Skip to main content

Informasi Seputar Program Pelatihan Masa Persiapan Pensiun (MPP)

By May 19, 2021Article
konsultan pelatihan pensiun, konsultan pensiun, konsultan masa persiapan pensiun, masa persiapan pensiun, pelatihan pensiun, pelatihan persiapan pensiun, training pensiun, training persiapan pensiun, training masa persiapan pensiun, kunjungan usaha, solusi pensiun, pra pensiun, persiapan pensiun, pensiun kaya, pensiun dini, tips orang sukses

Dalam menghadapi Masa Persiapan pensiun (MPP). Kebanyakan orang akan mengikuti pelatihan khusus yang berkaitan dengannya. Pelatihan tersebut dikenal dengan program MPP. Seperti apa kiranya program tersebut dilakukan? Simaklah penjelasannya berikut ini : 

Program pelatihan MPP

Program pelatihan mpp umumnya ditawarkan oleh beberapa layanan jasa khusus pelatihan. Kegiatan yang satu ini ditujukan bagi para calon pensiunan. Baik itu karyawan yang ada di lingkungan perusahaan atau bahkan staf pemerintahan. 

Program tersebut juga dilakukan secara berbeda sesuai dengan jadwal yang ditentukan oleh pihak penyelenggara. Ada yang dilakukan selama beberapa hari, satu minggu atau bahkan lebih. Hal tersebut juga bergantung pada berbagai jenis program pelatihan yang dilakukannya. 

Seperti yang Anda tahu, memasuki masa pensiun bukanlah perkara mudah. Apalagi bagi Anda yang semula terbiasa bekerja dan memiliki penghasilan. Kini Anda justru dihadapkan dengan waktu pensiun dan bahkan mungkin tidak disertai dengan penghasilan atau dana pensiun. 

Karena itulah, masa pensiun bukan hanya berpengaruh pada kesehatan fisik saja. Tetapi turut berpengaruh pula pada kesehatan mental. Hal ini juga dikenal dengan istilah post power syndrome yang tentunya dapat menjadikan relasi sosial buruk di sekitarnya. 

Tujuan program MPP

Untuk menghindari hal tersebut, tentunya mengikuti kegiatan pada program pelatihan mpp menjadi hal penting yang dapat dilakukan. Pasalnya hal tersebut dapat membantu Anda untuk menjadikan masa pensiun dengan lebih baik. Hal ini tentunya sejalan dengan tujuan dari program mpp, yang terdiri dari : 

  • Memberikan bekal berupa pengetahuan, pengalaman dan juga pemikiran pada calon pensiunan. Dengan tujuan agar mereka lebih siap dalam menghadapi masa pensiun. 
  • Membantu calon pensiunan secara psikologis, agar mereka lebih kuat, damai, tenang dan juga bahagia. Hal tersebut umumnya dapat dicapai, karena mereka dapat mengatahui dengan pasti tujuan yang ingin dicapai olehnya. Utamanya setelah mereka memasuki masa pensiun. 
  • Memiliki keterampilan yang diperlukan agar dapat mengatur keuangan keluarga dengan lebih baik. 
  • Memiliki gambaran yang lebih komprehensif, utamanya mengenai transformasi diri. Dari yang semula berperan sebagai karyawan kini mereka berubah menjadi wiraswasta. Hal ini sangat penting, utamanya jika pensiunan memiliki semangat menjadi wirausaha. 

Siapa saja yang dapat mengikuti program MPP

Kebanyakan orang berpendapat bahwa kegiatan atau program mpp ini hanya dapat diikuti oleh para calon pensiunan dari PNS saja. Pada kenyataannya, kegiatan ini justru dapat diikuti oleh banyak pihak, seperti halnya : 

  • Karyawan perusahaan swasta atau bahkan pegawai negeri yang hendak memasuki masa pensiun
  • Manajer atau bahkan staf HRD yang kompeten, utamanya dalam melakukan pembekalan bagi calon pensiunan (pra pensiun)
  • Mereka yang berperan sebagai pemerhati kesejahteraan karyawan atau pekerja. 

Materi dari program MPP

Berikut ini adalah beberapa list materi yang umumnya disampaikan dalam program mpp, di antaranya: 

  • Pengantar ketika memasuki masa pensiun 
  • Mengelola mindset diri sendiri agar dapat berpikir positif. Hal ini dapat dilakukan agar Anda terhindar dari stress serta gejala post power syndrome. 
  • Pengelolaan keharmonisan hubungan di antara sesama anggota keluarga 
  • Strategi dalam menjaga kesehatan serta menjalani kehidupan dengan baik 
  • Strategi memulai usaha, marketing, branding 
  • Strategi dalam pengelolaan keuangan dengan lebih efektif. 
  • Pembuatan business plan 
  • Kunjungan ke tempat usaha yang nyata sebagai contoh dan juga acuan
  • Pelatihan bisnis dan juga kegiatan mentoring. 

Untuk Anda yang ingin mengikuti kegiatan seperti program pelatihan mpp di bagian atas tadi. Kini Anda dapat mengikutinya dengan mudah melalui ESQ MPP. Dengan demikian, masa persiapan pensiun (MPP) yang Anda lakukan pun akan jauh lebih bermakna.  

Leave a Reply

Open chat
1
Halo,
Ada yang bisa kami bantu?