Skip to main content

Berbagai Manfaat Memilih Pelatihan Masa Persiapan Pensiun Sejak Dini

By September 30, 2021Article

Memasuki masa purna tugas bagi sebagian besar karyawan di berbagai perusahaan besar, menjadi salah satu hal yang wajib Anda perhatikan. Hal ini lantaran dalam menghadapi masa tersebut, Anda perlu pelatihan masa persiapan pensiun sejak dini untuk kebahagiaan di masa depan. Namun, tahukah Anda mengenai apa saja manfaat yang akan Anda dapatkan dari mengikuti pelatihan masa persiapan pensiun di masa mendatang?

Definisi pelatihan pensiun bagi karyawan

Rata – rata belum banyak orang mengetahui lebih detail mengenai apa itu pelatihan masa persiapan pensiun bagi karyawan perusahaan sejak dini. Pelatihan masa persiapan pensiun yakni merupakan suatu program pelatihan yang biasanya dilakukan dalam rentang waktu selama 3 – 6 hari kerja. Dalam pelatihan ini, para pekerja yang memasuki masa pensiun akan mendapatkan training maupun materi khusus dari pihak penyelenggara program terkait.

Perlu Anda ketahui dan pahami dengan baik, bahwa pelatihan ini biasanya sedikit berbeda antara satu perusahaan dengan perusahaan yang lain. Hal ini lantaran pelatihan tergantung dari pemberi program yang menentukan apa saja materi atau training kepada para karyawan tersebut. Seperti misalnya ketika perusahaan menggunakan jasa pelatihan di ESQ MPP Program / http://esqmpp.com/ yang menawarkan berbagai pelatihan menarik untuk karyawan. 

Apa saja manfaat pelatihan masa persiapan pensiun bagi karyawan?

Secara umum, adanya program pelatihan masa persiapan pensiun sangat penting  bagi karyawan dalam memberikan jaminan kebahagiaan di masa tua nanti. Hal ini lantaran dalam program yang ada di dalamnya memberikan sejumlah manfaat penting bagi karyawan. Nah, berikut ini ada beberapa manfaat yang bisa Anda rasakan ketika mengikuti pelatihan program tersebut. 

  • Mampu memahami lebih jauh mengenai pentingnya kesehatan diri sendiri

Mengingat usia karyawan yang memasuki masa pensiun sudah tidak produktif lagi, maka pelatihan masa persiapan pensiun penting untuk Anda perhatikan. Hal ini lantaran program pelatihan tersebut mampu memberikan manfaat bagi karyawan untuk lebih memahami arti pentingnya kesehatan bagi diri sendiri. Sehingga, karyawan di usia tua akan mendapatkan wawasan dan pengetahuan serta lebih memperhatikan kesehatan diri sendiri secara jasmani maupun rohani. 

  • Memiliki perencanaan keuangan yang lebih baik

Ketika menginjak masa purna tugas, masalah keuangan perlu untuk Anda perhatikan secara baik agar tepat dalam pengelolaannya di masa mendatang. Dengan adanya pelatihan tersebut, maka Anda akan lebih mudah untuk mengatur bagaimana cara mengelola keuangan yang baik dalam keluarga nantinya. 

  • Mampu mengubah pemikiran seseorang agar lebih mandiri

Tahukah Anda, bahwa adanya program pelatihan masa persiapan pensiun rupanya juga mampu memberikan manfaat bagi daya pemikiran karyawan itu sendiri. Seperti misalnya dalam hal mengubah mindset / daya pikir dari yang tadinya ketergantungan menjadi bisa bersikap mandiri untuk mengerjakan sesuatu. Tentu saja, ini akan sangat bermanfaat bagi kehidupan para pensiunan dalam kesehariannya agar tidak mudah bergantung dengan orang lain, bukan?

  • Terbukti mampu meningkatkan loyalitas setiap karyawan

Dengan memberikan program pelatihan pensiun bagi para karyawan, maka perusahaan akan mendapatkan manfaat berupa meningkatnya segi loyalitas setiap karyawan. Hal ini membuktikan bahwa perusahaan tersebut peduli dengan karyawan meskipun nantinya sudah bekerja lagi di perusahaan tersebut. 

  • Mampu melatih sisi psikologis karyawan

Mengingat karyawan yang sudah pensiun lebih banyak menghabiskan waktu di lingkungan sosial tempat tinggalnya, maka perlu untuk mempersiapkan segala sesuatu. Salah satunya dengan mempersiapkan sikap dan mental yang kuat dalam menghadapi dampak sosial di sekitar tempat tinggal. Oleh karena itu, masa persiapan pensiun menjadi salah satu cara efektif untuk melatih daya psikologis di lingkungan sosial nantinya. 

Leave a Reply

Open chat
1
Halo,
Ada yang bisa kami bantu?