Skip to main content

Apa Itu MPP Masa Persiapan Pensiun?

By July 13, 2021Article

Setiap orang yang produktif bekerja pastinya akan memasuki masa purna tugas atau pensiun. Biasanya akan ada masa menjelang pensiun yang harus Anda lakukan untuk melakukan dan mempersiapkan diri sebelum masa pensiun tiba. MPP masa persiapan pensiun ini biasanya dilakukan 1 tahun sebelum pensiun. Tetapi, untuk lebih jelasnya, inilah beberapa penjelasan terkait MPP.

Mengenal MPP Masa Persiapan Pensiun 

Bagi Anda yang ingin memasuki masa pensiun, pastinya tak asing lagi dengan istilah MPP. Apa itu MPP? MPP adalah masa persiapan pensiun yang merupakan waktu yang akan diberikan kepada pegawai entah swasta ataupun sipil selama 1 tahun sebelum masa pensiun. Hal ini diberikan untuk memberikan kesempatan bagi pegawai untuk mempersiapkan diri menjelang masa pensiun tiba. Waktu persiapan pensiun ini biasanya diisi dengan kegiatan-kegiatan yang berguna untuk memasuki masa pensiun Anda sehingga Anda jauh lebih produktif dan terampil saat pensiun.

Kapan MPP Masa Persiapan Pensiun? 

Pegawai Negeri Sipil biasanya memiliki MPP masa persiapan pensiun yang jelas dan tertata sesuai dengan undang-undang. Hal ini dikarenakan para pegawai tersebut terikat dengan negara dan bangsa Indonesia sehingga harus menjalankan pekerjaan dan segala sesuatu berdasarkan undang-undang. Kapan MPP bagi Pegawai Negeri Sipil bisa diambil? MPP adalah suatu periode atau rentang waktu yang akan diberikan kepada PNS selama kurun waktu satu tahun menjelang masa pensiun tiba. Pemberian waktu ini bertujuan agar para pegawai bisa melakukan berbagai persiapan sebelum masa pensiun tiba dengan hal-hal yang bermanfaat.

Selama MPP, biasanya seorang Pegawai Negeri Sipil akan memiliki sedikit kelonggaran dan kebebasan tugas atau pekerjaan yang biasanya dilakukan.

Untuk memperoleh MPP ini, biasanya Anda harus mengajukan prosedur pengajuan yang dilakukan enam bulan sebelum masa pensiun. Lalu, Anda akan menerima surat tugas yang isinya menyatakan bahwa Pegawai Negeri Sipil itu akan dibebastugaskan dari tugas-tugasnya tetapi dengan tetap menerima hak sebagai pegawai yaitu gaji pokok dan tunjangan secara penuh. MPP masa persiapan pensiun ini adalah suatu opsi yang mana Anda bisa mengambil kebijakan tersebut ataupun tidak tergantung dari keinginan sendiri.

Peraturan yang berlaku saat ini yang dikeluarkan oleh BKN, batas usia PNS pensiun adalah awalnya 56 tahun dan diperpanjang 2 tahun menjadi 58 tahun. Bila Anda ingin mengajukan MPP, maka di usia 56 tahun Anda bisa mencoba mengajukan MPP. Di peraturan tersebut sudah jelas, bagi PNS yang mencapai batas usia pensiun sebelum dibebastugaskan secara hormat sebagai aparatur sipil negara maka bisa mengambil masa persiapan pensiun dan dibebaskan dari pekerjaan dan tugas sebagai ASN.

Pelatihan di MPP Masa Persiapan Pensiun 

Untuk mengisi waktu di MPP masa persiapan pensiun, maka Anda bisa mengasah keterampilan dan kemampuan. Anda bisa mengikuti pelatihan di masa persiapan pensiun tersebut. Apa saja hal-hal yang bisa dilakukan? Pelatihan ini akan membantu Anda lebih bahagia dan terarah saat memasuki masa pensiun. Biasanya Anda akan melakukan pelatihan mengelola dana pensiun agar Anda bisa lebih bijak dalam mengelola dana pensiun tersebut. Kemudian, Anda juga akan mendapatkan pelatihan kewirausahaan sebagai penghasilan di masa pensiun. Tak hanya itu, Anda juga akan mengenal bisnis online dan produk investasi online sebagai sarana tepat bila ingin berbisnis saat masa pensiun tiba. Itulah tadi beberapa hal bermanfaat yang bisa dipersiapkan di MPP masa persiapan pensiun.

Leave a Reply

Open chat
1
Halo,
Ada yang bisa kami bantu?