Skip to main content

Cara Membuka Usaha di Masa Pensiun

By October 6, 2017August 20th, 2020Pensiun Produktif

Salah satu ketakutan seseorang di masa pensiun adalah tidak memiliki penghasilan lagi. Anggapan itu tentu saja salah. Ada banyak cara untuk tetap memiliki penghasilan di masa Pensiun.

 

Beberapa orang mencoba untuk memanfaatkan uang pensiun yang mereka terima untuk membuka sebuah usaha agar tetap produktif. Walau memang tidak semua jenis usaha bisa ditekuni. Hal ini karena ada sejumlah hal yang bisa memberatkan bagi para pensiunan, terutama adalah kondisi fisik yang membatasi.

 

Jenis usaha yang cocok untuk anda geluti di masa pensiun adalah :

  • Usaha yang memiliki Risiko rendah

Di masa pensiun, jangan sampai dana pensiun habis dipertaruhkan untuk usaha. Karena itu, usaha yang dipilih haruslah yang beresiko rendah. Dengan cara ini, dana pensiun akan tetap aman dan hanya berkurang sedikit. Pilihlah usaha yang nantinya akan laku saja. Lakukan sedikit penelitian sebelum memilih. Ini akan menghemat banyak sekali uang anda.

  • Usaha dengan Modal rendah

Modal yang rendah memungkinkan pensiunan untuk mencoba usaha dengan hati yang ringan. Dana pensiun yang ada pun tidak akan sekaligus habis. Dalam bisnis bermodal rendah, keuntungan yang didapat mungkin kecil, tapi bila dijalankan, sedikit-sedikit lama-lama menjadi bukit. Bisnis modal rendah ini sebaiknya dilakukan bila anda pertama kali membuka usaha. Dengan cara ini, bila pun gagal (semoga tidak terjadi ya), kehilangan uang yang terjadi hanya sedikit saja. Dibanding bila berbisnis dengan modal besar, bila gagal, akan menimbulkan dampak yang besar dan mendalam pada diri anda.

  • Usaha dengan sedikit Mobilitas

Lakukan usaha yang tidak merepotkan anda dan yang tidak mengharuskan anda hilir mudik kesana kemari. Misalnya bila anda ingin membuka toko di depan rumah, hubungi koperasi pedagang yang bisa teratur mengirimkan barang dagangan dengan harga murah. Dengan cara ini anda tidak perlu bulak-balik ke pasar setiap pekan, dan tidak perlu mengangkat barang dagangan yang berat. Jangan lupa, pilih lokasi usaha yang akan laku dan banyak pembeli, namun tidak jauh dari rumah anda. Dengan cara ini anda akan bisa mengendalikan usaha anda dari jarak dekat, dan usaha anda tidak kehilangan pengawasan.

  • Usaha yang sesuai dengan Hobi

Bila anda suka membaca, membuka toko buku di dekat rumah, akan membuat anda bangun dengan semangat setiap paginya. Bila anda suka memasak, membuka toko bahan kue akan membuat anda selalu berseri-seri, karena anda memiliki bahan untuk membuat kue apapun yang anda inginkan. Apapun usaha yang anda ingin lakukan, pilihlah bidang  yang anda cintai. Pilihlah usaha yang sesuai dengan hobi anda.

Dengan cara ini, anda tidak akan merasa terbebani. Bila pun toko anda nantinya sepi, anda akan tetap semangat dan tidak menjadi bersedih. Bahkan, anda bisa mencari cara yang menyenangkan agar toko anda ramai pengunjung.

Semoga 4 Tips Wirausaha diatas bisa membantu anda yang ingin membuka usaha. Apabila anda masih belum menemukan cara  yang tepat untuk memulai usaha yang mudah dilakukan, bisa hubungi kami untuk mengikuti Pelatihan ESQ MPP di email : esqmpp@gmail.com atau telepon ke kantor di 021-2940-6969 ext 174.

 

Salam Pensiun Bermakna

Leave a Reply

Open chat
1
Halo,
Ada yang bisa kami bantu?