Skip to main content

Inilah Beberapa Persiapan Masa Pensiun Yang Bisa Anda Lakukan

By June 22, 2021Article
Begini Baiknya Rencana Keuangan Pensiun di Tahun Pertama.

Bagi sebagian orang, dalam menghadapi persiapan masa pensiun adalah hal yang menakutkan. Dikarenakan tentu saja penghasilan yang tadinya tinggi, mendadak menjadi sangat minim. Begitu juga waktu yang tadi nya sangat sibuk maka akan menjadi sangat lowong.

Namun yang seharusnya anda rasakan adalah merasa bahagia karena anda jadi bisa mengatur waktu sesuka anda dan bagi mereka yang menyukai bisnis maka akan banyak waktu luang untuk fokus pada bisnis yang dijalankan.

Untuk menghadapi persiapan masa pensiun dengan gemilang, maka ada beberapa persiapan yang harus dilakukan. Agar nantinya anda dapat hidup tenang dengan tetap berpenghasilan cukup, serta kesehatan yang prima.

РFasilitas kesehatan 

Saat masih bekerja tentunya setiap biaya kesehatan yang dikeluarkan akan ditanggung oleh tempat bekerja. Baik itu jumlah besar maupun kecil. Anda tak pernah gundah perihal biaya saat anda atau keluarga harus mendatangi fasilitas kesehatan.

Berbeda halnya dengan saat setelah pensiun maka tingkat fasilitas kesehatan dan jenis obat yang akan didapat pastinya akan berbeda. Saat telah pensiun anda tidak akan mendapatkan lagi kamar kelas 1 atau VIP saat harus dirawat pada rumah sakit.

Begitu pula untuk jenis obat-obatannya, yang biasanya akan dialihkan pada jenis generic. Namun hakikatnya sama saja. Karena penyakit tidak juga cepat sembuh hanya dengan kamar rawat VIP. Disamping itu untuk obat generik saat ini juga memiliki kualitas bagus.

Pada beberapa orang, mereka mencari asuransi kesehatan yang memberikan jaminan kesehatan yang memberikan fasilitas sama dengan yang didapat saat masih aktif bekerja. Dan biasanya asuransi harus dibayarkan sekian lama dengan jumlah rupiah tertentu, jauh-jauh hari sebelum pensiun terjadi sebagai persiapan masa pensiun.

– Cadangan dana

Saat pertama pensiun, terkadang dana pensiun tidak serta merta otomatis cair pada bulan pertama anda pensiun. Bisa saja akan cair setelah tiga bulan pertama pensiun. Meski akan diakumulasi, namun tetap saja anda membutuhkan uang di awal masa pensiun

Untuk itu ada baiknya anda cadangkan dana untuk minimal tiga bulan pertama pensiun. Kecuali anda memiliki pasangan yang juga bekerja dan masih aktif bekerja, yang dapat menanggung biaya anda saat awal pensiun.

– Persiapkan mental yang stabil

Banyak sekali perubahan yang akan terjadi saat masa pensiun. Mulai dari penghasilan, jam kerja dan lainnya. Jika saat masih aktif bekerja anda selalu sehat, namun saat telah pensiun anda akan berdiam di rumah saja.

Bagi beberapa orang, kondisi ini membuatnya tertekan dan merasa depresi. Karena banyak waktu lowong tanpa kegiatan. Biasanya inilah yang membuat penyakit datang. Maka persiapkan mental dalam menghadapi kondisi masa pensiun. Sehingga anda terhindar dari depresi

– Asumsi yang benar

Persiapan masa pensiun tidak selamanya harus dipikirkan sebagai masa yang tidak produktif atau orang yang tidak memiliki kontribusi lagi. Jika anda dapat mengubahnya bahwa sebenarnya masa pensiun adalah masa yang membuat anda lebih banyak waktu untuk keluarga, banyak waktu mengelola bisnis dan hobi anda.

Begitu juga dengan kegiatan sosial, anda memiliki banyak waktu luang berkecimpung pada kegiatan sosial sehingga meski telah pensiun, anda tetap dapat membawa manfaat bagi orang banyak. Kesehatan anda juga akan stabil karena merasa bahwa anda masih sangat dibutuhkan oleh orang sekitar anda.

– Alihkan hobi menjadi pemasukan

Hobi yang dikembangkan, bisa jadi nantinya akan dapat dijadikan usaha yang menghasilkan uang tambahan. Misalnya anda hobi merawat bunga. Maka kembangkan hobi tersebut dengan mengembangbiakkan bunga menjadi spesies baru. Atau perbanyak bunga dalam pot-pot kecil yang mudah untuk dijual.

Atau anda memiliki kemampuan dalam pembuatan pupuk kompos. Dengan modal sedikit maka anda dapat membuat pupuk dan memasarkan ke toko bunga terdekat atau secara online sebagai persiapan masa pensiun.

Leave a Reply

Open chat
1
Halo,
Ada yang bisa kami bantu?