Skip to main content

Langkah Langkah Persiapan Pensiun Yang Perlu Anda Persiapkan Sejak Awal!

By August 14, 2021Article

Pada dasarnya setiap pegawai atau karyawan, pasti akan pensiun. Yang tidak banyak orang sadari adalah, mempersiapkan sedari dini pensiun, akan jadi langkah tepat, untuk memperoleh hidup yang lebih baik, pasca Anda berhenti bekerja kelak. Berikut ini adalah langkah langkah persiapan pensiun yang dapat Anda lakukan, antara lain :

  1. Persiapkan kondisi fisik dan mental

Mempersiapkan kondisi fisik dan mental, mungkin terdengar sederhana. Tapi banyak yang tidak menyadari, ketika seseorang memasuki usia pensiun, atau bahkan sudah pensiun. Umumnya orang tersebut akan terkena Post Power Syndrome, atau sindrom pasca kekuasaan.

Walaupun terdengar sepele, namun seseorang yang memperoleh syndrome tersebut, merasa dirinya diabaikan dan dibuang. Itu sebabnya, selalu berpikir positif, dan selalu menjaga kondisi fisik dan mental dengan rajin berolahraga dan menjaga hubungan baik dengan teman dan relasi sangat penting.

  • Selalu menerapkan gaya hidup sehat

Adapun langkah langkah persiapan pensiun berikutnya adalah dengan selalu menerapkan gaya hidup sehat. Hal ini penting, agar Anda tetap sehat, sebelum pensiun, dan setelah pensiun. Salah satu alasan agar Anda tidak terlalu banyak mengeluarkan untuk biaya kesehatan.

Anda dapat melakukan olahraga rutin, bersama keluarga atau kolega lainnya yang juga sudah pensiun selin baik untuk menjaga kesehatan, juga baik untuk menjaga agar tetap positif.

  • Mengembangkan hobi atau kegiatan positif

Langkah berikutnya adalah mencoba mengembangkan hobby atau kegiatan positif lain yang Anda miliki. Hobby ini sendiri bisa berbagai macam, tapi pastikan hobby yang dilakukan tersebut, mempunyai nilai positif. Misalnya saja hobby memancing, atau yang lainnya.

Akan lebih baik,jika hobby yang Anda miliki tersebut mampu meraup keuntungan lebih, dalam hal ini, uang. Pastinya akan sangat bermanfaat, terutama untuk menjaga pundi-pundi keuangan Anda agar tetap dalam kondisi baik.   

  • Membuat perencanaan anggaran keuangan ketika pensiun dengan baik

Ini adalah salah satu hal penting yang harus Anda rencanakan dengan baik. Dalam hal ini pun, ada beberapa langkah yang sebaiknya diperhatikan, yaitu :

  • Diskusikan masalah uang pensiun tersebut dengan pasangan.
  • Cek berapa banyak aset yang Anda miliki saat ini.
  • Cek berapa dana pensiun yang akan Anda dapatkan. Mulai dari uang  pensiun bulanan, dana pesangon dan yang lainnya.
  • Mencari tambahan dana dari tempat lain, seperti menabung, melakukan investasi, menjalani sebuah bisnis menarik, namun tidak membebani keuangan Anda. Serta aneka tambahan lainnya. Untuk tambahan dana seperti ini sebaiknya dilakukan sejak beberapa tahun, sebelum Anda pensiun. Hal tersebut dilakukan agar keuangan Anda stabil, serta keuntungan dari investasi atau bisnis apa pun, sudah mulai stabil.  
  • Tetap menjaga hubungan baik dengan teman dan relasi

Langkah berikut ini mungkin terkesan sepele, namun hal ini penting, untuk membuat Anda tetap berpikir positif. Alasannya tidak lain, adalah untuk membuat Anda tetap dapat berkomunikasi, dan saling bertukar pikiran, tentang berbagai macam hal. Serta Anda tetap memperoleh teman, walaupun sudah tidak lagi bekerja.

  • Mencoba untuk lebih rileks dalam menghadapi hidup

Ini adalah salah satu hal penting yang harus Anda perhatikan ketika memasuki masa pensiun. Dimana Anda harus mulai mencoba dan belajar rileks dalam menghadapi hidup. Seperti mulai melakukan hobby yang sudah lama tidak ditekuni, mencoba bermain dengan cucu, berlibur atau hal positif lainnya.

Walaupun langkah langkah persiapan pensiun, terkesan simpel, namun banyak sekali orang yang kurang memahami atau kurang mempersiapkan manajemen keuangan sedari awal. Sehingga keuangan setelah pensiun, sedikit kurang memuaskan. 

Leave a Reply

Open chat
1
Halo,
Ada yang bisa kami bantu?