Skip to main content

Jangan Remehkan Persiapan Pensiun Muda Jika Ingin Hidup Nyaman

By September 3, 2021Article

Banyak orang yang sukses saat ini sering menimbang pensiun muda. Kesempatan pensiun muda memang bisa membuka peluang lebih besar bagi para orang muda sukses. Karena tetap mendapatkan pesangon, masih cukup muda dan masih bisa aktif, Anda bisa mencoba kembangkan ekonomi lebih baik.

Bagi Anda yang ingin lebih siap secara ekonomi sebelum mengambil pensiun muda, mari bahas tips persiapan pensiun muda yang bisa Anda lakukan berikut ini:

Pastikan Memiliki Asuransi

Saat mendekati waktu pensiun, pastikan Anda bisa memiliki asuransi. Minimal Anda memegang dua asuransi yaitu soal kesehatan dan property. Property ini penting jika nantinya mobil atau rumah Anda mendapatkan masalah kerusakan. Sedangkan asuransi kesehatan penting untuk kurangi pengeluaran jika sakit.

Saat ambil asuransi, pertimbangkan soal biaya premi dan juga keuntungan layanan yang bisa diambil. Beberapa asuransi memiliki premi mahal tapi layanan yang diberikan terkadang tidak worth it. Lebih baik ambil asuransi premi rendah yang sesuai dengan layanan yang diberikan.

Coba Persiapkan Usaha Sampingan

Bagi banyak kaum muda, diam menikmati pensiun terkadang tidak memuaskan. Anda bisa coba buat usaha sendiri agar bisa lebih bebas secara ekonomi. Karena tidak lagi di bawah perusahaan, Anda bisa lebih bebas mengatur usaha sampingan ini.

Contoh saja persiapan pensiun muda yang menabung modal untuk buka restoran sendiri. Pensiunan muda ini hanya membuat menu dan layout tempat. Untuk kebutuhan memasak dan layanan, ia memperkerjakan orang yang ahli.

Usaha restoran tentu bisa menghasilkan banyak keuntungan bila sukses. Sebagai pemilik, persiapan modal dan kemampuan management sudah sangat mencukupi. Jadi walaupun tidak repot dalam pelayanan, ia akan tetap mendapatkan penghasilan besar.

Menggunakan cara buka usaha tersebut, Anda yang pensiun muda pasti lebih terpenuhi kebutuhannya. Tidak harus bergantung pada pesangon ataupun tabungan untuk kebutuhan. Banyak orang bahkan mengaku bisa lebih sukses menjalani usaha sendiri ini daripada bekerja di bawah perusahaan. Jadi jangan lewatkan kesempatan sukses ini. Pastikan sudah ada persiapan untuk mulai usaha sebelum memasuki masa pensiun dini.

Investasi Harus Sudah Siap

Selain buka usaha Anda bisa juga mengelola modal untuk investasi. Pendapatan dari investasi jauh lebih mudah dihasilkan selama Anda tahu apa yang perlu dilakukan. Tidak perlu bekerja banyak di hari tua, tapi tetap dapat income pasif dari investasi sewa properti dan juga saham.

Banyak orang yang pensiun muda memilih bermain saham karena tidak berat. Cukup lakukan analisis dan baca pergerakan pasar tanpa harus keluar tenaga banyak. Keuntungan investasi trading saham juga banyak hasilnya.

Jika tidak begitu ahli melakukan sendiri, Anda bisa gunakan reksadana. Metode investasi ini menggunakan jasa pihak ahli untuk mengelola investasi saham Anda. Walaupun hasilnya tidak akan sebesar melakukan sendiri karena harus bayar jasa, keuntungan tetap banyak jika Anda investasi besar.

Lakukan Analisa dan Estimasi Pengeluaran Anda Saat Pensiun

Hal terakhir yang perlu dipersiapkan baik adalah kemampuan ekonomi Anda untuk pengeluaran dan kebutuhan mendadak. Pastikan hitung sesuai pengeluaran Anda sehari – hari dan bulanan. Menggunakan analisa ini, Anda bisa tahu apakah hasil usaha, investasi dan juga uang pensiun cukup untuk semua itu.

Saat lepas dari pekerjaan tetap dan stabil, Anda harus bisa kelola keuangan sendiri. Mulai dari tagihan bulanan, kebutuhan makan, pengeluaran mendadak dan bahkan untuk kebutuhan hiburan harus mulai dipertimbangkan. Jika semisal perhitungan berlebihan dan tidak sesuai pendapatan, Anda harus atur ulang agar tabungan Anda tidak terkuras.

Bagaimana menurut Anda soal tips persiapan pensiun di atas? Mudah – mudahan bahasan ini bisa berguna bagi Anda semua. Selamat menyusun persiapan pensiun muda Anda! Semoga sukses!

Leave a Reply

Open chat
1
Halo,
Ada yang bisa kami bantu?