Skip to main content

Melihat Batasan Usia dalam Peraturan Pemerintah tentang Masa Persiapan Pensiun dan Cara Mempersiapkan Masa Pensiun

By May 28, 2021Article
Mau Pensiun dengan Nyaman Coba Cara Ini

Peraturan pemerintah tentang masa persiapan pensiun bagi PNS telah tertuang dalam Peraturan BKN Nomor 2 Tahun 2019.

Para PNS diberikan waktu maksimal satu tahun sebelum dibebastugaskan dari jabatannya sebagai seorang Aparat Sipil Negara.

Dalam peraturan tersebut membahas tentang Tata Cara Masa Persiapan Pensiun. Selama masa persiapan, PNS mendapatkan haknya namun tetap dalam ketentuan.

Selama menjalani masa persiapan pensiun tersebut, PNS akan mendapatkan uang masa persiapan pensiun  sejumlah satu kali penghasilan penerimaan terakhirnya.

Masa pensiun terkadang menjadi hal yang cukup dikhawatirkan oleh sebagian orang. Mengingat saat pensiun waktu Anda menjadi lebih lengang.

Terlebih bagi orang yang dalam aktivitas kesehariannya begitu produktif dengan sedikit waktu untuk sekedar berkumpul bersama dengan keluarga.

Tentu mereka akan merasa perubahan yang cukup drastis. Hal tersebut tak jarang malah membuat diri tertekan dan menyebabkan penyakit.

Pasti Anda tidak ingin sakit karena stres berlebih saat masa pensiun tiba. Maka dari itu, Anda tidak perlu khawatir menghadapinya.

Lantas, berapa batas usia pensiun yang telah ditentukan? Apakah ada perbedaan batas usia pensiun PNS dan Pegawai Swasta?

  1. Batas Usia Pensiun Bagi PNS dan Pegawai Swasta

Mungkin ada yang belum mengerti tentang batasan usia pensiun antara Pegawai Negeri Sipil dan Pegawai Swasta.

Ada yang masih mengira jika usia pensiun keduanya sama. Nyatanya ada perbedaan batasan usia pensiun yang sebenarnya tidak terpaut jauh.

Sesuai dengan peraturan perundang-undangan dan peraturan pemerintah, Pegawai Negeri Sipil akan mencapai purna tugas saat berusia 55-58 tahun.

Berbeda dengan peraturan pemerintah tentang masa persiapan pensiun pegawai swasta yang masa pensiunnya berada di usia 56 tahun.

Tidak terpaut jauh, bukan? Usia pensiun sama-sama diangkat 50-an keatas. Jadi, sebelumnya Anda masih bisa menyiapkan diri.

Lebih baik lagi jika Anda mulai memikirkan kebutuhan masa tua mulai 10 tahun sebelum batasan usia pensiun.

Waktu 10 tahun sebelum usia pensiun menjadi masa yang paling kritis untuk seorang pekerja. Jadi, persiapan Anda lebih tepat lagi.

Mulai menginjak usia 50 tahun Anda lebih memantapkan diri lagi untuk mendukung kehidupan setelah pensiun seperti emosional, spiritual dan financial.

  1. Persiapan Sebelum Masa Pensiun

Apa saja persiapan yang perlu dilakukan sebelum mencapai masa pensiun? Tentu saja Anda harus mulai menghitung biaya hidup.

Mulailah menghitung biaya hidup mulai dari biaya dasar seperti kebutuhan rumah tangga, transportasi, dan beberapa biaya lainnya.

Jika sudah menemukan total pengeluarannya, Anda bisa lebih mengatur atau memperkirakan kebutuhan di masa depan dengan menambahkan variabel inflasi.

Menghitung biaya hidup juga dapat membuat Anda mengurangi hal-hal yang bersifat konsumtif lainnya yang kurang bermanfaat.

Saat masih produktif bekerja, usahakan untuk membayar semua utang seperti kredit motor, kredit rumah, dan beberapa utang lainnya.

Jangan sampai Anda menambah utang saat mendekati masa pensiun. Hal ini tentunya akan menghindarkan Anda dari sibuk melunasi utang.

Jika Anda mempunyai pasangan yang usianya hampir sama maka usahakan mempunyai sumber pendapatan yang lain.

Terkadang karena peraturan pemerintah tentang masa persiapan pensiun membuat Anda dan pasangan mau tidak mau pensiun dalam waktu yang berdekatan.

Padahal itu merupakan hal yang kurang baik mengingat pendapatan dan pengeluaran mungkin akan terbatas. Itulah pentingnya punya sumber pendapatan lain.

Saat Anda bingung bagaimana menyiapkan usaha yang tepat untuk dijalankan saat masa pensiun, Anda bisa coba ikut training ESQ MPP.

Meskipun harus memenuhi peraturan pemerintah tentang masa persiapan pensiun, Anda tidak perlu khawatir. ESQ membantu Anda menghadapi kecemasan akan pensiun.

Leave a Reply

Open chat
1
Halo,
Ada yang bisa kami bantu?