Skip to main content

Hal yang Harus Dilakukan saat Masa Persiapan Pensiun

By July 21, 2022Article

Banyak orang yang ingin memiliki kebebasan finansial dan menikmati masa pensiun atau purnabakti dengan sejahtera. Bagi beberapa orang hal tersebut bisa diwujudkan dengan mengetahui hal yang perlu dilakukan saat masa persiapan pensiun agar saat pensiun Anda bisa hidup lebih sejahtera.

Berikut kami akan paparkan apa saja hal yang harus Anda perhatikan terkait persiapannya. Informasi yang kami paparkan di sini meliputi masa persiapan pensiun swasta maupun PNS (Pegawai Negeri Sipil). Mari simak artikelnya hingga selesai.

1. Persiapan Manajemen Keuangan

Masa persiapan pensiun karyawan swasta maupun PNS harus mulai Anda manajemen sejak dini. Karena seperti yang Anda ketahui, besaran uang bulanan yang Anda terima tidak sebanyak pada masa masih aktif bekerja.

Mengacu dari hal tersebut, masa persiapan pensiun PNS maupun swasta harus Anda mulai dengan merencanakan strategi keuangan yang ideal. Tujuannya agar uang purnabakti bisa Anda manfaatkan dengan baik..

Beberapa contoh manajemen keuangan di masa pensiun seperti bijak dalam mengatur pengeluaran. Selain itu, mulailah berinvestasi dan melunasi utang agar meraih kebebasan finansial di masa pensiun.

2. Mengetahui Batas Usia Pengajuan Pensiun

Pastikan Anda juga mengetahui aturan masa persiapan pensiun yang berlaku saat ini. Tujuannya agar Anda bisa mempersiapkan banyak hal untuk mempersiapkannya.

Contoh untuk PNS, batas usia pensiun mulai dari usia 58 tahun. Sebelum memasuki usia tersebut, Anda harus mengurus beberapa hal untuk pengusulan masa purnabakti.

Setiap pegawai harus memenuhi alur dan juga syarat yang sudah ditentukan. Tujuannya agar proses pengusulan purnabakti berjalan sesuai rencana.

3. Ketahui Prosedur Standar Pengajuan Usul Purnabakti

Pengajuan purnabakti harus sesuai dengan prosedur operasi standar. Karyawan atau pegawai bersangkutan harus mengajukan usul purnabakti sesuai dengan prosedur yang berlaku. Setelah itu kepegawaiaan akan menerima dan memprosesnya.

Ketahui juga berbagai dokumen yang diperlukan sebagai syarat untuk usul purnabakti. Setelah itu Anda ajukan dengan cara melengkapi persyaratan dan dokumen sesuai prosedur saat ini.

Ketahui masa persiapan pensiun sejak dini. Selain mengetahui berbagai prosedur pengajuannya, ketahui juga cara melakukan manajemen keuangan yang baik. Anda juga bisa mengikuti program ESQMPP untuk mempersiapkannya. 

Leave a Reply

Open chat
1
Halo,
Ada yang bisa kami bantu?