Skip to main content

Kiat Sukses Para Tokoh Terkaya di Dunia (3)

By December 9, 2016August 20th, 2020Kisah Inspiratif
konsultan pelatihan pensiun, konsultan pensiun, konsultan masa persiapan pensiun, masa persiapan pensiun, pelatihan pensiun, pelatihan persiapan pensiun, training pensiun, training persiapan pensiun, training masa persiapan pensiun, kunjungan usaha, solusi pensiun, pra pensiun, persiapan pensiun, pensiun kaya, pensiun dini, tips orang sukses

Kiat Sukses Para Tokoh Terkaya di Dunia ada beragam, diantaranya adalah langkah berikut ini , yang akan kami sajikan untuk anda :

  1. Bangunlah kekayaan, bukan kebangkrutan

 

Tokoh terkaya kedua di dunia ini membangun kekayaannya dari nol. Ia berasal dari keluarga sederhana.

 

Amancio belajar mencari uang dengan membuat pakaian dengan tangannya sendiri. Kini perusahaannya telah menjadi besar, memiliki 6000 gerai butik di seluruh dunia dan memiliki total pekerja 92.000 orang. Namun hingga saat ini ia masih ikut turun mendesain pakaian dengan tangannya sendiri, ikut memilih bahan, dan terlibat secara aktif dalam setiap bagian produksi.

 

Amancio Ortega dilahirkan sebagai anak bungsu dari 4 bersaudara pada tahun 1936. Ayahnya adalah seorang pekerja rel di Spanyol.

 

Pada umur 14 tahun, Amancio meninggalkan sekolah karena ayahnya pindah pekerjaan. Ia kemudian bekerja sebagai pembuat pakaian. Ia belajar cara membuat pakaian dengan tangannya sendiri.

 

Pada tahun 1975, di usianya yang ke 39 tahun, Amancio mendirikan toko Zara untuk pertama kalinya.

 

Saat ini, Zara merupakan bagian dari Inditex, sebuah korporasi fashion besar yang memiliki sejumlah merk fashion yang terkenal di dunia selain Zara, seperti Pull and Bear, Massimo Dutti, Bershka, dan Stradivarius. Amancio adalah pendirinya, ia memiliki 59% saham dari Inditex.

 

Posisi kekayaan Amancio sekarang berada di urutan kedua orang terkaya di dunia, setelah Bill Gates pemilik Microsoft. Namun, ia masih menjadi seorang yang sangat sederhana dan tertutup. Gaya berpakaiannya tidak neko-neko. Ia masih mengenakan pakaian yang sederhana, bahkan bukan berasal dari merk yang dimilikinya sendiri.

 

Amancio pun tidak pernah tampil dalam sorotan public. Pertama kalinya ia terlihat oleh publik adalah saat Inditex sedang dipublikasikan untuk masuk pasar saham di tahun 2001. Saat itulah baru publik spanyol terkejut dan menangkap gambarnya. Selama hidupnya, ia hanya pernah menjalani 3 wawancara dengan media.

 

Yang harus kita pelajari dari Amancio adalah kegigihannya dalam membangun kekayaan. Ia tidak berasal dari keluarga yang kaya. Tapi, ia bisa dengan gigih bekerja untuk membangun kekayaannya sendiri. Amancio belajar dengan membuat baju satu demi satu. Ia belajar menjaga kualitas, dan mengetahui perbedaan mutu berbagai jenis bahan. Ia juga mendalami selera publik, kepantasan berpakaian, dan tidak pernah mendesain suatu pakaian yang seksi atau mempertontonkan bagian tubuh.

 

Amancio tidak menghabiskan kekayaannya dengan berfoya-foya. Ia justru mengajarkan pada keluarga dan para pekerjanya untuk tetap sederhana. Ia tidak menjauhkan diri dari mereka. Setiap akhir minggu ia memiliki waktu khusus untuk makan sore bersama keluarganya, menyiapkan makanan bakar. Dan setiap hari di waktu kerjanya, ia duduk dan memilih kain bersama karyawannya, di tingkat terendah sekalipun. Ia tidak hanya duduk di meja besar dan membaca memo saja, atau menunggui layar computer yang menunjukkan harga saham

 

Di masa tuanya, Amancio Ortega tetap tidak berubah. Ia terus bekerja. Walaupun ia tinggal menuai hasilnya. Ada sejumlah langkah bisnis yang selalu ia jaga, yang membuat Zara memimpin dalam penjualan fashion di dunia, dan untuk menjual kekayaannya :

  1. Memproduksi secepat mungkin. Ia mengamati panggung mode dunia, dan 3 hari kemudian model yang mirip akan muncul di tokonya dengan sentuhan khas Zara

  2. Mengikuti keinginan pelanggan. Apa yang diinginkan pelanggan menjadi kiblat utamanya. Ia akan menyediakan model dan harga yang akan laku dibeli

  3. Kreatif dan inovatif. Model pakaian selalu baru, dan ia tidak mau ketinggalan zaman. Ia menginginkan apa yang terbaru ada di tokonya.

  4. Mengontrol ketersediaan barang. Jumlah stok pakaian yang diproduksi, dibuatnya dalam jumlah besar, dan disebarkan ke seluruh dunia, dalam waktu yang sangat cepat dan banyak. Ia memastikan seluruh pelanggan mendapatkan produk yang mereka mau, tanpa takut kehabisan.

  5. Tidak lupa pada akar. Tetap sederhana dan menjadi orang yang seperti dahulu saat ia memulai bisnisnya. Ia sering mengadakan perjalanan bersama anak-anaknya untuk kembali ke kota kecil tempatnya dilahirkan.

 

Itulah salah satu langkah sukses yang bisa anda ikuti. Terutama saat anda ingin mengikuti langkah-langkah tokoh terkaya dunia, dalam membangun kesuksesannya.

Banyak tokoh dunia yang akan kami sajikan langkah suksesnya untuk anda, dalam sejumlah tulisan berikutnya. Ikuti website esqmpp.com ini secara teratur ya.  Bila anda tertarik untuk mengetahui bagaimana cara agar bisa Pensiun Bahagia, Sejahtera dan Bermakna, hubungi kami di esqmpp@gmail.com atau di 021-2940-6969 ext. 174

Leave a Reply

Open chat
1
Halo,
Ada yang bisa kami bantu?