Skip to main content

Kapan Waktu Yang Tepat Untuk Mulai Persiapan Pensiun?

By April 6, 2022Article

Pensiun adalah peristiwa penting dalam hidup kita, seperti halnya pendidikan, pernikahan, dan membesarkan anak. Saat ini, tingkat harapan hidup manusia meningkat dengan cepat karena perawatan medis yang lebih baik, peningkatan standar kesehatan dan kebersihan, dan ketersediaan makanan yang lebih banyak. Hal ini menunjukkan bahwa angka hidup nenek moyang kita pada tahun 1950an, yang rata-rata hidup sampai usia 77 tahun, meningkat sekitar 10 tahun menjadi usia 87 tahun pada tahun 2010. Tambahkan 10 tahun lagi pada usia yang kita inginkan saat pensiun – mungkin sekitar usia 50 – dan Anda sedang melihat 20 tahun tambahan kehidupan pensiun yang baik, dan hampir 30-40 tahun hidup tanpa pekerjaan, tanpa penghasilan. Jumlah ini mungkin lebih banyak dari jumlah tahun Anda bekerja.

Jadi, kapan waktu yang tepat untuk mulai persiapan pensiun?

Jawabannya sederhana: sesegera mungkin. Idealnya, Anda mulai menabung di usia 20-an, saat pertama kali meninggalkan sekolah dan mulai mendapatkan gaji. Hal ini karena semakin cepat Anda mulai menabung, semakin banyak waktu yang dimiliki uang Anda untuk tumbuh. Jika Anda menunggu untuk menabung ketika Anda memperoleh “pendapatan lebih banyak”, hari menikmati tabungan mungkin tidak akan pernah datang, karena pengeluaran Anda cenderung meningkat sebanding dengan penghasilan Anda.

Ketika Anda berusia 20-an, masa pensiun tampak sangat jauh sehingga hampir tidak terasa nyata sama sekali. Faktanya, itu adalah salah satu alasan paling umum yang dibuat orang untuk membenarkan tidak menabung untuk masa pensiun. Tetapi ketika Anda mulai menabung dari usia 20-an, keuntungan setiap tahun dapat menghasilkan keuntungan mereka sendiri di tahun berikutnya – sebuah fenomena pembangunan kekayaan yang kuat yang dikenal sebagai compounding.

Anda mungkin tidak menghasilkan banyak uang saat memulai karir, tetapi ada satu hal yang Anda miliki lebih dari orang yang lebih kaya dan lebih tua: waktu. 

Dengan waktu di pihak Anda, menabung untuk masa pensiun menjadi prospek yang jauh lebih menyenangkan, bahkan sejumlah kecil tabungan untuk masa pensiun dapat membuat perbedaan besar di masa depan Anda. Jika Anda memberi tabungan Anda cukup waktu untuk tumbuh, Anda hanya memerlukan investasi uang yang relatif kecil—dilakukan secara konsisten—untuk menghasilkan saldo yang cukup besar.

Siapa pun yang mendekati usia pensiun akan memberi tahu Anda bagaimana waktu cepat berlalu, dan membangun sarang telur yang cukup besar menjadi lebih sulit jika Anda tidak memulai lebih awal. Anda juga mungkin akan memiliki pengeluaran lain yang mungkin belum Anda miliki, seperti cicilan dan keluarga. Seberapa nyaman dan bebas kekhawatiran masa pensiun Anda, kemungkinan akan bergantung pada seberapa dini Anda memulai perencanaan pensiun. Investasi tepat waktu mungkin saja menjadi perbedaan antara impian pensiun Anda dan impian itu menjadi kenyataan!

Jadi, bagaimana Anda bisa memiliki masa pensiun yang selalu Anda inginkan?

Untuk tau jawabannya, segera daftarkan dirimu atau kerabatmu ke program-program training ESQ Masa Persiapan Pensiun. Kami akan memastikan Anda tidak melalui fase perencanaan ini sendirian. Pelatih kami berpengetahuan luas dan berpengalaman, dan akan membantu Anda mempersiapkan rencana pensiun yang lebih baik.

Source:

  • CNN
  • Investopedia
  • CNBC
  • Vanguard

Leave a Reply

Open chat
1
Halo,
Ada yang bisa kami bantu?