Skip to main content

Kiat Sukses Para Tokoh Terkaya di Dunia (7)

By December 23, 2016August 20th, 2020Kisah Inspiratif
konsultan pelatihan pensiun, konsultan pensiun, konsultan masa persiapan pensiun, masa persiapan pensiun, pelatihan pensiun, pelatihan persiapan pensiun, training pensiun, training persiapan pensiun, training masa persiapan pensiun, kunjungan usaha, solusi pensiun, pra pensiun, persiapan pensiun, pensiun kaya, pensiun dini, tips orang sukses

Banyak orang gagal, lalu berhenti berusaha. Lalu hidup selamanya jadi orang biasa. Tapi, ada sejumlah orang yang berhasil bangkit setelah mereka gagal. Mereka lalu mencapai kesuksesan luar biasa, dan meninggalkan dunia dengan nama yang harum dan meninggalkan karya yang mulia, dan perusahaan yang super sukses. Anda pun, memiliki kedua pilihan diatas. Untuk berhenti bila gagal, atau bangkit dan melenting, mencapai kesuksesan yang anda inginkan. Seorang Tokoh dunia berikut ini, bisa menginspirasi anda.

 

Kiat Sukses Para Tokoh Terkaya di Dunia (7) :

Jangan berhenti bila gagal, selalu coba lagi

 

Tokoh yang akan kita kupas kisahnya adalah Steve Jobs. Steve meninggal dunia karena penyakit yang dideritanya. Sebelum meninggal, ia telah mengembangkan Apple, perusahaan yang didirikannya, hingga menjadi perusahaan teknologi informasi paling top di dunia kala itu. Padahal sebelumnya, ia ditendang oleh para pemegang saham dari perusahaan yang didirikannya itu. Ya, Steve pernah gagal. Tapi ia tidak menyerah. Bagaimana kisah lengkapnya?

 

Steve Paul Jobs lahir dengan nama Abdul Latief Jandali pada tahun 1955. Ayahnya adalah imigran yang berasal dari Syiria. Ia kemudian diangkat anak oleh keluarga Paul dan Clara Jobs, karena mereka berjanji untuk menyekolahkan Steve hingga kuliah. Sebuah janji yang akhirnya pun tidak bisa mereka penuhi.

 

Steve menjalani masa kecil dan masa sekolah dengan prestasi yang biasa, dan tidak menonjol di sekolahnya. Bahkan ia dropout dari kuliahnya, karena keterbatasan ekonomi. Ia pun bekerja di Atari, sebuah perusahaan permainan komputer, sebagai teknisi. Ia bertemu Steve Wozniak di sebuah klub komputer.

 

Pada saat berusia 20 tahun, Jobs mengajak Wozniak untuk mendirikan Perusahaan yang bernama Apple Computer Inc, yang menghasilkan sejumlah desain komputer, berturut-turut : Apple I, Apple II, Apple III dan Apple Lisa. Yang paling terkenal sekarang adalah Apple Lisa, dengan teknologi yang sangat canggih, dan dikenal sebagai PC yang paling banyak ditiru modelnya di dunia. Walaupun begitu, penjualan Apple Lisa tidak terlalu baik. Jobs pun akhirnya mengembangkan MacIntosh, saat ia berusia 30 tahun. Namun tidak lama kemudian ia justru dipecat dari perusahaannya sendiri. Alasan mereka memecat Jobs adalah karena ia terlalu keras kepala dan tempramental.

 

Semua media meliput tragedi yang menimpa Jobs tersebut secara besar-besaran. Tapi, Jobs tidak patah semangat. Ia kemudian mendirikan NexT, sebuah perusahaan komputer yang kemudian berkembang dengan amat baik. Lalu Jobs pun mendirikan PIXAR Animation, dengan menghasilkan film-film animasi yang luar biasa dan amat disukai publik, berjudul Toy Story. PIXAR juga menghasilkan film lainnya dan meraih penghargaan Academy Awards seperti Finding Nemo dan The Incredibles.

 

Tahun 1996, Apple membeli NexT seharga $ 429 juta. Pada tahun 2000, ia kembali menjadi CEO Apple. Apple pun kemudian menghasilkan sejumlah produk brilyan yang menguasai pasar seperti IPod, IMac, IPad dan ICloud.

 

Meski Jobs hanya digaji $1 per tahun sebagai CEO Apple, ia memegang 5,426 juta saham Apple, serta 138 juta saham di Disney (yang ia terima sebagai imbalan akuisisi Pixar oleh Disney). Forbes memperkirakan kekayaan bersihnya mencapai $5,1 miliar pada tahun 2009, menjadikannya orang terkaya ke-43 di Amerika Serikat. 

 

Kemampuan Jobs untuk berinovasi, kreatif dan menciptakan produk-produk yang brilyan, merupakan kunci dari kesuksesan dan daya saing Apple. Apa yang dihasilkan Apple jauh menonjol dan tidak terpikirkan oleh para pesaingnya. Ditengah kegagalan yang menimpanya, ia pun memiliki daya lenting yang luar biasa, dan mampu untuk mendirikan perusahaan pesaing  yang besar dalam waktu singkat, dan bahkan merambah ke bisnis lain, yaitu animasi.

 

Pada 24 Agustus 2011 Jobs mengundurkan diri dari Apple. Ini menyebabkan harga saham Apple turun hingga 5%. Pengunduran diri ini tidak lain karena penyakit kanker pankreas yang dideritanya. Kankernya ini tidak tersembuhkan dan merenggut nyawanya. Jobs meninggal tak lama kemudian, di tanggal 5 Oktober 2011.

Jobs meninggal dunia dengan menghasilkan karya-karya yang luar biasa. Teknologi yang dihasilkannya turut merubah wajah dunia dan memajukan teknologi informasi dan hiburan secara global.

 

Apakah anda ingin hidup bermakna dan meninggalkan legacy untuk dunia, seperti apa yang dilakukan Jobs? Anda bisa bergabung dalam berbagai program yang dihasilkan oleh ESQ MPP. Kirimkan email pada kami ke esqmpp@gmail.com atau telepon kami di 021 -2940 -6969 ext. 174

 

Salam Hidup Bermakna!

Leave a Reply

Open chat
1
Halo,
Ada yang bisa kami bantu?