Skip to main content

Informasi Masa Persiapan Pensiun TNI yang Harus Diketahui

By November 22, 2022Article
Informasi Masa Persiapan Pensiun TNI yang Harus Diketahui

Pada dasarnya, masa persiapan pensiun (MPP) untuk TNI sama seperti instansi yang lain. Anda harus mengetahui kapan proses pengajuan yang ideal dilakukan hingga persiapan-persiapan keuangan untuk meraih kebebasan finansial yang lebih baik.

Di sini kami akan menjelaskan apa saja yang harus dipersiapkan untuk masa MPP TNI. Mulai dari segi keuangan hingga persiapan pengajuan yang baik dan benar. Berikut ulasannya.

1. Persiapan Persyaratan MPP

Peraturan saat ini, usia pensiun, yaitu 58 tahun untuk perwira, dan 53 tahun untuk bintara maupun tamtama. Pastikan satu tahun sebelum mencapai usia purnabakti, Anda harus mempersiapkan segala sesuatunya untuk proses pengajuan.

Sedangkan untuk maksimal persiapan pengajuan purnabakti yang direkomendasikan adalah selama satu bulan saja. Jadi ketahui terlebih dahulu usia MMP Anda untuk mempersiapkannya.

2. Persyaratan Pengajuan MPP untuk TNI

Ada banyak persyaratan yang perlu Anda persiapkan saat proses pengajuan purnabakti. Secara garis besar, syarat-syaratnya tidak jauh beda dengan masa persiapan pensiun PNS yang lainnya.

Beberapa persiapannya di antaranya seperti:

  • Surat permohonan pensiun.
  • Salinan SK CPNS dan PNS yang sudah Anda legalisasi.
  • Fotokopi surat keputusan pangkat terakhir yang sah dan sudah dilegalisasi.
  • Salinan daftar keluarga.
  • Pas foto 3 x 4 sebanyak 5 lembar.
  • Surat pengantar dari PPK.
  • Data perorangan calon penerima pensiun.

3. Mempelajari Keahlian baru

Untuk yang ingin tetap produktif di masa purnabakti Anda bisa memulainya dengan belajar beberapa keahlian baru. 

Selain itu, juga bisa mempelajari investasi dan bidang bisnis lain sehingga Anda memiliki aktivitas yang mendatangkan keuntungan.

Investasi juga bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk yang ingin mengamankan finansial secara ampuh

4. Mulai Membangun Passive Income

Sebelum menginjak masa purnabakti, alangkah baiknya untuk mulai membangun sumber-sumber passive income. Ada banyak hal yang bisa coba Anda lakukan contohnya berinvestasi seperti yang kami jelaskan sebelumnya.

Dengan membangun passive income sebelum masa purnabakti, maka Anda sudah terlatih bagaimana cara agar bisa tetap aktif dan kreatif di masa pensiun.Itulah beberapa hal penting perlu Anda perhatikan dalam menyongsong dan mempersiapkan masa persiapan pensiun untuk TNI. Untuk mematangkan rencana Anda, silakan mengikuti program ESQMPP.

Leave a Reply

Open chat
1
Halo,
Ada yang bisa kami bantu?