Skip to main content

Checklist Persiapan Pensiun Karyawan Swasta, Apa Saja?

By July 25, 2022Article
Checklist Persiapan Pensiun Karyawan Swasta, Apa Saja

Apa yang Anda ketahui tentang persiapan pensiun? Banyak orang berpikir persiapan pensiun baru penting dilakukan saat akan memasuki waktu pensiun. Padahal sebenarnya banyak hal yang perlu Anda lakukan agar dapat menjalani masa pensiun dengan tenang dan sejahtera. 

Selagi masih muda dan berada dalam usia produktif bekerja, Anda punya cukup waktu untuk menentukan berbagai hal. Salah satunya adalah merencanakan kapan akan pensiun dan persiapan terkait keuangan.

5 Persiapan Pensiun Karyawan Swasta

5 Persiapan Pensiun Karyawan Swasta

Untuk merasakan masa pensiun yang menyenangkan, setidaknya ada 5 hal yang perlu Anda lakukan. Simak ulasan berikut ini.

  1. Ketahui Kapan akan Pensiun

Hal pertama yang perlu Anda tahu adalah kapan masa pensiun dimulai. Anda bisa menanyakan informasi ini pada bagian HRD di perusahaan Anda. Dengan demikian, Anda akan tahu berapa lama masa persiapan pensiun swasta yang Anda miliki.

  1. Persiapkan Dana Darurat dan Asuransi

Setelah mengetahui berapa waktu yang Anda punya sebelum pensiun, saatnya mempersiapkan dana darurat dan asuransi. Keduanya merupakan dana yang sebaiknya Anda miliki meskipun masa pensiun masih lama. 

Dana darurat dan asuransi akan membantu Anda menghindari penggunaan dana tabungan pensiun sebelum waktunya.

  1. Siapkan Tabungan Hari Tua

Setelah memiliki dana darurat dan asuransi yang aman, Anda bisa mulai mengumpulkan tabungan hari tua. Sekarang sudah banyak bank yang memberikan pelayanan tabungan jenis ini, dan bisa dimanfaatkan karyawan swasta. Saat masa pensiun tiba, Anda bisa mencairkan tabungan ini setiap bulan. 

  1. Mulai Buka Keran Penghasilan Lain

Untuk mempercepat terkumpulnya dana pensiun, tak ada salahnya memperbanyak sumber penghasilan. Anda bisa membuka usaha atau punya pekerjaan sampingan. Hal ini juga berguna kalau Anda ingin pensiun dini.

  1. Rencanakan Kegiatan Pensiun Anda

Hal yang tak kalah penting dari persiapan finansial adalah merencanakan masa pensiun Anda. Apa yang akan Anda lakukan? Anda mungkin akan tertarik menekuni hobi atau melakukan perjalanan keliling dunia. Dari rencana ini, Anda bisa tahu apa saja yang perlu Anda siapkan.

Kelima persiapan pensiun tersebut perlu Anda mulai segera. Anda tentu tak ingin panik di tahun-tahun terakhir bekerja, karena tak tahu akan bertahan hidup dengan apa setelahnya. Untuk mengetahui lebih detail cara merencanakan masa pensiun, ikuti pelatihan bersama ESQ Masa Persiapan Pensiun

Leave a Reply

Open chat
1
Halo,
Ada yang bisa kami bantu?