Skip to main content

Manfaat Program Persiapan Masa Pensiun bagi Perusahaan

By November 16, 2021Uncategorized

Tak jarang masa pensiun sering jadi topik pembicaraan yang kurang disukai, terutama oleh para karyawan. Sebenarnya, hal tersebut dikarenakan kurangnya persiapan kebanyakan karyawan untuk menghadapi masa pensiun ini. 

Perusahaan sendiri sebenarnya bisa bantu karyawan dalam mempersiapkan diri menyambut masa pensiun dengan lebih baik. Salah satunya adalah dengan mengadakan program persiapan masa pensiun.

Berikut ini adalah berbagai manfaat yang dapat dirasakan lewat adanya program persiapan masa pensiun, terutama bagi perusahaan. Apa saja?

Paham Pentingnya Kesehatan Fisik dan Mental dengan Lebih Baik

Gaya hidup pada usia produktif dan masa pensiun tentu memiliki perbedaan. Selain bertambahnya usia, persiapan masa pensiun yang minim juga bisa meningkatkan risiko masalah fisik dan mental.

Dengan adanya program untuk membantu karyawan mempersiapkan masa pensiun dengan lebih baik, mereka akan bisa melihat proses ini sebagai hal positif. Sebab, program ini memberi kesempatan bagi karyawan untuk mempersiapkan diri – fisik dan mental – dalam menghadapi periode pensiun.

Ketergantungan Menjadi Kemandirian

Salah satu manfaat penting lainnya dari program ini adalah mendorong perubahan pola pikir karyawan. Jadi, karyawan bisa mengubah mindset mereka yang awalnya punya ketergantungan tinggi, kemudian menjadi lebih mandiri.

Mengapa hal ini penting? Karena tak sedikit para pensiunan yang menjadi stres lantaran merasa jadi “tidak berguna” begitu masuk usia pensiun. Sebab, mereka jadi merasa tidak bisa melakukan apapun dengan bebas lagi.

Lewat program persiapan masa pensiun, karyawan akan didorong agar mengubah mindset serta sikap. Program ini juga bisa memotivasi karyawan agar melihat masa pensiun sebagai hal positif, salah satunya dengan pembekalan memulai bisnis di masa pensiun.

Perencanaan Keuangan Masa Pensiun

Literasi keuangan adalah hal penting di segala usia maupun tahapan kehidupan. Artinya, masa pensiun tidak serta-merta membebaskan seseorang dari pentingnya pemahaman akan manajemen keuangan yang baik.

Walaupun nanti karyawan memasuki masa pensiun, karyawan tetap perlu mengelola keuangannya dengan cermat, terutama keuangan keluarga. Program persiapan ini akan membekali karyawan dengan pengetahuan mulai dari perencanaan dan penganggaran, bahkan hingga investasi di masa pensiun.

Meningkatkan Kecerdasan Emosional

Selain fisik yang menua, perubahan yang dialami juga terasa secara psikologis. Hal ini umumnya dikarenakan perubahan aktivitas serta gaya hidup dari karyawan kantoran menjadi pensiunan.

Jika karyawan tidak siap, perubahan ini bisa berdampak negatif secara emosional. Contohnya stres, hilangnya rasa percaya diri, dan menjauh dari kehidupan sosial dengan masyarakat sekitar.

Oleh karena itu, program persiapan masa pensiun akan bantu karyawan dalam memahami dulu apa perubahan yang dapat terjadi. Kemudian, karyawan akan belajar bagaimana cara mengelola dampak emosional dan psikologis yang berpotensi terjadi tersebut.

Meningkatnya Loyalitas Karyawan

Jika perusahaan memfasilitasi karyawan dengan berbagai program pelatihan dan persiapan yang bermanfaat, lebih besar kepuasan yang karyawan rasakan. Dengan demikian, karyawan pun akan jadi lebih loyal juga.

Tak hanya itu, adanya program pelatihan bagi karyawan juga bisa jadi nilai tambah dan daya tarik bagi para calon pelamar. Sebab, hal ini menunjukkan komitmen perusahaan dalam meningkatkan kesejahteraan para karyawannya.

Apalagi, aspek psikologis karyawan saat ini juga semakin penting mengingat makin banyaknya tekanan hidup di sekitar. Dan adanya program persiapan masa pensiun ini bisa jadi wujud komitmen perusahaan dalam menjaga kesejahteraan karyawan, termasuk secara emosional dan psikologis.

Itu dia berbagai manfaat utama program persiapan masa pensiun bagi perusahaan. Semoga informasi di atas bermanfaat untuk Anda!

Leave a Reply

Open chat
1
Halo,
Ada yang bisa kami bantu?