Skip to main content

Hemat agar Sejahtera Setelah Pensiun

By March 30, 2017August 20th, 2020Pensiun Sejahtera
konsultan pelatihan pensiun, konsultan pensiun, konsultan masa persiapan pensiun, masa persiapan pensiun, pelatihan pensiun, pelatihan persiapan pensiun, training pensiun, training persiapan pensiun, training masa persiapan pensiun, kunjungan usaha, solusi pensiun, pra pensiun, persiapan pensiun, pensiun kaya, pensiun dini, tips orang sukses

Keprihatinan kami setelah mengamati keadaan para pensiunan di Indonesia adalah, adanya fenomena kesulitan keuangan. Sebagai Konsultan Pensiun Terpercaya, ESQ Masa Persiapan Pensiun ingin memberikan artikel berikut ini untuk membantu anda :

 

         Kenapa banyak yang kesulitan keuangan setelah Pensiun? Anda tentu tidak ingin bila harus sampai menjual rumah, tanah dan kendaraan anda di saat pensiun nanti bukan? Caranya adalah dengan melakukan sejumlah strategi untuk mengurangi pengeluaran bulanan anda. Ada sejumlah pengeluaran yang dilakukan sehari-hari oleh keluarga, untuk menjamin bahwa keluarga tersebut terpenuhi kebutuhannya. Ada sejumlah keluarga yang terbiasa hidup hemat. Namun ada pula keluarga lain, yang tidak terbiasa hidup hemat. Padahal, banyak cara dan jalan untuk menghemat pengeluaran harian. Sebelumnya, kita analisa dulu sejumlah sumber pemborosan yang biasa dilakukan, yaitu antara lain :

  1. Kebiasaan untuk membeli atau memesan makanan untuk lauk sehari-hari

  2. Kebiasaan untuk berlangganan pulsa tak terbatas (pasca bayar)

  3. Membiarkan peralatan elektronik menyala tanpa batas (contoh; AC yang tak pernah dimatikan, TV yang selalu menyala, PC dengan internet yang selalu menyala, dst)

  4. Kebiasaan travelling keluar negeri bersama keluarga

  5. Kebiasaan membeli pakaian dan accessories bermerk

  6. Kebiasaan menggunakan air mineral bermerk untuk minum sehari-hari

  7. Kebiasaan makan di restoran dan menonton di bioskop setiap akhir pekan

  8. Mempekerjakan terlalu banyak Asisten Rumah Tangga

Agar keluarga kita tetap sejahtera di masa Pensiun nanti, kita bisa melakukan beberapa langkah di bawah ini untuk mencegah agar tidak bangkrut di Masa Pensiun, yaitu :

  • Berbelanja sayur dan bahan lauk secara mingguan, dan kemudian dimasak di akhir pekan untuk dijadikan stok lauk selama minggu tersebut. Lauk pauk yang kita buat ini tinggal dihangatkan saja saat kita ingin memakannya. Misalnya, kita bisa membuat nugget dan rollade daging sendiri. Penghematan bisa dilakukan lebih jauh dengan membawa makanan ini untuk bekal di kantor atau ke sekolah/ kuliah. Dengan cara ini, orangtua dan anak-anak pun berhemat, namun bisa tetap makan enak. Apabila anda tidak bisa memasak, anda bisa mengajak serta saudara atau tetangga yang pintar memasak, untuk mengajarkan anda caranya. Mengikuti kursus memasak juga akan sangat menyenangkan. Memasak sendiri bisa menghemat pengeluaran untuk lauk pauk hingga 50%nya.

  • Berlangganan pulsa tak terbatas membuat kita tidak terkendali dalam menggunakan smart phone. Namun, membeli pulsa pra bayar berkali-kali juga bisa merepotkan. Untuk itu, kita bisa melakukan penghematan keluarga, dengan menjadi member suatu provider pulsa. Dengan cara ini, kita bisa membeli pulsa dengan harga agen, dan bisa mengirimkan pulsa ke anggota keluarga kita. selain itu, kita juga terhindar dari putus komunikasi apabila pulsa di handphone kita habis.

