Skip to main content

Cara Mencapai Gaya Hidup Fire

By March 18, 2022Article

Kebanyakan orang berpikir bahwa Kebebasan Finansial dan Pensiun dini atau FIRE (Financial Independence, Retire Early) hanya diperuntukkan bagi orang-orang yang berpenghasilan besar. Namun, kami berpendapat bahwa ada sesuatu di FIRE yang dapat memenuhi kebutuhan semua orang. FIRE adalah tujuan kemandirian finansial. Ia tidak pernah dimaksudkan untuk membuat Anda berhenti bekerja sama sekali. Namun, ia adalah sesuatu yang, jika tercapai, dapat memungkinkan Anda—bukannya pensiun—tetapi mengerjakan sesuatu yang Anda sukai daripada mengerjakan pekerjaan yang Anda tidak sukai.

Untuk mencapai gaya hidup FIRE, berikut adalah tiga hal yang perlu Anda lakukan:

Perencanaan yang Rinci

Setiap orang perlu merencanakan masa pensiun mereka. Pentingnya rencana pensiun yang terperinci dan konsisten mengikuti rencana tersebut sangat ditekankan dalam gerakan FIRE. Prinsip ini akan membantu Anda dalam menabung untuk masa pensiun dan mempertahankan dana darurat yang layak.

Disiplin Ekonomi

Untuk mencapai gaya hidup FIRE, Anda harus tetap berpegang pada pemahaman untuk memaksimalkan anggaran pendapatan dan meminimalkan pengeluaran Anda. Anda dapat melakukan ini dengan mendapatkan pekerjaan yang lebih baik atau menciptakan aliran pendapatan tambahan melalui bisnis sampingan atau memiliki properti sewaan. Pensiun dini mengharuskan Anda melakukan tindakan ekstrem untuk mencapainya.

Investasi Bijaksana

Pensiun sejahtera membutuhkan tabungan yang baik. Anda dapat mencapainya dengan menginvestasikan sebagian dari tabungan Anda. Penganut FIRE menginvestasikan porsi yang lebih signifikan dari pendapatan mereka daripada rata-rata orang. Tetapi ini memungkinkan Anda untuk menumbuhkan tabungan pensiun Anda ke titik di mana mereka dapat menjamin stabilitas keuangan Anda di tahun-tahun berikutnya.

Terlepas Anda memutuskan FIRE adalah untuk Anda atau tidak, ESQ MPP akan memastikan Anda tidak menjalani keputusan ini sendirian. Pelatih kami berpengetahuan luas dan berpengalaman dan akan membantu Anda mempersiapkan rencana pensiun yang bermakna.

Source:

Investopedia

Leave a Reply

Open chat
1
Halo,
Ada yang bisa kami bantu?