Skip to main content

Keterampilan Wirausahawan Sukses

By March 27, 2017August 20th, 2020Pensiun Produktif

Agar Sukses berwirausaha, seorang pebisnis harus menciptakan hal yang BERBEDA, agar bisa tetap bertahan, dan menjadi unggul diantara pesaing. Untuk menciptakan Hal yang menjadi Pembeda dari kompetitor, dibutuhkan Keterampilan (skill) yang harus terus menerus diasah dan diperbaharui. Agar tidak menjadi tumpul dan membuat bisnis mandul. Sebagai calon purnakarya yang ingin berbisnis, hal ini penting untuk diketahui, terutama dalam masa persiapan pensiun. Mari kita ikuti penjelasan dari ESQ MPP sebagai Konsultan Pensiun Terbesar dan Terpercaya di Indonesia berikut ini :

Mungkin pembaca belum mengikuti Pelatihan Persiapan Pensiun dari ESQ Masa Persiapan Pensiun, tapi itu tidak apa. Materi yang kami sampaikan ini bisa berguna untuk siapa saja yang ingin sukses setelah Pensiun. Berikut ini kami akan membahas mengenai lapisan terakhir dalam Prioritas Kewirausahaan dari Moeljanto Tjokrowinoto (1996), yaitu mengenai Keterampilan (skill) yang dibutuhkan untuk mencapai kesuksesan dalam membangun Usaha.

Keterampilan (Skill)

                Sebuah usaha memiliki persyaratan keterampilan yang berbeda. Usaha pendidikan, memiliki persyaratan keterampilan mengajar. Sementara, usaha kelontong atau sembako, mengharuskan anda memiliki keterampilan untuk menjual. Usaha lainnya seperti bidang percetakan, membutuhkan keterampilan desain grafis dan keterampilan teknis untuk mengoperasikan berbagai mesin percetakan. Dan usaha di bidang online memerlukan keterampilan teknis di bidang IT dan internet.

                Tidak semua pemilik usaha perlu terampil, tapi saat kita tidak memiliki keterampilan yang dibutuhkan dalam bidang usaha yang ingin kita kembangkan, minimal kita memiliki karyawan yang telah menguasai keterampilan tersebut. Namun ini bisa berarti kita harus membayar harga mahal untuk menggaji karyawan tersebut.

                Menurut Dr. Teuku Norman (2015), Direktur Human Capital dari ESQ Group, bila seorang wirausahawan tertarik untuk mengembangkan suatu usaha, namun tidak memiliki keterampilan yang dibutuhkan, maka yang harus ia kembangkan adalah dari lapisan prioritas yang ke-2, yaitu mengembangkan Kepemimpinan, atau Leadership.

Ada tiga hal yang memungkinkan seseorang, baik terampil maupun tidak, untuk bisa tampil sebagai tokoh yang sukses, atau orang yang berkecukupan yaitu (Teuku Noerman, 2015) :

  1. Memanfaatkan leadership yang berasal dari diri sendiri.

  2. Memanfaatkan leadership orang lain.

  3. Faktor keberuntungan (luck atau hoki).

                Penjelasannya adalah, untuk model (a) memanfaatkan leadership dari diri sendiri, adalah berarti bahwa pembaca bisa mempelajari hal-hal yang berhubungan dengan bidang teknis keterampilan tersebut, hingga akhirnya bisa mengenali apa saja yang dibutuhkan, dan bisa mengelola serta memimpin usaha anda hingga berhasil.

                Untuk model (b) penjelasannya adalah dengan memanfaatkan leadership orang lain; berarti adalah anda merekrut karyawan yang memiliki keterampilan tersebut, dan menyerahkan kepemimpinan anda pada orang yang anda percayai tersebut, agar ia bisa mengembangkan usaha anda dengan baik.

                Untuk model (c) penjelasannya adalah, faktor keberuntungan yang berarti anda bisa memimpin usaha anda tanpa harus mempelajari keterampilan tersebut, dan ternyata menemukan pasar yang cocok yang membuat usaha anda terus berjalan secara kontinyu.

                Namun, akan sulit sekali untuk bisa mengandalkan hoki semata. Karena kita tidak tahu apa yang akan terjadi, dan kita juga tidak bisa mengatasi bila terjadi hal yang besar dan berat, yang bisa merusak usaha anda.

                Di ESQ MPP, kami memahami bahwa sebagai seorang pemilik modal, anda tidak ingin gagal. Terutama apabila permodalan yang diandalkan, berasal dari tabungan hasil kerja keras puluhan tahun, atau dari dana pensiun anda. Untuk itulah, ESQ MPP memformulasikan berbagai solusi untuk memastikan anda bisa meraih keberhasilan dalam membangun usaha anda. Salah satunya adalah melalui program Pendampingan Personal, sebuah rangkaian program sesi konseling usaha, dengan pembimbing yang berasal dari beberapa orang ahli yang berpengalaman. Untuk informasi lebih lanjut, pembaca bisa menghubungi nomor kontak dari sales kami dalam artikel MPP News ini.

Sebagai Konsultan Pensiun Terbesar di Indonesia, kami menyelenggarakan Training ESQ Masa Persiapan Pensiun secara Teratur. Training ESQ MPP Publik akan diadakan pada tanggal : 21-23 Maret 2017. Berlokasi di Jakarta Selatan.

 

Materi yang diberikan adalah :

  • Meraih Kebijaksanaan Hidup (Wisdom Living)

  • Kecerdasan Finansial (Financial Quotient)

  • Manajemen Kesehatan (Healthy Session)

  • Pengembangan Wirausaha (Leverage Assets)

Training ini adalah untuk anda yang :

  • Tidak mau hidup bergantung pada anak, membutuhkan suntikan semangat untuk tetap mandiri di masa tua

  • Takut gagal dan kehilangan dana pensiun, membutuhkan ilmu dan bimbingan untuk bisa berusaha dengan modal kecil dan rendah resiko

  • Takut inflasi membuat uang tidak berarti, dan butuh strategi investasi keuangan yang jitu dan anti rugi

  • Ingin tetap kaya untuk puluhan tahun yang akan datang, hingga ke anak cucu

  • Ingin bisa berinvestasi dengan bijak dan tidak mau sedikit pun rugi seperti Warren Buffet

  • Merasa tidak berdaya dan mudah sakit dan Ingin lepas dari Belenggu Mental tersebut yang membuat anda merasa lemah

  • Meyakini bahwa seperti Pendiri IBM, KFC dan Nestle, Masa Pensiun bisa jadi Masa Sukses dan Bahagia penuh Makna

Untuk keterangan lengkap mengenai Bagaimana anda bisa mengikuti Training Publik untuk Masa Persiapan Pensiun dari Konsultan Pensiun Terbaik di Indonesia, Kunjungilah website kami di : www.esqmpp.com

  • Hubungi kami via email : esqmpp@gmail.com

  • Hubungi via atau wa/telp/line ke HP  0856 9311 9026 (Gina)

  • atau telepon ke kantor kami di Menara 165 lantai 24, ke : 021 2940 6969 ext. 174 (Gina)

Leave a Reply

Open chat
1
Halo,
Ada yang bisa kami bantu?