatan

Tidak jarang, jika memasuki masa pensiun orang-orang cenderung merasa jauh lebih lelah baik secara fisik, maupun emosional. Hal ini dapat terjadi karena pengaruh psikologis yang sedang terjadi di dalam diri Anda. Jadi, jangan bingung ketika aktivitas tidak terlalu berat tapi, tubuh gampang capek dan stres. Maka dari itu, mengapa penting mengikuti pelatihan persiapan masa pensiun, agar pikiran dan tubuh Anda tidak merasa terkejut dengan perubahaan gaya hidup yang akan dihadapi.

  1. Mempersiapkan finansial

Tidak hanya memperhatikan kesejahteraan pribadi, tetapi bagi keluarga yang juga merupakan faktor yang perlu dipersiapkan untuk masa pensiun nanti. Terutama dalam hal finansial. Nah,berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam mempersiapkan hal tersebut

  • Menghindari cicilan dalam jangka panjang
  • Melakukan investasi sejak dini
  • Mempersiapkan dana darurat
  • Menghitung perkiraan kebutuhan biaya pensiun
  • Membuka usaha sampingan

Jika sudah memperhatikan hal tersebut, Anda tidak perlu cemas lagi mengenai kesejahteraan untuk keluarga.

Menjelang Masa Pensiun

Menjelang masa pensiun, bukan berarti perjalanan Anda berhenti saat tidak bekerja di sebuah perusahaan atau tempat dimana  Anda mengabdi sebelumnya. Pengalaman buruk yang dialami seseorang saat menghadapi masa pensiun, mungkin membuat Anda menjadi cemas sehingga menjadikan hal tersebut tolak ukur bagi Anda. Justru, dengan pengalaman tersebut mari jadikan pembelajaran untuk lebih mempersiapkan masa tua nanti dengan pelatihan persiapan masa pensiun, karena manfaat yang akan dirasakan sangat berguna untuk bekal di kemudian hari. Tidak perlu menunggu sampai mendekati usia lanjut. Jika Anda bisa mulai dari sekarang, kenapa tidak? Jadi, jangan lupa untuk mempersiapkan diri ya!

Leave a Reply

Open chat
1
Halo,
Ada yang bisa kami bantu?