Skip to main content

Adaptasi dengan Fase Pensiun

By November 25, 2016August 20th, 2020Pensiun Bahagia

Turner & Helms (1987), menyatakan bahwa seseorang perlu untuk beradaptasi dengan fase pensiun dalam hidup mereka, termasuk diantaranya beradaptasi dengan aspek psikologis, finansial, dan sosial. Sejalan dengan riset dari Wolman & Striker (1994), bahwa bila seseorang mengalami kecemasan, kemampuannya untuk berpikir dan bertindak menjadi menurun.

Training Masa Persiapan Pensiun yang baik, haruslah dapat membantu pesertanya untuk bisa melakukan adaptasi dalam 3 aspek ini :
– Psikologis
– Finansial
– Sosial

Mengapa Adaptasi diperlukan? Karena, Masa Pensiun menyebabkan perubahan dalam 3 aspek diatas. Perubahan Psikologis timbul karena pensiunan tidak lagi bekerja dan tidak memiliki jabatan. Ada berbagai hal yang bisa timbul dari perubahan ini.

Perubahan finansial timbul karena pensiunan tidak lagi memperoleh pendapatan yang bersifat tetap tiap bulannya. Bila pun menerima uang pensiun bulanan, jumlahnya jauh berkurang dibanding dari sebelumnya. Karena itu, Masa Persiapan Pensiun harus disiapkan dengan sebaik-baiknya.

Perubahan apa saja yang dihadapi setelah Masa Pensiun?

Aspek sosial berubah, karena setelah pensiun, jumlah teman yang tadinya banyak danberinteraksi dengan intens, menjadi berkurang. Pensiunan pun dihadapkan pada kenyataan bahwa ia sekarang harus menjalin pola interaksi yang baru, dengan orang-orang di sekitarnya, yang sebelumnya mungkin tidak dekat.

Sejumlah pensiunan yang terbiasa bergaul dengan banyak orang, akan memiliki keterampilan yang baik dalam menghadapi persoalan sosial. Namun belum tentu ia dapat mengatasi persoalan finansial. Untuk itulah Masa Persiapan Pensiun harus disiapkan dengan sebaik-baiknya.

Seorang pensiunan dengan keterampilan intrapersonal yang baik, akan bisa me-manage dirinya dengan baik agar perubahan psikologis yang terjadi tidak membuatnya cemas atau depresi. Namun tidak semua orang memiliki keterampilan ini. Sejumlah pensiunan malah jatuh sakit dan menjadi pendiam hingga cenderung depresi, saat waktu pensiunnya menjadi semakin dekat.

Dan, seorang pensiunan yang terbiasa mengelola keuangan, akan bisa mengatasi masalah berkurangnya dana bulanan. Namun, ia tetap harus memutar otak apabila ada hal besar yang terjadi seperti pernikahan anak, terjadinya musibah atau penyakit, dan lain-lain.

Pada Training ESQ Masa Persiapan Pensiun, kami membantu peserta untuk mengatasi masalah yang bisa terjadi pada tahap Adaptasi terhadap Pensiun. Kami menawarkan Solusi Integratif dengan memecah akar masalah dan menghadirkan langkah-langkah yang bisa diambil peserta untuk mempermudah adaptasinya.

Untuk keterangan lengkap mengenai Training Persiapan Pensiun dengan Metode Terbaik dan Solusi Integratif, hubungi kami di : 021-2940-6969 ext 174 (Irna)

Leave a Reply

Open chat
1
Halo,
Ada yang bisa kami bantu?