  • Mematikan peralatan elektronik saat keluar ruangan atau keluar rumah, bisa menghemat biaya listrik bulanan. Contohnya, dengan mematikan lampu dan AC saat keluar kamar/ruangan. Penghematannya bisa mencapai hingga 10 – 20% biaya listrik bulanan kita.

  • Kebiasaan Traveling bisa menyedot 20 – 35% dari pendapatan kita, terutama bila kita melakukan traveling beberapa kali dalam setahun. Untuk menghemat biaya traveling, kini banyak aplikasi seperti agoda atau traveloka, yang bisa di download untuk membeli tiket dan hotel, di seluruh dunia. Gunakan aplikasi seperti tripadvisor atau kunjungi situs ulasan wisata seperti tripadvisor.com, untuk mendapatkan gambaran mengenai tempat yang akan anda kunjungi.

  • Cara lainnya adalah dengan melakukan wisata ke alam bebas. Dengan berwisata ke alam bebas, kita akan bisa menyalurkan hobi traveling, dan sekaligus sambil berolahraga dan berekreasi. Dengan cara ini kita bisa menghemat banyak, dan bisa meningkatkan kesehatan dengan banyak bergerak, di tempat-tempat indah yang bisa dicapai dengan tidak mahal. Indonesia memiliki alam yang indah. Sayang sekali apabila kita justru traveling ke luar negeri.

  • Kebiasaan membeli pakaian, sepatu, atau baju dalam bermerk, sebenarnya bisa dihemat dengan membeli produk yang sama dari dalam negeri. Karena, banyak merk luar negeri yang produksinya dilakukan di Indonesia. Belum lagi, harga barang bermerk jatuh di pasaran bila pernah kita pakai beberapa kali. Bila anda ingin berinvestasi, sebaiknya belilah logam mulia atau perhiasan emas asli saja, yang harganya akan terus naik hingga beberapa tahun ke depan.

  • Kebiasaan membeli air minum bermerk untuk minum sehari-hari di rumah, bisa dilakukan penghematan dengan membeli alat pemurni air, yang bisa menyuling air PAM menjadi air yang siap minum. Bila pencernaan anda sensitif, sebaiknya masak dulu air yang ingin anda minum. Air matang yang dimasak sendiri ini jauh lebih menyehatkan.

  • Kebiasaan makan di restoran bisa dihemat dengan melakukan tips no. 1. Untuk menghindari menonton di Bioskop terus menerus, kini sudah banyak website yang menyediakan film-film terbaru yang bisa ditonton via internet, seperti : layarkaca21.tv , www.bioskop168.online dan sebagainya. Dengan cara ini, anda bisa menonton film terbaru dirumah, bersama keluarga, dan menghemat dalam jumlah banyak.

  • Mempekerjakan terlalu banyak Asisten Rumah Tangga bisa menghabiskan dana pensiun anda. Untuk itu, pilihlah ART terbaik anda saja, dan pertahankan. Sementara, ART yang lainnya bisa anda tawarkan ke rekan-rekan anda yang membutuhkan ART, atau menyalurkan mereka ke Penyalur ART, agar mereka tetap dapat bekerja, walau tidak di tempat anda.

Sejumlah langkah diatas, diharapkan bisa memangkas pengeluaran anda dalam jumlah hingga 30 % – 40%. Penghematan ini bisa mencapai angka jutaan rupiah. Lakukan penghematan ini, dan jadikan sebagai kebiasaan. Dengan cara ini, dalam waktu satu tahun, anda bisa menghemat hingga belasan juta rupiah.

Untuk mendapatkan Informasi tentang Training Masa Persiapan Pensiun dari ESQ MPP, hubungi kami di : 021 – 7940 -6969 atau HP : 0856 9311 9026 (Gina) atau email ke : esqmpp@gmail.com

Leave a Reply

Open chat
1
Halo,
Ada yang bisa kami bantu?