Skip to main content

Inilah Beberapa Langkah Melakukan Persiapan Pensiun Menurut Islam

By July 15, 2021Article

Persiapan pensiun menurut Islam bisa dilakukan secara dini agar semuanya tertata dengan baik. Anda bisa menghadapi pensiun dengan lebih terstruktur dan terorganisir menurut nilai-nilai Islam. Inilah beberapa langkah yang harus Anda persiapkan sebelum pensiun. 

Pentingnya Persiapan Pensiun Dini 

Siapapun yang bekerja pastinya akan mengalami yang namanya pensiun. Anda akan tiba saatnya memasuki masa lanjut usia dan pensiun. Pensiun bisa dibilang sebagai suatu masa yang didambakan setiap orang yang sedang bekerja. Tetapi, ada beberapa orang yang kurang suka saat memasuki masa pensiun.  Untuk berada di tahap ini, ada beberapa hal yang harus dipersiapkan sebagai suatu persiapan menuju pensiun. Persiapan ini tidak mudah karena membutuhkan suatu proses yang panjang agar kehidupan Anda setelah pensiun tetap sejahtera dan berkecukupan walaupun Anda sudah tidak bekerja lagi. 

Persiapan Pensiun Menurut Islam 

Pertambahan usia pastinya akan membuat siapapun menjadi tua dan renta. Hal ini berpengaruh terhadap kemampuan fisik seseorang. Pensiun adalah suatu kepastian untuk setiap orang yang bekerja di instansi dan perusahaan manapun. Anda yang sudah memasuki masa pensiun tak bisa dituntut bekerja seperti saat masih muda. Oleh karena itu, Anda akan masuk pada masa pensiun. 

Persiapan pensiun menurut Islam sangat perlu sekali dilakukan. Anda bisa memaksimalkan sedekah Anda saat menjelang masa pensiun. Apa yang Anda keluarkan melalui sedekah akan kembali ke Anda dalam wujud yang sama atau hal baik lainnya. Hal ini dilakukan agar mempermudah kehidupan Anda di masa pensiun. Pihak pemberi kerja juga harus memberikan hak dan kewajibannya untuk pegawainya saat mereka sudah memasuki masa pensiun. 

Beberapa Langkah Yang Harus Dilakukan Menjelang Pensiun 

Ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan sebelum masa pensiun tiba. Langkah-langkah tersebut sangatlah baik untuk membuat periode pensiun lebih baik dan menyenangkan. 

  • Membekali Diri dengan Keterampilan¬†

Langkah pertama yang bisa dilakukan adalah dengan meningkatkan kemampuan dan keterampilan. Anda dituntut melakukan hal ini agar saat masa pensiun tiba memiliki peluang untuk mengembangkan keterampilan dan kemampuan Anda sehingga bisa memperoleh penghasilan tambahan dari hal tersebut. Hal ini sesuai dengan Rasulullah yang memulai kehidupan baru di usia 40 tahun yang mana bisa tetap mengisi hidupnya dengan hal-hal yang bermanfaat saat memasuki masa pensiun. 

  • Melatih Kekuatan Mental dan Spiritual¬†

Hal lain yang bisa Anda lakukan adalah dengan membekali diri mental dan spiritual yang kuat. Di dalam ajaran Islam juga ditekankan betapa pentingnya pelatihan spiritual dan mental untuk menjalani kehidupan. Hal ini berguna untuk menghindari post power syndrome yang diderita karena adanya bayangan gelap di masa lalu. Tetapi, kekuatan mental dan spiritual dalam Islam tak hanya berkaitan dengan sindrom tersebut. Hal tersebut lebih untuk persiapan orang yang baru saja melewati usia senja. Terkadang banyak orang yang belum siap usianya semakin tua. 

  • Mempersiapkan Dana Pensiun¬†

Hal terakhir yang bisa Anda lakukan adalah mempersiapkan dana pensiun. Ini akan menjadi hal penting yang menjadi kompensasi finansial Anda menjelang masa tua dan pensiun. Dana pensiun ini akan membuat Anda merasa tenang walaupun sudah pensiun dan tua karena Anda bisa mengandalkan dana pensiun ini. Di dalam Islam, tak ada masalah terkait dana pensiun. Bahkan hal ini salah satu hal yang dianjurkan karena merupakan hal baik yang memperhatikan kesejahteraan finansial pekerja. Tak ada salahnya melakukan persiapan pensiun dalam Islam seperti dana pensiun ini lebih dini agar kesejahteraan pegawai tetap terjaga. 

Leave a Reply

Open chat
1
Halo,
Ada yang bisa kami bantu?