Skip to main content

Bersiap untuk Masa Persiapan Pensiun Berkualitas

konsultan pelatihan pensiun, konsultan pensiun, konsultan masa persiapan pensiun, masa persiapan pensiun, pelatihan pensiun, pelatihan persiapan pensiun, training pensiun, training persiapan pensiun, training masa persiapan pensiun, kunjungan usaha, solusi pensiun, pra pensiun, persiapan pensiun, pensiun kaya, pensiun dini, tips orang sukses

Masa Persiapan Pensiun diperlukan oleh pegawai negeri sipil / pns, maupun karyawan swasta. Berapa usia anda sekarang? Saat ini anda mungkin sedang bertanya-tanya mengenai waktu pensiun, yang peraturannya diubah beberapa kali oleh pemerintah. Kami dari ESQ MPP mempersiapkan beragam info seputar Masa Persiapan Pensiun. Yuk disimak bersama :

 

Apa Definisi Masa Persiapan Pensiun?

Masa Persiapan Pensiun adalah waktu dan kesempatan yang diberikan oleh sebuah instansi atau perusahaan kepada pegawainya yang usianya mendekati batas usia pensiun.

 

Berapa Batas Usia Pensiun bagi Pegawai Negeri Sipil?

Batas Usia Pensiun sendiri, telah dirubah, dari batas usia 55 tahun ke 58 tahun. Sesuai dengan UU No. 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara dan Peraturan Pemerintah No. 21 Tahun 2014, tentang Pemberhentian Pegawai Negeri Sipil yang Mencapai Batas Usia Pensiun bagi Pegawai Fungsional.

 

Bagaimana dengan Batas Usia Pensiun Karyawan Swasta?

Acuan yang harus dipegang adalah Peraturan Pemerintah No. 45 Tahun 2015, yang menentukan Batas Usia Pensiun bagi Pekerja adalah 56 (lima puluh enam) tahun.

 

Bagaimana tentang Uang Pensiun?

Berbeda dengan Pegawai Negeri Sipil yang mendapatkan Uang Pensiun per bulan yang ditransfer ke rekening, Karyawan Swasta mendapatkan uang pesangon, sesuai dengan lama masa kerja mereka di perusahaan tersebut.

 

Berapa Lama Waktu Persiapan Pensiun Pegawai Negeri Sipil?

Di dalam peraturan kepegawaian PNS, seorang pegawai yang ingin mengikuti Masa Persiapan Pensiun (MPP), harus mengajukan surat ke bagian kepegawaian minimal 6 bulan sebelumnya. Panjang waktu yang diberikan untuk setiap pegawai menjalani Masa Persiapan Pensiun adalah selama Satu (1) Tahun.

 

Berapa lama waktu Masa Persiapan Pensiun bagi Karyawan Swasta?

Jawabannya berbeda-beda, sesuai dengan peraturan dan kebijaksanaan yang dimiliki oleh Perusahaan tersebut. Ada Perusahaan Swasta Nasional yang sangat baik, yang memberikan Masa Pelatihan Persiapan Pensiun sejak usia 50 tahun, yang dibagi berjenjang selama kurun waktu lima (5) tahun. Ada juga perusahaan swasta yang tidak memberikan Masa Persiapan Pensiun sama sekali, namun biasanya, mereka memberikan Pelatihan Persiapan Pensiun untuk para pegawainya.

 

Mengapa Masa Persiapan Pensiun ini penting?

Latar belakang dari diberikannya Masa Persiapan Pensiun bagi pegawai atau karyawan, adalah untuk memberikan waktu penyesuaian diri terhadap masa pensiun yang akan menjelang. Karena, tidak semua pegawai siap untuk menghadapi perubahan yang terjadi akibat datangnya Masa Pensiun yang tiba-tiba.  Ditemukan bahwa sejumlah pensiunan mengalami sejumlah problema psikologis akibat ketidaksiapan mereka untuk Pensiun.

 

Apa yang harus dilakukan dalam Masa Persiapan Pensiun?

Masa Persiapan Pensiun sebaiknya diisi dengan aktivitas yang bertujuan. Yang bukan hanya sekedar mengisi waktu saja, tapi yang mendatangkan manfaat, dan bila mungkin, memberikan penghasilan tambahan. Karena, jumlah penghasilan yang didapatkan akan menurun dari gaji yang didapatkan semula saat sebelum pensiun.

 

Aktivitas apa yang bisa dilakukan di Masa Persiapan Pensiun?

