Skip to main content

5 Tahap Pensiun

By April 19, 2022Article

Jika Anda mulai mempertimbangkan untuk pensiun, Anda mungkin memiliki banyak persepsi di kepala Anda mengenai transisi yang akan datang. Sangat penting untuk mempertimbangkan tahap emosional pensiun sebelum memutuskan untuk melakukannya. Mungkin adil untuk mengatakan bahwa Anda merasakan campuran kegembiraan dan gentar.

Transisi dalam hidup datang dengan berbagai emosi—dan pensiun adalah perubahan yang signifikan. Pensiun terjadi dalam tahap emosional. Di bawah ini adalah lima tahap emosional pensiun yang paling umum yang mungkin akan Anda hadapi ketika Anda pensiun:

Tahap 1: Perencanaan

Dalam fase perencanaan, Anda mulai mengevaluasi kapan Anda harus pensiun. Anda harus menguji imajinasi Anda, memutuskan di mana Anda ingin pensiun dan berapa banyak uang yang perlu Anda siapkan.

Saat Anda merencanakan transisi yang akan datang, penting untuk meluangkan waktu mempersiapkan diri Anda secara emosional juga. Pensiun adalah perubahan yang signifikan, dan Anda tidak ingin melakukannya sampai Anda tahu bahwa Anda benar-benar siap. Tetapkan beberapa tujuan dan harapan untuk masa pensiun Anda untuk mengetahui bahwa Anda tidak berjalan buta. Dengan melakukan itu, Anda tidak akan datang tanpa persiapan.

Tahap 2: Kegembiraan

Semakin dekat Anda dengan masa pensiun, Anda mungkin mulai bersemangat. Anda telah merencanakan selama bertahun-tahun—dan sekarang saatnya untuk bersemangat tentang semua pengalaman baru yang akan Anda dapatkan.

Sebagai antisipasi membangun pensiun Anda, juga umum untuk memiliki beberapa ketidakpastian dalam tahap ini. Anda mungkin bertanya-tanya siapa Anda di luar semua tanggung jawab yang telah menentukan Anda—tetapi itulah salah satu hal yang paling menarik tentang masa pensiun. Anda bisa menjadi siapa pun yang Anda inginkan di bagian hidup Anda ini. Kemungkinannya tidak terbatas, dan Anda akan menghitung mundur hari-hari hingga pensiun secara resmi dimulai.

Tahap 3: Bulan Madu

“Bulan Madu” terjadi dalam banyak transisi kehidupan—bukan hanya masa pensiun. Pada awal masa pensiun Anda, Anda mungkin akan telena dalam semua peluang yang tiba-tiba tersedia bagi Anda. Anda dapat mempelajari hobi baru, mengunjungi keluarga Anda, atau bepergian ke tempat-tempat yang belum pernah Anda kunjungi. Anda akan mendapatkan istirahat yang sangat dibutuhkan dan menikmati masa pensiun Anda pada tahap ini.

Sayangnya, tahap Bulan Madu tidak berlangsung selamanya. Setelah sekitar satu tahun, Anda mungkin mulai mengidentifikasi keinginan untuk sesuatu yang lebih mendalam.

Tahap 4: Kekecewaan

Pada titik ini di masa pensiun, Anda mungkin mulai berpikir bahwa pensiun tidak semenyenangkan yang Anda harapkan. Hanya ada begitu banyak hobi yang dapat Anda pelajari dan tempat-tempat yang dapat Anda kunjungi sebelum semuanya mulai terasa sama lagi. Kekecewaan ini terkadang disertai dengan perasaan tidak berarti atau depresi yang lebih parah. Pada tahap ini, sangat penting untuk meminta bantuan jika Anda membutuhkannya. Bicaralah dengan keluarga dan teman-teman Anda tentang perasaan Anda, dan mintalah mereka membantu Anda mencari cara untuk menciptakan rasa memiliki tujuan lagi. Ini mungkin saat yang tepat untuk berinvestasi dalam sesuatu yang lebih besar dari diri Anda sendiri—Anda dapat menjadi sukarelawan di organisasi lokal atau bahkan mempertimbangkan untuk melanjutkan pendidikan Anda.

 

Tahap 5: Reorientasi & Stabilitas

Ini adalah fase terakhir dari emosi pensiun, dan ini mengikat semua tahap sebelumnya. Anda dapat kembali ke rencana pensiun awal Anda dan mengevaluasi tujuan dan harapan Anda untuk pensiun. Dengan keluarnya Honeymoon Stage dan kenyataan yang terjadi, Anda dapat benar-benar mulai merangkul bagian hidup Anda ini, menyeimbangkan pengalaman menarik Anda dengan pengalaman Anda yang bermakna.

Apa yang ingin Anda capai? Bagaimana Anda akan melakukannya? Anda akan melihat gambaran yang lebih besar saat Anda mengarahkan kembali diri Anda dalam transisi ini. Di tahun-tahun emas Anda, Anda akan merasa lebih stabil dan menerima fase kehidupan baru ini.

Transisi ke Pensiun

Saat Anda bersiap untuk pensiun, mengetahui apa yang akan datang bisa membantu, tetapi juga bisa sedikit menakutkan. Tentu, Anda mungkin bersemangat untuk fase bulan madu — tetapi bagaimana dengan tahapan yang datang sesudahnya? Di ESQ MPP, kami ingin memastikan Anda tidak melalui transisi ini sendirian. Pelatih kami berpengetahuan luas dan berpengalaman dan akan membantu Anda mempersiapkan rencana pensiun yang lebih baik.

Leave a Reply

Open chat
1
Halo,
Ada yang bisa kami bantu?