Skip to main content

Coba Peluang Usaha Persiapan Pensiun yang Menarik Berikut Ini

By August 25, 2021Article

Banyak orang terkadang tetap ingin mendapatkan pemasukan walaupun sudah masuk usia pensiun. Secara legal, orang diatas umur tertentu tidak bisa lagi bekerja di bawah perusahaan. Opsi yang bisa diambil akhirnya adalah buka usaha sendiri.

Informasi peluang usaha persiapan pensiunan mungkin menarik bagi Anda yang ingin tetap bekerja setelah pensiun. Karena itu, mari bersama bahas beberapa pilihan usaha dengan peluang menarik dalam artikel berikut ini:

Usaha Kuliner

Peluang usaha persiapan kuliner ini tidak perlu dipertanyakan lagi. Banyak orang yang tua maupun muda, bapak – bapak kerja maupun ibu rumah tangga, tertarik buka usaha kuliner. Persaingannya memang sengit di industri ini. Tapi selama Anda menawarkan produk yang berkualitas dan nikmat, orang pasti ingin coba.

Usaha kuliner yang bisa Anda saat pensiun di industri kuliner contohnya catering, buka kaki lima, buka kuliner franchise dan bahkan jual makanan kering secara online. Pilihannya cukup luas, namun perlu didasari ide produk makanan yang menarik. Jadi pastikan produk Anda tidak hanya enak tapi mampu menarik niche konsumen tertentu.

Freelance Digital Artist

Apakah Anda punya hobi gambar digital? Anda bisa buka usaha freelance digital artist. Sekarang ini popularitas gambar – gambar digital makin tinggi. Hal seperti fanart karakter fiksi ataupun wallpaper banyak dicari.

Digital artist tentu memiliki tantangan sendiri dikembangkan. Anda wajib memiliki portofolio terlebih dahulu sebelum terjun ke usaha ini. Tapi selama sudah dipersiapkan sejak bekerja, saat pensiun koleksi artwork Anda pasti banyak. Dari sini, Anda bisa tawarkan jasa buat gambar digital secara legit dan lebih terpercaya.

Usaha Fotocopy dan Percetakan

Usaha ini mungkin sederhana, tapi peluang usahanya sangat besar. Banyak orang memandang peluang usaha persiapan pensiun ini jauh lebih baik karena mudah dan awet bisa dilakukan hingga tua. Anda cukup memilih lokasi yang strategis dan memang butuh cetak dokumen.

Lokasi yang cocok misalnya di tengah daerah perkantoran, dekat perguruan tinggi, dekat sekolah ataupun berdekatan dengan kantor kenegaraan. Semakin dekat Anda buka usaha fotocopy dan percetakan di area tersebut, makin banyak pelanggan pasti menggunakan jasa Anda.

Untuk pilihan usaha pensiun, Anda tidak perlu melakukan banyak hal. Di usia senja, usaha ini tetap mudah dilakukan asalkan Anda membayar karyawan. Jika masih kuat, Anda bahkan bisa melakukan proses fotocopy sendiri.

Penulis Artikel

Pekerjaan ini banyak dipandang remeh, tapi bagi Anda yang memang ahli menulis dan menyampaikan informasi, pilihan ini bisa diambil. Penulis artikel sekarang tidak hanya dipakai media cetak tapi juga media online. Selama Anda dapat membuat konten tertulis menarik, pasti ada orang yang memasangnya di website mereka.

Tulisan Anda bisa membahas banyak hal. Mulai dari topic gosip, resep – resep makanan, artikel kesehatan, berita gadget dan masih banyak lagi. Anda bisa menjadi penulis untuk website berita terkenal seperti Kompas atau Tribun. Jika sudah banyak kumpulkan portofolio, Anda buka jasa freelance untuk klien yang butuh konten bagi website mereka.

Mengembangkan bisnis ini sebagai persiapan pensiun juga lebih mudah. Anda bisa bagi waktu menulis Anda dengan waktu kerja. Misal saja seminggu Anda menarget artikel dengan total 5 ribu kata. Hal ini pasti mudah dicapai bersamaan dengan kerja kantoran. Jika portofolio artikel banyak yang dipakai, Anda bisa ambil usaha ini saat pensiun.

Bagaimana menarik bukan informasi ide peluang usaha persiapan pensiun di atas? Mudah – mudahan bahasan di atas bisa membantu Anda memilih jalur usaha di hari pensiun nantinya. Terima kasih sudah baca artikel ini!

Leave a Reply

Open chat
1
Halo,
Ada yang bisa kami bantu?