Aktivitas yang bisa dilakukan ada beragam. Sesuaikan dengan minat dan kemampuan anda. Jangan melakukan kegiatan yang terlalu melelahkan, karena bisa membuat anda mengalami keluhan fisik. Beberapa pilihan kegiatan yang bisa diambil diantaranya yaitu :

  • Melakukan Kerja Paruh Waktu yang berkaitan dengan keahlian kita. Misalnya dengan menjadi Konsultan di suatu perusahaan, atau dewan pembina suatu organisasi.

  • Membuka usaha yang berkaitan dengan minat dan hobi kita. Misalnya membuka toko buku atau toko kue, di dekat rumah.

  • Bekerjasama dengan teman atau mencari mitra untuk membuka usaha.

  • Mengurus suatu organisasi bersama-sama. Misalnya menjadi pengurus panti asuhan sosial.

  • Menjadi pekerja sosial, misalnya di sebuah LSM atau organisasi sosial internasional atau lokal. Sejumlah LSM memberikan gaji bagi pekerja sosialnya. Hal ini karena, sebagai pensiunan, anda memiliki jaringan kawan dan pengaruh yang dibutuhkan oleh LSM-LSM atau organisasi-organisasi sosial ini.

  • Mengambil kesempatan mengajar sesuai keahlian sebelumnya. Misalnya semula pegawai kemudian menjadi dosen.

  • Mengurus cucu sambil membuka usaha. Misalnya membuka usaha Penitipan Anak atau Pendidikan Anak, dimana kita bisa mengurus cucu sambil juga mendapatkan uang tambahan.

  • Wirausaha Agribisnis. Berkebun atau bercocok tanam bisa menjadi suatu penghasilan. Misalnya menanam tanaman vanilla yang hasilnya bisa dijual dengan harga sangat tinggi. Atau membuat rumah jamur tiram putih, yang sangat laku di pasaran.

  • Menjadi investor surat berharga. Misalnya dengan membeli surat berharga milik pemerinah seperti Obligasi Ritel Indonesia dan Sukuk Syariah.

  • Menjadi wirausaha franchise. Misalnya dengan membeli hak franchise dan membuka usaha sesuai minat anda, contohnya franchise kuliner atau pendidikan, yang dibuka di tempat ramai.

  • Wirausaha Properti. Misalnya dengan mencari dan membeli tanah untuk dijual kembali, atau dibuat kos-kosan. Bila tidak memiliki dana, bisa juga dengan menjadi marketing properti. Sehingga bisa beraktivitas memasarkan properti dan mendapatkan penghasilan besar, tanpa harus memiliki modal dana.

  • Mengambil pekerjaan sebagai Marketing. Misalnya, dengan jaringan yang dimiliki, pensiunan memiliki banyak kawan dan teman, sehingga bisa menjadi Marketing yang sukses. Contohnya dengan menjadi marketing asuransi jiwa atau asuransi pendidikan, karena memiliki pengalaman yang baik dalam hal itu.

  • dan banyak lagi jenis aktivitas yang bisa anda lakukan di Masa Persiapan Pensiun

 

Banyak sekali ide yang bisa diambil mengenai aktivitas apa yang bisa anda pilih di Masa Pensiun. Satu hal yang harus dijaga adalah kesehatan fisik dan emosional anda. Jangan ambil pekerjaan yang membutuhkan mobilitas tinggi dan membuat anda lelah, apakah itu fisik ataupun emosional anda. Ambillah pekerjaan yang anda anggap berguna, ringan dan menyenangkan.

 

Apakah aktivitas di Masa Persiapan Pensiun itu harus menghasilkan pendapatan atau tidak, tergantung pada pilihan anda. Dibutuhkan waktu untuk suatu usaha bisa memberikan pendapatan yang baik. Karena itu, bersiaplah untuk menghadapi masa pensiun dengan mengambil waktu Masa Persiapan Pensiun, bila memang diberikan. Untuk anda yang membutuhkan bantuan untuk bersiap menghadapi Masa Persiapan Pensiun, kirimkan email pada kami ke esqmpp@gmail.com atau telepon ke 0853 5353 0775 (dengan Tio, Manajer ESQ MPP).

 

Anda bisa mendaftar langsung untuk Training Masa Persiapan Pensiun Publik ESQMPP disini,

atau mendaftarkan perusahaan Anda untuk Training Persiapan Pensiun Korporat disini.

 

Leave a Reply

Open chat
1
Halo,
Ada yang bisa kami bantu?