Skip to main content

Faedah Training ESQ yang tak ada di tempat lain (3)

Bencana alam seperti banjir, gempa, bisa terjadi kapan saja. Dan bisa terjadi pada kita. Bagaimana bila benar-benar terjadi? Pasti akan menimbulkan penderitaan bagi banyak orang. Bagaimana menghadapinya? Berikut kami lanjutkan pembahasan mengenai Delapan aspek dalam domain spiritual dari Bruckhardt dan Jacobson (2015), yang dikembangkan melalui Training-training ESQ :

 

Benefit Training ESQ : 3. Menemukan Makna Derita

 

Mengapa ini Penting?

Setiap orang, ada suatu titik dalam hidupnya dimana ia merasa menderita. Pada     saat itu, ia akan mencari cara untuk menemukan penjelasan atas apa yang                 dialaminya.

 

Penderitaan timbul saat aspek fisik, mental, emosional, dan spiritual kita menjadi satu dalam menghadapi elemen kehidupan yang tidak bisa kita pahami. Upaya untuk memahami konsep mengapa derita terjadi dan apa makna penderitaan, telah membentuk tradisi dari semua budaya dan agama.

 

Untuk sejumlah orang, penderitaan bisa meningkatkan kesadaran spiritual               mereka, dan pada orang lain, penderitaan justru membuat mereka marah dan         frustrasi.

 

Unsur sosial budaya, agama, keluarga, dan lingkungan, adalah faktor-faktor yang mempengaruhi respon orang terhadap penderitaan. Pengetahuan mengenai kepribadian, budaya, tradisi keagamaan dan latar belakang keluarga, dapat membantu petugas medis dalam memahami makna penderitaan yang dialami oleh seseorang yang sedang sakit, dan lebih mudah dalam membantu mereka untuk menemukan kedamaian.

 

Penderitaan, bisa datang pada kita kapan saja. Kita tidak tahu kapan terjadinya. Namun yang terpenting adalah, menemukan kedamaian dengan bisa memaknai derita sebagai wujud ujian dan cinta Tuhan pada kita. Kekuatan jiwa yang timbul setelah kita bisa melalui masa-masa derita, adalah hasil luar biasa dari ujian yang diberikan Tuhan.

 

Di dalam training ESQ kita dihadapkan pada jiwa kita yang menderita akibat banyaknya dosa-dosa yang kita pernah lakukan. Dan kita dihadapkan pada hukuman Tuhan di dunia yang bisa saja diberikan Tuhan kepada kita atas dosa-dosa tersebut.

 

Pembentukan kekuatan pribadi dalam menghadapi derita, adalah salah satu tujuan dari Training ESQ MPP. Mengapa hal ini penting? Karena dalam masa pensiun, akan ada banyak peristiwa kehilangan yang terjadi. Mulai dari kehilangan sumber keuangan, kehilangan pasangan, kehilangan kesehatan, dan lain sebagainya.

 

Bekalan untuk menghadapi derita inilah yang diperkuat melalui berbagai               metode yang disampaikan dalam Training ESQ MPP. Agar para pensiunan bisa menghadapi masa pensiun dengan tatapan mata penuh makna, hati yang penuh cinta pada Tuhan, kemampuan untuk selalu bersyukur, bisikan suara hati yang jernih yang menuntun kita melewati masa-masa derita dengan penuh kekuatan, adalah unsur-unsur pengembangan pribadi yang diberikan dalam Training-training ESQ.

Anda tertarik untuk mengetahui lebih lanjut mengenai Training ESQ MPP? Hubungi kami di esqmpp@gmail.com atau telepon kantor kami di 021-2940-6969 ext. 174

 

Salam Pensiun Bermakna

www.esqmpp.com

https://www.facebook.com/ESQ.MasaPersiapanPensiun

Leave a Reply

Open chat
1
Halo,
Ada yang bisa kami bantu?