Skip to main content

Kiat Sukses Para Tokoh Terkaya di Dunia (8)

By January 30, 2017August 20th, 2020Kisah Inspiratif

Dahulu, Meksiko masih dikenal sebagai negara yang miskin. Tapi tokoh satu ini, mengubah wajah negaranya. Ia mengembangkan bisnis Telekomunikasi yang membawa kemajuan di Meksiko. Ia membangun dari satu perusahaan, ke perusahaan lainnya, yang semuanya mendatangkan kekayaan yang tak sedikit. Apa rahasianya?

Bangunlah Bisnis demi Bisnis di Samping Bisnis Utama Anda

Di tahun 2013 dirinya disebut sebagai orang terkaya di dunia versi majalah Forbes mengalahkan Bill Gates dan Waren Buffet. Pria Meksiko ini dilahirkan tanggal 28 Januari 1940. Ia seorang usahawan Meksiko kelahiran Arab Libanon. Kekayaan Slim sendiri dilaporkan sebesar $73 Milyar termasuk holding company yang dimilikinya.

 

Carlos kaya dari hasrat orang berhubungan dan bicara dengan sesamanya. Dari telekomunikasilah, hingga saat ini Carlos telah mengumpulkan sedikitnya US$ 73 miliar atau Rp 693 triliun per Maret 2013 sebagai kekayaannya. Dialah juga yang mengendalikan tiga perusahaan telekomunikasi besar, yakni Telefonos de Mexico (Telmex), Telcel dan America M¢vil.

 

Ketangguhan Slim dalam berbisnis banyak dipengaruhi sang ayah, Yusef Salim Haddad. Sang ayah inilah yang membangun toko barang kebutuhan, yang diberinya nama La Estrella del Oriente (Bintang Timur). Suatu hari, dia berspekulasi membeli beberapa real estat utama di pusat kota. Pilihan Yusef yang tepat itu segera mengubah kehidupan ekonomi keluarganya. Dia dikenal sebagai orang nomor satu yang mempengaruhi industri telekomunikasi di Meksiko dan juga hampir di seluruh Amerika Latin. Dia memegang kendali atas perusahaan Teléfonos de México (Telmex), Telcel dan América Móvil. Slim juga melibatkan ketiga anaknya yaitu Carlos Slim Domit, Marco Antonio Slim Domit dan Patrick Slim Domit sebagai pimpinan perusahaan. Ayah Slim, Julian Slim pindah ke Meksiko dari Libanon saat berumur 14 tahun. Julian menikah dan dikaruniai enam orang anak dan Carlos merupakan anak bungsu mereka.

 

“Dia mengajarkan keberanian. Dia ajarkan, tak peduli seberapa jelek krisis yang terjadi, Meksiko tidak akan hilang. Bila saya mempercayai negara ini, investasi yang cermat akhirnya akan membayar,” ujar Carlos, memuji sang ayah.

 

Sayang, pada tahun 1952, Yusef meninggal. Carlos yang menyandang gelar insinyur teknik sipil dari National Autonomous University of Mexico pada 1961 itu sempat juga mengajar Aljabar dan Linear Programming. Selain itu, dia juga sempat mengajar di lembaga internasional, Economic Commission for Latin America and the Caribbean (ECLAC). Carlos ternyata seberani sang ayah.

 

 

Menjadi Raja Telekomunikasi

 

Pada tahun 1990 dia membeli Telmex dari pemerintah, dengan menggandeng Southwestern Bell Corp dan France Telecom. Saat itu kondisi Telmex sangat morat-marit. Tanpa gentar, Carlos mengubah perusahaan yang merugi itu menjadi pencetak uang. Sempat ia dikritik telah menaikan tarif telepon di negaranya. Namun, dengan tekad bulat untuk memperbaiki pelayanan telepon di Mexico, berupa tawaran sambungan lokal, interlokal, selular, internet dan direktori telepon, akhirnya kerja kerasnya berbuah manis.

 

Kerajaan telekomunikasinya mampu mencapai penjualan tahunan hingga 16 miliar dolar AS. Kini Telmex menjelma perusahaan telekomunikasi terbesar di Mexico. Tak hanya itu, baru-baru ini Telmex American tercatat sebagai salah satu perusahaan disegani di New York Stock Exchange. Kerajaan bisnis Carlos terus berkembang. Ia pula pemilik Prodigy Inc — perusahaan jasa internet ketiga di AS. Tak hanya itu, Carlos pun kini mengendalikan perusahaan keuangan Grupo Financiero Inbursa, dan industri retail, Grupo Carso.

 

Slim juga dikenal sebagai orang dibalik berkembangnya industri keuangan di Meksiko, yang dinamakan Grup Carso, disamping perusahaan lainnya yaitu jaringan usaha ritel CompUSA. Pada umurnya yang ke-28 ia dinobatkan sebagai Pengusaha Terbaik di Meksiko. Selain itu, dia juga mengepalai beberapa perusahaan terkemuka seperti Teléfonos de Mexico, América Móvil, dan Grup Financiero Inbursa.

 

Tahun 2000, dia mendirikan Fundación del Centro Histórico de la Ciudad de México A.C (Mexico City Historic Downtown Foundation) yang memiliki tujuan merevitalisasi dan menyelamatkan pusat kota Meksiko yang memiliki nilai sejarah tinggi sehingga sekaligus memungkinkan orang-orang memiliki kesempatan hidup yang lebih baik serta akses hiburan yang lebih memadai di area bersejarah ini.

 

Bagaimana? Meraih kesuksesan tidak terbatas oleh usia. Anda masih bisa meraih kesuksesan kedua, di Masa Pensiun yang akan segera menjelang. Bahkan, anda bisa membangun bisnis menjadi besar, dan mewariskannya pada anak anda, seperti yang dilakukan oleh Ayah dari Carlos, yaitu Yusef  Salim Hadad.

Untuk itu, siapkan Masa Persiapan Pensiun anda bersama kami di ESQ MPP. Sebagai Konsultan Pensiun Terpercaya, kami memiliki berbagai perangkat Pelatihan Persiapan Pensiun yang bisa anda ikuti.

Hubungi kami melalui email di esqmpp@gmail.com, atau telepon ke kantor kami di Menara 165 : 021-2940-6969 ext. 174, atau telepon ke HP : 0856-9311-9026 (gina)

Leave a Reply

Open chat
1
Halo,
Ada yang bisa kami bantu?