Skip to main content

Berbagai Tips Persiapan Menghadapi Masa Pensiun yang Menarik Dicoba

By September 3, 2021Uncategorized

Banyak orang terkadang merasa tidak siap menghadapi masa pensiun. Beberapa orang memandang masa pensiun sebagai waktu kosong yang tidak produktif. Tapi ada juga yang memandang pensiun sebagai kemunduran karena harus melepas statusnya sebagai di perusahaan.

Untuk Anda yang merasa berat mendekati masa pensiun, tidak ada salahnya mempertimbangkan persiapan yang cocok. Persiapan menghadapi masa pensiun bisa jadi cara membuat pikiran negatif ini menjadi positif. Planning yang pas bahkan bisa bermanfaat bagi Anda di masa pensiun.

Mari bahas tips – tips persiapan yang mungkin dapat membantu Anda lebih tenang menjalani pensiun nantinya:

Coba Mempersiapkan Diri Secara Mental

Hal pertama yang harus dipersiapkan adalah mental. Untuk hal ini, banyak orang ikut program persiapan pensiun ataupun datang ke psikolog sekedar untuk ketenangan hati. Biasanya orang yang lebih berat secara mental menerima pensiun adalah mereka yang memiliki kedudukan tinggi.

Kehilangan status sebagai boss perusahaan dan harus pensiun mungkin berpengaruh besar pada mental seseorang. Tentu saja hal ini berbeda mempengaruhi orang – orang. Tidak setiap orang memiliki attachment terhadap status bekerja dan juga kedudukannya. Tapi bagi yang merasa berat, hendaknya melakukan persiapan mental secara khusus.

Cari Kegiatan Produktif yang Bisa Menghasilkan

Untuk Anda yang berpikir masa pensiun kurang produktif, mengapa tidak coba kegiatan usaha yang lebih menghasilkan. Membuka usaha kecil – kecilan untuk isi waktu dan produktif tentu tidak salah. Banyak pensiunan yang aktif bekerja sebagai wirausaha malah lebih bahagia daripada yang hanya santai – santai.

Usaha yang bisa dipilih tentu banyak. Mulai dari content creator, usaha kuliner dan bahkan buka pabrik pengrajin bisa Anda lakukan. Selama modal tersedia dan Anda memiliki planning usaha yang bagus, pasti kegiatan ini bisa menghasilkan dan rewarding. 

Hiburan dari Kegiatan Hobi Bisa Positif

Dalam melakukan persiapan menghadapi masa pensiun, banyak psikolog selalu menganjurkan hobi. Menjalani hobi bisa mengisi waktu dan menjadi sumber motivasi bagi para pensiunan. Anda yang hanya bekerja saat pensiun tentu kehilangan drive tanpa reward kegiatan senang – senang.

Hobi yang banyak diambil biasanya adalah olahraga, jalan – jalan, gaming dan bahkan DIY. Pilihan hobi ini juga bisa berubah setiap tahunnya. Banyak orang yang pensiun selalu ingin coba hobi baru yang menarik. Hal seperti ini bisa jadi sumber kebahagiaan kecil yang juga isi kegiatan bagi mereka.

Mulai Pertimbangkan Berbagai Investasi yang Bisa Menghasilkan

Hal lain yang perlu dipertimbangkan adalah investasi. Saat 3 atau 4 tahun sebelum pensiun, pastikan sudah ada planning investasi yang mampu dukung kehidupan setelah pensiun. Contoh saja  investasi untuk persewaan properti seperti kos ataupun apartemen. Hasil dari investasi ini bisa jadi tambah – tambah semisal usaha yang ingin dibuka saat pensiun kurang menghasilkan.

Investasi juga bisa dipandang pesangon tambahan jika mampu hasilkan income pasif. Tanpa banyak bekerja, Anda bisa dapatkan penghasilan. Hal ini tentu bisa membantu beban keluarga. Jika dipadukan dengan pemasukan sampingan, Anda akan lebih bebas secara ekonomi tanpa harus bergantung banyak dari pesangon.

Bagaimana menurut Anda tips – tips di atas. Tentu banyak hal lain bisa membantu persiapan masa pensiun Anda dalam menyambut pensiun. Tapi untuk persiapan menghadapi masa pensiun 4 hal di atas adalah hal yang penting dicoba. Daripada merasa tidak nyaman secara mental dan ekonomi, lebih baik mempersiapkan diri secara matang sebelum masuk ke masa pensiun.

Leave a Reply

Open chat
1
Halo,
Ada yang bisa kami bantu?