Skip to main content

Biaya Konsultan Pensiun Tidak Mahal karena Alasan Krusial Ini

By October 11, 2022Article
Biaya Konsultan Pensiun Tidak Mahal karena Alasan Krusial Ini

Jasa konsultasi ialah salah satu jenis layanan profesional yang memerlukan keahlian tertentu dalam berbagai bidang keilmuan. Begitu juga dengan konsultan pensiun yang harus menguasai banyak hal, seperti pengaturan keuangan, komunikasi, dan lain-lain.

Sebab, konsultan memainkan peran penting bagi para peserta, tidak hanya selama program berlangsung. Maka dari itu, Anda harus lebih jeli dalam memilih jasa layanan konsultan, sebelum memutuskan untuk bergabung dengannya.

Biaya Konsultan Pensiun

Faktor biaya tentu menjadi bahan pertimbangan utama, saat mencari jasa konsultan. Namun, benarkah jasa konsultan untuk persiapan pensiun mematok harga tinggi? Perlu diketahui, bahwa ada banyak hal yang memengaruhi besaran biaya konsultan, di antaranya:

1. Sertifikasi

Seorang konsultan tidak dapat membuka praktek, tanpa memiliki izin atau sertifikasi profesi dari lembaga terkait. Namun, semakin tinggi sertifikasi yang mereka miliki akan memengaruhi tarif konsultasi.

Sebab, untuk memperoleh sertifikasi tersebut memerlukan perjuangan yang panjang. Konsultan harus mengikuti serangkaian ujian serta melengkapi persyaratan yang sudah ditetapkan oleh lembaga sertifikasi.

2. Faktor Jam Terbang

Jam terbang mempunyai makna sebagai waktu yang sudah konsultan habiskan untuk mengadakan pelatihan dan training para klien. Semakin “laris” tentu tarif konsultan pensiun juga akan semakin tinggi.

Kondisi ini juga berhubungan dengan availability atau ketersediaan waktu konsultan. Semakin padat waktu yang mereka miliki, maka akan mencerminkan kualitas dan profesionalitasnya.

3. Jumlah Peserta

Bagaimana jumlah peserta mampu memengaruhi besaran biaya dari konsultan masa persiapan pensiun? Begini, setiap pelatihan memerlukan biaya operasional untuk menyelenggarakannya (tergantung kebijakan fasilitas).

Apabila jumlah peserta sedikit atau privat, tentu tim konsultan harus mengeluarkan biaya operasional berkali-kali. Berbeda jika jumlah peserta banyak, tim dapat memangkas beberapa pengeluaran.

4. Program

Biasanya, setiap konsultan mempunyai program pelatihan yang dapat Anda pilih, seperti training kewirausahaan, pertanian, peternakan, manajemen keuangan, investasi, dan lain-lain.

Setiap program tersebut terdiri dari beberapa pelatihan yang berbeda-beda dengan durasi beragam. Hal ini tentu juga akan memengaruhi biaya yang harus Anda keluarkan, karena fasilitasnya juga tidaklah sama.

Meski demikian, biaya konsultasi mengenai masa pensiun itu terjangkau, apalagi jika Anda mengikuti program pelatihan di ESQMPP. Semakin tinggi tarifnya, tentu semakin banyak pula manfaat yang dapat Anda nikmati di masa mendatang.

Dengan tim konsultan pensiun yang ahli di bidangnya, mari siapkan masa tua Anda untuk hidup sehat, sejahtera, dan bahagia. Seimbangkan diri antara IQ, EQ, dan SQ dengan pengalaman ESQ yang sudah teruji dan terbukti kualitasnya.

Leave a Reply

Open chat
1
Halo,
Ada yang bisa kami bantu?