Skip to main content

Kiat Sukses Para Tokoh Terkaya di Dunia (6)

By December 20, 2016August 20th, 2020Kisah Inspiratif
konsultan pelatihan pensiun, konsultan pensiun, konsultan masa persiapan pensiun, masa persiapan pensiun, pelatihan pensiun, pelatihan persiapan pensiun, training pensiun, training persiapan pensiun, training masa persiapan pensiun, kunjungan usaha, solusi pensiun, pra pensiun, persiapan pensiun, pensiun kaya, pensiun dini, tips orang sukses

Para Tokoh dunia, memiliki kiat suksesnya masing-masing. Apa kira-kira kiat sukses dari Jack Ma? Pemilik Perusahaan yang memiliki nilai IPO (initial public offering) tertinggi di bursa New York Stock Exchange? Kiat Suksesnya adalah :

 

Terimalah tawaran orang yang ingin berinvestasi pada usaha anda

 

Jack Ma lahir dengan nama Ma Yun, pada tahun 1964, dari sebuah keluarga miskin di Huangzou, China. Ia sangat suka belajar bahasa Inggris. Sejak kecil ia berjalan berkilo-kilo untuk mencapai suatu hotel tempat menginap para turis asing. Dan ia menawarkan pada mereka untuk berkeliling secara gratis, asalkan ia bisa belajar bahasa Inggris.

 

Di China, ujian Perguruan Tinggi hanya berlangsung sekali setahun. Setelah 4 kali gagal ujian masuk universitas, Ma akhirnya lulus untuk masuk ke sebuah sekolah keguruan, disana ia mengambil jurusan bahasa Inggris. Ia menikah dengan Zhang Ying, seorang wanita yang hingga sekarang menjadi istrinya, setelah lulus kuliah.

 

Setelah lulus, ia kesulitan dalam mencari pekerjaan yang layak. Ia ditolak oleh sejumlah perusahaan sebelum akhirnya diterima sebagai guru bahasa inggris, itu pun hanya dengan gaji sebesar 12 dollar saja.

 

Pada tahun 1995, Ma pergi ke Amerika untuk mengadu nasib, dan mulai mengenal dunia internet dari kawannya. Saat itu ia mencari sejumlah produk yang seharusnya ada di China, tapi tidak muncul sebagai hasil pencarian dari search engine. Ia pun terkaget-kaget, dan malah menemukan peluang disana.

 

Ma lalu pulang dan mulai membuat semacam China Yellow Pages, yang berisikan daftar kontak dan alamat berbagai perusahaan yang ada di China, dengan berbasis internet, dari apartemen kecilnya. Pertama kali, ia meminjam uang dari pamannya sebesar 24 juta rupiah sebagai investasi untuk membuat perusahaan ini. Butuh waktu 3 tahun untuknya mulai menuai sukses, karena harus menunggu perkembangan infrastruktur internet tumbuh di China.

 

Pada tahun 1999, barulah ia memiliki ide untuk membentuk sebuah perusahaan e-commerce bernama Alibaba. Perusahaan ini didirikan dengan investasi dari 17 orang kawan-kawannya, yang ia yakinkan dengan susah payah. Situs ini mulanya mengumpulkan para eksportir China yang siap menerima pesanan dari seluruh dunia.

 

Tak butuh waktu lama, alibaba langsung meroket. Kebutuhan dunia akan penyediaan barang secara sangat murah dan dalam kuantitas banyak, bisa dipenuhi dengan cepat oleh para produsen dan eksportir yang tergabung di alibaba.com  ini.

 

Jack pun tidak menutup diri, ia membuka lebar-lebar pintu investasi dari berbagai pihak yang berminat. Pada bulan Oktober 1999, alibaba mendapat suntikan dana $5 juta dari Goldman Sachs dan $20 juta dari SoftBank, sebuah perusahaan teknologi Jepang yang berinvestasi pada perusahaan-perusahaan teknologi. Pada tahun 2005,  Yahoo! turut membeli saham alibaba.com, kali ini besarnya hingga mencapai 40% dari total saham.

 

Akhirnya, Jack tetap menjadi orang terkaya di China, dengan memiliki 7% dari saham alibaba.com dan 40% dari saham alipay. Bila ia menutup diri dari investor, tentunya keberhasilan yang super sukses ini tidak akan terjadi bukan?

 

Bagaimana dengan anda, ingin mengembangkan usaha dengan sukses? Hubungi kami ESQ MPP di email esqmpp@gmail.com atau telepon 021-2940-6969 ext. 174

Leave a Reply

Open chat
1
Halo,
Ada yang bisa kami bantu?