Skip to main content

5 Ide Usaha Persiapan Pensiun untuk Hari Tua yang Lebih Baik

By June 29, 2021Article

Apakah Anda sudah mulai memikirkan tentang usaha persiapan pensiun? Mempersiapkan pensiun memang sebaiknya dilakukan sedini mungkin. Apa pun yang berkaitan dengan finansial tidak bisa dilakukan secara mendadak.

Lalu, apa yang tersirat di pikiran Anda untuk menjalani hari-hari pensiun? Usia pensiun tentu saja bukan usia muda lagi. Maka dari itu, Anda perlu memiliki usaha yang tidak mengharuskan kerja keras bagai kuda.

Di bawah ini, kami punya lima ide usaha ketika Anda pensiun nanti. Merintisnya dari sekarang adalah ide yang bagus, apalagi jika Anda sudah bebas secara finansial saat ini. Seperti yang dikatakan sebelumnya, merencanakan pensiun sebaiknya dilakukan sedini mungkin.

1. Kos dan kontrakan

Salah satu ide usaha paling populer dan tidak makan banyak tenaga adalah memiliki kos dan kontrakan. Tentu saja diperlukan survey yang matang sebelum memulai usaha ini. Area di mana banyak perkantoran atau sekolah adalah tempat yang ideal untuk membangun rumah kos dan kontrakan.

Modal yang diperlukan memang tidak sedikit. Namun berdasarkan fakta, balik modal untuk rumah kos dapat dirasakan dalam waktu yang relatif singkat. Maka dari itu, jika saat ini Anda masih bekerja dan merdeka secara finansial, menyicil untuk membangung kos-kosan adalah ide yang baik.

2. Ternak

Memulai usaha ternak adalah salah satu usaha persiapan pensiun yang perlu Anda persiapan. Apalagi jika Anda memiliki lahan yang cukup dan jauh dari hiruk pikuk kota, beternak adalah pilihan usaha yang cerdas.

Ternak lele adalah salah satu pilihan yang banyak diminati. Lele cenderung mudah dibiakkan dan tidak memerlukan fasilitas kolam yang muluk-muluk. Bahkan Anda dapat memulai bisnis ini dengan menggunakan tong besar dan plastik terpal.

Jika lahan yang dimiliki luas, Anda bisa beternak ayam, sapi, kambing, bebek, dan lain sebagainya. Jual-beli hewan hias juga bisa menjadi alternatif lain, seperti burung kicau, ikan hias, dan lain sebagainya.

3. Franchise

Untuk Anda yang memiliki jiwa berdagang namun tidak mau pusing dengan memulai dari nol, franchise atau waralaba adalah usaha yang cocok untuk Anda. Yang perlu Anda lakukan adalah memantau perkembangannya sehingga tetap menghasilkan untung.

Franchise memerlukan modal yang relatif kecil karena sejatinya Anda hanya menjualkan sesuatu yang sudah punya nama. Mungkin Anda masih perlu mencari karyawan, namun setelahnya Anda tidak perlu melakukan apa-apa.

4. Agen travel

Apakah Anda menyukai interaksi sosial dengan manusia lain? Jika jawabannya adalah ya, Anda perlu mempertimbangkan agen travel sebagai bisnis setelah pensiun.

Travel adalah bisnis yang banyak peminatnya, terlebih jika Anda menawarkan perjalanan ibadah. Untuk melakukan bisnis ini, Anda tidak perlu memiliki armada sendiri. Yang perlu Anda lakukan adalah menjalin kerja sama dengan penyedia transportasi.

Seperti yang disebutkan sebelumnya, Anda hanya perlu menyukai bicara dengan orang lain. Bisnis agen travel memaksa Anda terhubung dengan banyak orang dari banyak kalangan.

5. Toko kelontong

Jika Anda tinggal di lingkungan yang padat penduduk namun jauh dari pusat ekonomi, membuka toko kelontong adalah ide yang bagus. Namun Anda juga harus siap menerima banyak masyarakat di sekitar rumah Anda.

Produk yang biasanya di jual di toko kelontong adalah gula, garam, minyak, beras, sabun, dan kebutuhan sehari-hari lainnya. Tentu Anda memerlukan tempat yang cukup untuk menampung stok dan mendisplay barang jualan.

Karena modal yang diperlukan relatif kecil, Anda dapat memfokuskan diri untuk menjual benda harian yang banyak dibutuhkan. Dengan begitu, Anda memiliki banyak referensi untuk memulai usaha persiapan pensiun.

Leave a Reply

Open chat
1
Halo,
Ada yang bisa kami bantu?