Skip to main content

Apa Saja Materi Penting dalam Pelatihan Persiapan Pensiun

By October 21, 2021Article

Sebagian besar masyarakat Indonesia akan mengakhiri masa kerja / pensiun di kisaran usia yang telah menginjak 50 hingga 60 tahun. Namun faktanya, hal ini membuat tak sedikit orang memikirkan beberapa faktor penting yang harus diperhatikan dalam mengikuti pelatihan persiapan pensiun. Oleh karena itu, bagi karyawan yang memasuki masa pensiun perlu memperhatikan beberapa materi penting yang bisa Anda simak sebagai berikut. 

Mengapa pelatihan persiapan pensiun perlu bagi karyawan?

Banyak orang yang belum paham dan mengetahui lebih jauh mengenai pentingnya pelatihan persiapan pensiun bagi diri sendiri di masa mendatang. Padahal jika Anda tahu secara lebih detail, pelatihan ini dapat menunjang berbagai manfaat dalam kehidupan sehari – hari di lingkungan sosial. Alasan mengenai mengapa pelatihan pensiun penting bagi karyawan karena hal ini dapat memberikan kesiapan fisik, mental dan spiritual bagi karyawan. 

Selain itu, dengan adanya pelatihan persiapan pensiun ini juga mampu merubah pemikiran karyawan untuk bisa bersikap lebih mandiri ke depannya. Bahkan, karyawan juga akan lebih mampu dalam mengatur dan mempersiapkan perencanaan pensiun lebih baik di masa depan. Sehingga, para karyawan yang telah pensiun akan mendapatkan wawasan dan pengetahuan terbaik ketika sudah tidak bekerja lagi di perusahaan tersebut. 

Apa saja materi pelatihan persiapan pensiun?

Secara umum, materi yang Anda dapatkan ketika mengikuti pelatihan persiapan pensiun ini yakni meliputi hal – hal sebagai berikut ini :

  • Materi tentang motivasi hidup yang lebih baik

Biasanya, layanan pelatihan seperti ESQ MPP atau bisa Anda kunjungi di alamat website http://esqmpp.com/  akan memberikan motivasi dalam berbagai hal. Seperti halnya memberikan wawasan mengenai cara investasi di masa pensiun bagi Anda untuk mendapatkan penghasilan di usia tua. Hal ini tentu akan memupuk keyakinan diri untuk berani dalam berinvestasi di masa pensiun. 

  • Materi tentang kesejahteraan hidup diri sendiri

Di materi ini, Anda akan mendapatkan wawasan dan pengetahuan mengenai kesejahteraan hidup yang berhubungan dengan pentingnya menjaga kesehatan diri sendiri. Yakni mulai dari pengetahuan proses penuaan dan perubahan fisik, kesehatan mental dan spiritual, serta berbagai macam pengetahuan lainnya. 

  • Materi tentang kestabilan mengatur keuangan dalam keluarga

Mengingat akan pensiun bekerja, maka dengan adanya pelatihan ini Anda akan mendapatkan berbagai wawasan dan pengetahuan penting dalam mengatur keuangan. Dalam hal ini, Anda akan memperoleh wawasan dan pengetahuan dari mulai tujuan pengelolaan keuangan, asuransi dan proteksi, penganggaran dan sebagainya. 

  • Materi tentang peluang membuka usaha

Banyak sekali para pensiunan membuka usaha di bidang tertentu untuk tetap mendapatkan penghasilan tambahan sehari – hari demi mencukupi kebutuhan hidup. Nah, dalam pelatihan ini nantinya Anda akan mendapatkan pengetahuan lebih detail mengenai bagaimana peluang membuka usaha di masa pensiunan. Dengan begitu, maka Anda dapat menghasilkan keuntungan meskipun sudah tidak lagi bekerja di perusahaan sebelumnya. 

Berbagai faktor yang harus diperhatikan para karyawan pensiun

Dalam mengikuti program pelatihan pensiun, Anda perlu untuk memperhatikan beberapa faktor penting seperti berikut ini :

  • Ada baiknya Anda memahami lebih dahulu mengenai persiapan masa pensiun dengan pertimbangan yang matang.
  • Mengetahui dan memahami lebih dalam mengenai tahap dalam perencanaan dana pensiun.
  • Menentukan tujuan dengan jelas dan terukur agar Anda termotivasi untuk melakukan sesuatu dengan baik.
  • Pahami lebih dulu dalam hal mengatur keuangan dengan bijak di masa mendatang.

Leave a Reply

Open chat
1
Halo,
Ada yang bisa kami bantu?